Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

kpu pilkada2020download

Rantepao ||Tahap Pelaksana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 untuk Kabupaten Toraja Utara yang telah memasuki masa Pendaftaran Bakal Calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati dan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 4 sampai dengan 6 September 2020 di Kantor KPU Toraja Utara, Jl. Taman Makam Pahlawan No. 65 Kecamatan Rantepao berlangsung dengan sukses, aman dan tertib. 

Sesuai dengan ketentuan PKPU, seluruh proses pendaftaran di KPU Toraja Utara dilaksanakan dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan untuk memastikan terciptanya situasi yang kondusif sepanjang pelaksanaan pendaftaran sejumlah personil gabungan  dari TNI dan Polri diterjunkan untuk menjaga keamanan hingga kegiatan pendaftaran dituntaskan. 

Dalam salah satu kesempatannya, Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom menyampaikan, tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati sepenuhnya berpijak dan mengikuti ketentuan yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang telah melalui revisi beberapa kali sebagai penyesuaian terhadap adanya pandemi Covid-19. Ketentuan - ketentuan dalam PKPU tersebut mengikat semua pihak, baik penyelenggara, paslon, parpol pengusul dan stakeholder pelaksanaan pilkada 2020 lainnya.    

"dalam pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati membawa berkas administrasi yang telah di tentukan oleh KPU kemudian akan di verifikasi TIM namun tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku," jelasnya.

Ada tiga pasangan calon (paslon) yang mendaftar memasukkan administrasi persyaratan pencalonan dalam kontestasi Pilkada di Kabupaten Toraja Utara tahun 2020 ini yang semuanya maju melalui jalur dukungan partai politik. Ketiga  paslon yang merupakan putra putri terbaik daerah Toraja Utara ini, masing-masing:

--  Dr, Kalatiku Paembonan, M.Si dan dr, Etha Rimba P. Tandi Payung, MBA, dengan empat partai pengusul (PDI-P, Gerindra,
    PKPI dan Perindo);
 

-- Yosia Rinto Kadang, ST dan Ir, Yonathan Pasodung, M.T, dengan tiga partai pengusul (Nasdem, Hanura, dan PSI); 


-- Yohanis Bassang, SE, M.Si dan Frederik Victor Palimbong, ST, dengan partai pengusul yakni Golkar dan Demokrat.

Sesuai Jadwal pendaftaran yang telah ditetapkan, di hari pertama, Jumat (4/9/2020) siang KPU Toraja Utara menerima persyaratan pencalonan dari Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si dan dr, Etha Rimba P. Tandi Payung, MBA sebagai Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara setelah melalui verifikasi terhadap berkas syarat pencalonan dan calon yang dinyatakan telah memenuhi syarat dan diterima.

Di hari kedua, Sabtu, (5/9/2020), giliran Yosia Rinto Kadang, ST dan Ir. Yonathan Pasodang, M.T,, bersama partai pengusul mendaftar ke KPU Toraja Utara. Berdasarkan verifikasi berkas syarat pencalonan dan calon, KPU Toraja Utara menyatakan memenuhi syarat dan menerima Yosia Rinto Kadang, ST dan Ir. Yonathan Pasodang, MT sebagai Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara. 

Siang hari menjelang sore juga di hari yang sama, Yohanis Bassang, SE, M.Si dan Frederik Victor Palimbong, S.T beserta partai pengusul mendaftar di Kantor KPU Toraja Utara. Meskipun terjadi kendala terhadap syarat pencalonan yang dimasukkan namun proses pendaftaran tetap berjalan dinamis dan demokratis yang mana setelah pihak pendaftar dan partai pengusul melakukan perbaikan berkas sesuai ketetapan dan ketentuan yang diatur dalam PKPU (khususnya pada PKPU Nomor 9 Tahun 2020), KPU Toraja Utara memutuskan berkas persyaratan Yohanis Bassang, SE, M.Si dan Frederik Victor Palimbong, S.T sudah memenuhi syarat dan diterima. 

Setelah melalui mekanisme tahapan pendaftaran ini, ketiga bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati kemudian akan mengikuti proses pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pemerintah yang telah ditunjuk oleh KPU.

Tim Reporter: Martinus S; Basry; M. Arafah 
 
LPDI - Komunikasi Publik  

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 284

Kemarin 384

Minggu ini 284

Bulan ini 9427

Total 294724