Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Tondon || Pagi tadi, Rabu, 25 November 2020 Pemerintah Kabupaten Toraja Utara bersama Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Toraja Utara menggelar Upacara bersama dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020 dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia ke-75.

Mengusung tema nasional "Bangkitkan semangat wujudkan merdeka belajar", Pelaksanaan Upacara Hari Guru Nasional dan Hut PGRI tahun 2020 ini berlangsung tertib, hikmat dan sederhana di Pelataran Perkantoran DInas Kabupaten Toraja Utara, Marante, yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Drs. Rede Roni Bare, M.Pd, Kepala LPMP Sulawesi Selatan Dr. Halim Muharran, M.Pd, para Asisten Setda, Kepala Dinas Pendidikan Yeremia T. Marewa S.E., M.Si, para Kepala OPD, Ketua PGRI Kabupaten Toraja Utara Efraim Tolan Allo Sitandi bersama para pengurus, guru -guru dan anggota PGRI se- Kabupaten Toraja Utara.

Pjs. Bupati Toraja Utara Amson Padolo, S.Sos, M.Si selaku Pembina Upacara dalam sambutannya membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim. 

Dalam transkrip pidato resmi sebanyak 3 halaman yang dibacakan tersebut, Mendikbud menyoroti situasi pandemi Covid-19 yang turut memberikan dampak signifikan pada penyelenggaran sistem pendidikan khususnya bagi para pendidik . Situasi pandemi yang masih berlangsung ini memaksa pemerintah melakukan penyesuaian proses belajar mengajar dengan menerapkan pembelajaran dari rumah untuk menjamin proses belajar mengajar dapat tetap berjalan dengan meminimalisir penularan Covid-19 di sektor pendidikan. Menteri Nadiem menyadari penyesuaian tersebut di satu sisi menjadi beban dan tantangan tersendiri yang tidak mudah bagi para pendidik.    

"Sebagai manusia biasa, situasi sulit ini kadang kala membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak berdaya. Ada pilihan untuk menyerah, ada opsi untuk mengeluh. Namun, kita memilih untuk terus bangkit dan berjuang. Itu karena keyakinan bahwa kita tetap bisa mengupayakan keberlanjutan pembelajaran bagi murid-murid yang kita cintai walau dengan segala keterbatasan," tulis Menteri Nadiem.

Mentalitas semangat juang dan kreativitas jutaan guru yang ditunjukkan untuk memastikan para peserta didik tetap dapat memperoleh pelajaran di tengah situasi pandemi Covid-19 memperoleh apresiasi dan penghormatan yang tinggi dari Mendikbud. Menteri Nadiem menorehkan perasaan harunya dengan mengkonotasikan dedikasi nyata para Guru Indonesia di tengah pandemi Covid-19 sebagai "Pelukis Masa Depan dan Peradaban Indonesia".

"Terima kasih saya yang tak terhingga bagi Bapak dan Ibu Guru yang telah mengorbankan waktu, tenaga, bahkan bagian dari hidupnya sendiri demi murid-murid tercinta. Sekali lagi, terima kasih telah menjadi pelukis masa depan dan peradaban Indonesia," lanjutnya dalam teks pidato.  

Mendikbud Nadiem Anwar Makariem juga dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Pjs. Bupati Toraja Utara menegaskan komitmen kementerian yang dipimpinnya untuk memperjuangkan aspirasi para guru di seluruh Indonesia yang masih berstatus honorer agar semaksimal mungkin dapat terangkat statusnya menjadi Guru ASN PPPK di tahun 2021 melalui proses seleksi yang demokratis berdasarkan indikator kebutuhan daerah, mekanisme dan ketentuan aturan yang berlaku.   

"Pada tahun 2021, kami berkomitmen memperjuangkan guru-guru honorer melalui seleksi yang demokratis bagi guru-guru non-PNS menjadi guru ASN PPPK dengan kuota cukup besar sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Kami memohon doa Bapak dan Ibu Guru semua agar langkah kami memperjuangkan hak para pendidik dapat berjalan dengan baik dan lancar," tegasnya.

Sebagai pemimpin Upacara David Randa Layuk Guru dari SMPN 1 Rantebua, dan Pasukan Pengibar Bendera masing - masing para pendidik atas nama Yusup B. Pasombo, Paulus Pasalli, dan Alfrida Mambaya dari SMPN 1 dan SMPN 2 Rantebua.

Setelah upacara dilaksanakan dilanjutkan dengan penyerahan Piagam penghargaan kepada pemenang festival dan lomba seni siswa nasional.

"Hidup Guru, hidup PGRI, solidaritas yes!".

Tim Reporter: Upa' - Julina Rande
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 373

Kemarin 447

Minggu ini 820

Bulan ini 9194

Total 348104