Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Kodim 1414 Tana Toraja menggelar Pameran Seni dan Industri Kreatif Rumah Tangga dengan melibatkan para pengrajin lokal di Toraja Utara dan Tana Toraja. Pameran  "Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit".

Kegiatan itu dipusatkan di Lapangan Upacara Pongtiku Kodim 1414 Tana Toraja diikuti para pengrajin lokal meliputi pengrajin tenun, pengrajin ukir, pengrajin anyaman, pengrajin ulekan batu dan sebagainya.

Sebelum melaksanakan kegiatan dibuka Laporan Ketua Panitia Kegiatan disampaikan oleh Kasdim 1414 Tana Toraja Mayor Inf. Buttu Selfinus Tangkelangi.

Dalam laporannnya tersebut ia menyampaikan bahwa Pameran kerajinan ini dilaksanakan sesuai dengan instruksi Kepala Staf TNI Angkatan Darat di mana TNI turut berperan aktif dalam pemulihan ekonomi nasional di tengah masa pandemi-19 dengan mendorong produktivitas ekonomi masyarakat lokal khususnya di setra kerajinan usaha mikro.

"kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 29 agustus s/d 2 september 2020 dengan tema "Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit". dengan tujuan memberikan dukungan moril bagi pengrajin ditengah Pandemi Covid 19," kata Kasdim 1414 Tator.

"anggaran yang digunakan sebesar Rp. 91 juta dari Kodim 1414 Tator dihadiri 48 stand pengrajin," lanjutnya.

Masyarakat pelaku usaha mikro menjadi kelompok yang paling merasakan dampak dari pandemi Covid-19 di mana dalam kondisi tersebut berdampak pada kemampuan daya beli masyarakat. Untuk itu TNI turut terpanggil untuk mengambil bagian dalam usaha pemerintah membangkitkan kembali produktivitas pelaku usaha mikro, dalam hal ini para pengrajin lokal di Toraja Utara tetap dapat menghasilkan produk-produk kerajinan yang berkualitas meskipun ada penyesuaian - penyesuain yang dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan dalam aktivitas produksi hingga pemasaran.

"masyarakat harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dimana kita sedang berada dalam Zona Hijau di Kabupaten Toraja Utara. Ditengah Pandemi Covid 19 kita diberikan semangat untuk melaksanakan pameran industri rumah tangga kita. Contoh anyaman kayu, penenun, pengukir," ungkap Dandim 1414 Tator, Letkol CZI Zaenal Arifin, M. Han dalam sambutannya.

Dandim berharap, melalui pameran yang digelar oleh pihaknya ini dapat membangkit kesadaran masyarakat di Toraja Utara untuk memprioritaskan penggunaan produk yang dihasilkan usaha - usaha mikro lokal untuk membantu penguatan ekonomi daerah secara keseluruhan. 

Usai sambutan Dandim dilanjutkan penyerahan piala bergilir Lomba Binter dan Binsat Antar Koramil jajaran Kodim 1414 Tator Tahun Anggaran 2020 dan dimenangkan oleh Koramil 03 Rindingallo diterima oleh Danramil Rindingallo Kapten Inf. Safri Dasi. 

Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang  yang hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut turut menyampaikan jika penanganan dampak pandemi Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama semua pihak melalui peran masing-masing yang dapat memberikan pengaruh langsung ke masyarakat. 

Dirinya mengajak semua pihak agar menjadikan pameran ini sebagai media promosi sekaligus memanfaatkan berbagai produk kerajinan Toraja untuk membantu keberlangsungan industri mikro di tengah pandemi Covid-19.  

"sebagai pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari Kodim 1414 Tana Toraja. Diyakini bahwa pameran kesenian ini sungguh memiliki dampak yang baik untuk memulihkan ekonomi masyarakat kita. Mari kita mengajak masyarakat kita dan mengangkat potensi yang ada di daerah kita," ucap Wabup Rinto

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Daerah Rede Roni Bare. Kegiatan Pameran produk kerajinan lokal yang dilaksanakan oleh Kodim 1414 Tator ini sangat penting untuk membangkitkan kembali optimisme pelaku usaha mikro sentra produk kerajinan di Toraja Utara untuk kembali produktif di tengah covid-19.

Banyaknya produk kerajinan kreatif yang diikutsertakan pada pameran tersebut, bagi Sekda menunjukkan pengrajinan - pengrajin lokal memilki harapan yang besar terhadap dukungan pemerintah dan semua masyarakat untuk memanfaatkan produk kerajinan yang dihasilkan.        

"intinya ini kan selama pandemi ekonomi kita terdampak, karena itu kita berupaya menggerakkan ekonomi kembali melalui berbagai produk kerajijnan, seperti pembuatan priuk, topi dan akar daun pakis, kerajinan bambu, bakul anyaman, kerajinan kayu ukiran, terus, parang khas toraja dan produk khas yang unik-unik lainnya, jelas Sekda Rede Roni Bare.

"anak-anak sekolah kita juga turut berpartisipasi melalui pembuatan sepu'. Dari kita (pemkab Toraja Utara) Dinas Perindustrian juga menampilkan kerajinan kain khas Patanun, Semua itu karya unik dan harus ditingkatkan supaya basis perekonomian kita tetap bergerak," lanjutnya.

Selain menampilkan berbagai produk kerajinan lokal, dalam pameran ini Kodim 1414 Taor juga memamerkan sejumlah alutsista yang dimilikinya,

Nampak hadir dalam kegiatan jajaran Forkopimda, antara lain Kapolres Tana Toraja AKBP Yudha Wirajati Kusuma, Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja Jefri P. Makapedua, Ketua Pengadilan Negeri Tana Toraja, Timotius Djemey, jajaran OPD Toraja Utara dan masyarakat setempat turut hadir menyaksikan pameran yang diselenggarakan oleh Kodim 1414 Tana Toraja ini.

Tim Reporter: Basry; M. Arafah 
 
 
LPDI - Komunikasi Publik 
 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 254

Kemarin 384

Minggu ini 254

Bulan ini 9397

Total 294694