Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 TONDON || Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara gelar Launching Bantuan Sosial Beras (BSB) Kemensos untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Toraja Utara, Sabtu, 3 Oktober 2020.

Penyaluran BSB PKH di Kabupaten Toraja Utara tersebut resmi diluncurkan oleh Pjs. Bupati Toraja Utara Amson Padolo di lokasi Gudang Beras Perum Bulog, Lembang Tondon Langi’, Kecamatan Tondon, yang disaksikan oleh Kepala Dinas Sosial Toraja Utara, Mira Bangalino, Kepala Cabang Bulog Palopo, Lisnawati dan Kepala Gudang Bulog Tondon Langi’, Mahmuddin Arais, Camat Tondon Amos H. Pattola, dan Sekretaris Diskominfo-SP Toraja Utara Anugerah Y. Rundupadang.

Pjs. Bupati Toraja Utara, Amson Padolo mengatakan sejak merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia, sejumlah kebijakan dan program bantuan sosial membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokoknya mulai digelontorkan pemerintah pusat. Upaya tersebut menunjukkan komitmen dan langkah nyata pemerintah yang serius menangani dampak negatif akibat bencana non-alam tersebut.

Selain itu masyarakat juga perlu mengetahui bahwa seluruh proses pengelolaan bantuan pemerintah tersebut dilaksanakan dengan mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan dan disertai pengawasan untuk memastikan bantuan tersebut tepat sasaran.

“dalam situasi seperti ini Pemerintah hadir disaat masyarakat membutuhkan, program jaring sosial ini dimulai sejak bulan Maret hingga saat ini. Semua daerah mendapatkan bantuan ini karena ada Pemerintah yang mengurus, kita berharap program ini terus berkelanjutan dan kami sangat membutuhkan program ini dan Toraja Utara menjadi prioritas," terang Amson Padolo.

Meskipun paparan Covid-19 di Kabupaten Toraja Utara hingga saat ini terbilang rendah, namun Pjs. Bupati Amson Padolo tetap meminta kepada setiap warga agar tetap awareness dengan selalu menjaga kondisi kesehatan fisik dan psikis melalui penerapan perilaku hidup sehat khususnya konsisten menerapkan 3 M, yaitu rajin Mencuci Tangan, selalu menggunakan Masker saat di luar rumah, dan Menjaga Jarak fisk sebagai langkah rekiomendasi yang efektif mencegah terjadinya penularan SARs-CoV2.   

“di tengah situasi seperti saat ini, masyarakat dihimbau agar tetap menjaga kesehatan dan imunitas, perbanyak membuat diri bahagia dan tertawa. Terima kasih kepada Dinas Sosial dan seluruh jajaranya yang tak kenal lelah untuk memberikan pelayanan prima dan maksimal bagi masyarakat di Kabupaten Toraja Utara” ucap Pjs. Bupati Toraja Utara.

Sebelumnya Kadis Sosial, Mira Bangalino melaporkan, bantuan BSB PKH sepenuhnya dipasok oleh Perum Bulog sesuai juknis yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial. Sama seperti sejumlah bantuan sosial pemerintah lainnnya, BSB ini merupakan salah satu program bantuan pemerintah melalui Kementerian Sosial untuk menstimulus kemampuan ekonomi bagi keluarga kurang mampu di masa pandemi Covid-19, khususnya dalam memenuhi kebutuhan beras keluarga.   

“penyaluran bantuan sosial beras ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Nomor 322 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Sosial Beras Tahun 2020. Penyaluran ini diberikan dengan tujuan pemenuhan sebagian kebutuhan pangan keluarga miskin dalam hal ini keluarga penerima manfaat PKH pada masa Pandemi Covid-19,” jelasnya

Ia melanjutkan, kuota beras yang diterima setiap KPM PKH sebanyak 15 kg selama 3 bulan terhitung Agustus - Oktober 2020 ini. Dengan kondisi geografis yang ada, penyalurannya BSB khsusus di Kabupaten Toraja utara akan dilakukan sekaligus, artinya total 45 kg akan langsung diterima oleh setiap KPM PKH.     

“bantuan ini akan diberikan dalam bentuk beras kepada masing-masing keluarga penerima manfaat sebanyak 15 kg selama 3 (tiga) bulan. Mengingat keterbatasan waktu pelaksanaan disamping medan sulit yang akan ditempuh untuk menyalurkan bantuan beras ini sehingga penyaluran akan diberikan sekaligus sehingga keluarga penerima manfaat akan langsung menerima 45 kg,” lanjut Mira Bangalino. 

Mira melaporkan, keseluruhan penerima di Kabupaten Toraja Utara berjumlah 12.806 KPM PKH sesuai data pemuktahiran by name by address di bulan Juli 2020, Selain itu, sebelum distribusi yang dilaksanakan oleh PT. Dosni Roha Logistik, pihak Bulog akan memastikan beras yang dipasok memiliki standar kualitas medium.  

Reporter: Basry; M. Arafah
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 220

Kemarin 363

Minggu ini 583

Bulan ini 10661

Total 306930