Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Dinas Perikanan Kabupaten Toraja Utara menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST)  kepada 183 Kepala Keluarga pelaku usaha sektor perikanan yang tersebar di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Rantepao, Kecamatan Tikala dan Kecamatan Tallunglipu.

Penyaluran perdana bantuan sosial yang langsung dipantau Kepala Dinas Perikanan, Ir. Daud Pongsapan tersebut berlangsung di Kantor Dinas Perikanan Toraja Utara, Mentirotiku, pada hari Sabtu (18/7/2020) lalu.

Kepala Dinas Perikanan, Ir. Daud Pongsapan mengatakan BST yang disalurkan tersebut merupakan salah satu program jaring pengaman sosial dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diperuntukkan bagi warga pelaku jasa perikanan yang terdaftar pemilik Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA) yang telah disingkronkan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

"untuk mendapatkan hal ini tentu ada rekomendasi berupa akta notaris yang terdaftar di DPMPTSP dan direkomendasikan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan," jelas Daud Pongsapan.

Prosedurnya, pengusulan daftar penerima manfaat BST ini diajukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Toraja Utara berdasarkan DTKS yang kemudian divalidasi oleh Kemensos. Sementara untuk pencairannya Kemensos menggandeng Himpunan Bank Negara (Himbara) dan PT. Pos Indonesia.

Sasaran dan syarat bagi pemegang KUSUKA untuk menerima BST tersebut yakni: 1) )Nelayan terdiri atas Nelayan kecil, Nelayan tradisional, Nelayan buruh, dan Nelayan pemilik; 2) Pembudi Daya Ikan, terdiri dari Pembudi Daya Ikan kecil, Penggarap tanah, dan Pemilik tanah; 3) Petambak Garam, terdiri atas Petambak Garam kecil, Penggarap tambak garam, dan Pemilik tambak garam; 4). Pengolah Ikan; 5) Pemasar Perikanan; dan 6) Penyedia Jasa Pengiriman Produk Kelautan dan Perikanan. 

Kadis Perikanan melanjutkan, proses penyaluran BST di sektor usaha perikanan ini dilaksanakan per triwulan yang dibagi dalam dua tahap dengan besaran Rp. 600 ribu per bulan untuk tahap pertama dan Rp. 300 ribu per bulan untuk tahap kedua.

"Penerima bantuan hari ini adalah kelompok yang terdaftar di pusat. Bantuan yang diserahkan Rp.600.000 tiga bulan pertama (april-juni) total Rp.1.800.000 dan Rp.300.000 tiga bulan kedua yang akan serahkan pada bulan September mendatang mudah-mudahan ini berjalan dengan lancar sebab departemen yang mengatur," imbuhnya.

Daud Pongsapan berhara,p para penerima manfaat BST tersebut bijak dalam mengelola bantuan tersebut untuk meningkatkan produktifitas keluarga di tengah masa pandemi Covid-19.

"kepada masyarakat yang telah menerima BST diharap uang tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya seperti dalam rangka peningkatan ekonomi maupun usaha mereka dengan tujuan meringankan beban ditengah pandemi saat ini," kuncinya.

Reporter: Basry; Muh. Arafa

 

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 77

Kemarin 410

Minggu ini 1394

Bulan ini 4921

Total 278580