Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Kesu' || Pesatnya pertumbuhan pembangunan infrastruktur fisik yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun oleh pihak swasta di seluruh wilayah NKRI di sepanjang 5 tahun belakangan ini otomatis  berimbas pada besarnya permintaan tenaga kerja konstruksi yang terampil. Hal tersebut tentunya di satu sisi membuka peluang bagi pemerintah untuk menggairahkan kembali perekonomian di masa pendemi Covid-19 dengan melibatkan tenaga kerja masyarakat yang terampil dan siap pakai dalam berbagai proyek konstruksi yang dilaksanakan oleh pemerintah.     

Untuk memenuhi kebutuhan SDM kontruksi itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi telah melakukan beberapa upaya salah satunya melalui program kegiatan pelatihan dan setifikasi tenaga kerja konstruksi dengan menyasar langsung tenaga kerja di daerah sebagai pemberdayaan masyarakat di bidang pelayanan jasa konstruksi.   

Salah satu program pelatihan dan uji kompetensi yang digelontorkan Kementerian PUPR yaitu Pelatihan Kompetensi Langsung Kerja (PKLK) yang salah satunya dilaksanakan di Kabupaten Toraja Utara selama 6 hari mulai tanggal 9 - 14 November 2020.

PKLK yang dilaksanakan atas kerjasama Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) III Jakarta bersama Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar dengan turut menggandeng Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) provinsi Sulawesi Selatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara, Drs. Rede Roni Bare, M.Pd pada hari Sabtu, (7/11/2020) yang lalu di Sallebayu Bungalow, Bonoran, Kecamatan Kesu'.

Setditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Dewi Chomistriana, S.T., M.Sc. yang hadir langsung pada pembukaan kegiatan pelatihan tersebut menjelaskan jika PKLP ini merupakan salah satu program terobosan Kementerian PUPR dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja konstruksi di daerah yang sekaligus diharapkan dapat turut membangkitkan kembali kemampuan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19 melalui penyerapan tenaga kerja yang berasal dari masyarakat di bidang konstruksi.

"kegiatan ini dilaksanakan bagaimana mengungkit ekonomi nasional dengan membangkitkan ekonomi pariwisata melalui aksesibilitas pembangunan konstruksi jalan. Dengan upaya menghidupkan ekonomi nasional tentu dari Kementerian PUPR diminta untuk mengoptimalkan pembangunan konstruksi melibatkan masyarakat," kata Dewi Chosmistriana.

Dirinya melanjutkan, sertifikasi kompetensi bagi dunia kerja saat ini merupakan salah satu syarat yang dibutuhkan bagi seseorang untuk bekerja secara profesional di semua sektor jasa termasuk di bidang konstruksi. Sehingga melalui pelatihan ini, peserta nantinya tidak hanya akan memiliki keterampilan teknis saja namun juga dibekali dengan sertifikat uji kompetensi pengerjaan jalan konstruksi yang akan menjadi modal tenaga kerja daerah untuk mencari kerja di kemudian hari. Output tersebut tentunya juga akan turut membantu pemerintah daerah dalam upaya menekan angka pengangguran di wilayahnya.

Saat ini di Toraja Utara beberapa proyek strategis infrastruktur pemerintah sedang dalam proses pengerjaan seperti jalan provinsi Sulsel poros penghubung Rantepao - Bua (Kab. Luwu) dan PHJD rehabilitasi jalan koridor KSPN Toraja sepanjang 69 kilometer. Hal ini tentunya merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk menyerap tenaga kerja lokal daerah sebanyak - banyaknya yang tentunya terlebih dahulu dibekali dengan keterampilan pengerjaan konstruksi yang memadai sesuai kebutuhan.

"kegiatan hari ini bagian dari kontribusi Kementerian PUPR bekerjasama dengan PT. Sabar Jaya Utama untuk melaksanakan proyek pengerjaan jalan di Toraja Utara, sertifikasi sangat dibutuhkan dan diperkuat bagi pencari kerja khususnya dibidang sertifikasi pengerjaan jalan konstruksi terintegrasi" imbuhnya.  

Setda Rede Roni Bare dalam sambutannnya sebelum membuka kegiatan mengatakan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara sangat mendukung pelaksaan PKLP. Rede Roni memandang pelatihan ini merupan salah satu bentuk program yang efektif merangsang angkatan kerja potensial warga Toraja Utara untuk melirik bidang konstruksi sebagai lapangan kerja yang menantang dan menjanjikan.

Untuk itu, Sekda berharap agar para peserta PKLK dapat fokus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan materi yang diberikan oleh para instruktur sehingga nantinya dapat benar-benar diaplikasikan di berbagai kegiatan proyek pengerjaan konstruksi jalan.

"bagaimana mengikuti tahapan, tata cara berkualitas untuk mengefisienkan anggaran setelah itu peserta akan mengikuti uji kompetensi diharapkan serius sebab ini adalah momentum yang sangat baik dan luar biasa dan memilki nilai tambah sebab peserta yang lulus uji kompetensi nantinya akan masuk dalam database Kementerian PUPR," ujar Sekda.

   

Peserta kegiatan PKLK ini berjumlah 25 orang angkatan kerja potensial yang berasal dari masyarakat penduduk sekitar proyek pengerjaan jalan provinsi Rantepao - Rantebua. Untuk efektifnya pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi uji kompetensi di lapangan, praktek pelatihan ini didukung dengan fasilitas Mobile Training Unit (MTU). Setelah selesai menuntaskann seluruh proses pelatihan dan sertifikasi uji kompetensi, peserta kemudian akan langsung dipekerjakan di proyek konstruksi pengerjaan jalan provinsi Rantepao - Bua. 

Dalam kegiatan Pembukaan PKLK ini juga ditandatangani dokumen naskah Kerja Sama Operasional antara Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta Ditjen Bina Konstruksi dengan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dan PT. Jaya Sabar Pratama selaku mitra kerja pelaksana konstruksi. Kerjasama tersebut merupakan bentuk komitmen ketiga pihak untuk mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja dari masyarakat lokal yang berdomisili di sekitar lokasi pelaksanaan proyek konstruksi.    

Hadir juga mendampingi Sekda, Asisten III Setda Toraja Utara Simbong Ranggina, Camat Kesu' Ely Pamalingan, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Cornelia Untung Seru, Staf Khusus Bupati Torut Alloysius Lande. Selain itu acara pembukaan PKLK turut dihadiri Kepala BJKW III dan Kepala BJKW VI, Kepala Balai Pelaksanan Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) Sulsel, PPK Proyek Jalan Provinsi Poros Rantepao Bua dan mitra kerja Perusahaan pelaksana Konstruksi PT. Jaya Sabar Pratama.  

Penulis : Basry
Photo : Upa/Rafa Ara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 274

Kemarin 431

Minggu ini 1909

Bulan ini 10875

Total 323882