Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Tepat pukul 23:20 WITA, Minggu, (16/8/2020), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Toraja Utara menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 tahun 2020 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Buntu Lepong, Kelurahan Rantepasele, Kecamatan Rantepao.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dipimpin Kapolres Toraja Utara, AKBP. Yudha Wirajati Kusuma, S.I.K., M.H., dengan Komandan Upacara, Kasat Shabara Polres Toraja Utara AKP. Daryatmo berlangsung dalam suasana sakral dan hikmat.

Terdapat lima protokol acara resmi yang dilaksanakan dalam Apel Kehormatan malam tadi, yang diawali dengan Penghormatan kepada  arwah para Pahlawan, dan dilanjutkan dengan penyalaan Obor serta penyalaan lilin secara simbolis. Kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci untuk menghormati Kesucian jasa Para Pahlawan, Mengheningkan Cipta dan Pembacaan Doa oleh Rohaniawan. Prosesi Apel Kohormatan dan Renungan Suci ini ditutup dengan Penghormatan Terakhir kepada arwah para Pahlawan kusuma Bangsa.        

Turut hadir dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci tahun ini jajaran Forkopimda dari dua Kabupaten, yakni Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Tana Toraja, antara lain: Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si, Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, Wakil Bupati Tana Toraja, Viktor Datuan Batara, SH, Dandim 1414 Tana Toraja,  Ketua DPRD Kabupaten Toraja Utara, Nober Rante Siama, Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Czi. Zaenal Arifin M.Han., Kapolres Tana Toraja, AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto, S.I.K., M.M., Kajari Makale, Jefri P. Makapedua, S.H., dan Ketua Pengadilan Negeri Makale, Djemey Timotius, S.H. serta Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara, Drs. Rede Roni Bare, M.Pd.

Selain dihadiri jajaran Forkopimda, peserta upacara Apel Kehormatan juga diikuti jajaran ASN Pejabat Tinggi Pratama dan Administrator di lingkungan Pemkab Toraja Utara, jajaran Perwira dan Bintara dari kesatuan Kodim 1414 Tana Toraja, Polres Toraja Utara dan Polres Tana Toraja serta anggota Pramuka Penegak dari SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Toraja Utara.

Rangkaian acara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Kabupaten Toraja Utara dalam rangka peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 yang berakhir pada pukul 23:50 WITA secara keseluruhan berjalan aman dan tertib dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.   

Reporter Upa'; M. Arafah 
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 78

Kemarin 370

Minggu ini 1342

Bulan ini 6995

Total 345905