Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao - Penyalahgunaaan dan peredaran Narkotika serta obat - obat terlarang (Narkoba) sudah menjadi momok yang menakutkan di semua belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Dampak kerusakan sistematis yang ditimbulkannya menyentuh semua sendi - sendi kehidupan mulai dari keluarga hingga masyarakat.

Setditjen Informasi Dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo RI, Hendra Purnama mengatakan saat ini semua elemen pemerintah dan masyarakat sedang gencar - gencarnya memerangi kejahatan penyalahgunaan dan peredaran Narkoba. Hal tersebut sesuai dengan komitmen Presiden RI, Joko Widodo yang secara tegas menyatakan perang terhadap Narkoba.

Selain itu penyalahgunaan narkoba dalam perkembangannya tidak hanya menyasar kalangan ekonomi menengah kebawah namun juga sudah menyentuh lapisan ekonomi lemah, multi profesi dan mirisnya lagi pengguna narkoba sudah menyentuh hingga kalangan pelajar. Meskipun menurut data survey penyalahgunaan Narkoba yang dirilis oleh BNN terjadi penurunan prevalensi selama satu dekade ini dari 5,2% (2006) menjadi 1,9% (2016) namun penyalahgunaan narkoba tetap menjadi potensi ancaman nasional yang harus diberantas bersama-sama secara konsisten.

"Kita semua harus konsen dalam memerangi narkoba. Presiden RI sudah mencanangkan perang narkoba di seluruh NKRI. Kesempatan bagi adik-adik sebagai generasi muda untuk mengamankan negeri ini bebas dari narkoba. Jangan terjebak & jangan mau dijebak oleh narkoba. Pandai-pandailah dalam bergaul. Negara sudah mengalami kerugian kurang lebih 72 triliun rupiah karena narkoba."

Hal tersebut disampaikan Setditjen IKP Kemkominfo dalam sambutannya pada kegiatan Forum Sosialisasi Anti Narkoba bertema: "Hidup Sehat Tanpa Narkoba", di Hotel Misiliana, Rantepao (Jumat, 15 September 2017).

Sementara itu, Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si yang hadir membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Toraja Utara tidak dapat dipungkiri sudah lama menjadi target peredaran narkoba yang penggunanya banyak menyasar usia pelajar. untuk itu lanjut Bupati, melalui semua elemen yang ada bersama - sama berperan aktif memberikan pembekalan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa/i tentang bahaya narkoba serta modus operasi peredaran narkoba yang banyak memperdayai generasi muda sehingga dengan pengetahuan tersebut mereka dapat lebih mawas diri dan terhindar dari penyalahgunaan narkotika.

"Sudah banyak orang yang mengatakan bahwa Toraja merupakan markas narkoba dan saya tidak malu untuk mengatakannya. Sekarang di sekolah-sekolah khususnya di SMA dan SMK, pengguna narkoba itu sudah merajalela. Di Toraja ini, bahkan anak SD pun sudah menggunakan narkoba dan anak SD inilah yang sekarang menjadi sasaran empuk dari para pengedar narkoba. Narkoba harus di musuhi dan diperangi. Langkah-langkah kelembagaan yang akan di lakukan oleh pemerintah salah satunya akan mendirikan lembaga BNNK di kabupaten serta sosialisasi kepada pelajar seperti yang saat ini kita lakukan." ungkap Bupati.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ditjen IKP Kemkominfo RI tersebut bertujuan mendukung upaya pemerintah memerangi narkoba melalui penyebarluaskan informasi penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat khususnya bagi kalangan pelajar yang ada di Toraja Utara sebagai upaya preventif penanggulangan bahaya narkoba.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik Dan Persandian, Drs. Fitra, M.Adm.Pemb pada kesempatannya menyampaikan laporan panitia kepada Bupati bahwa kegiatan Forum Sosialisasi Anti Narkoba pesertanya khusus ditargetkan bagi pelajar dan mahasiswa serta OKP yang seluruhnya berjumlah 150 peserta sebagai pembekalan pengetahuan akan bahaya narkoba sehingga diharapkan mereka dapat menjadi motor penggerak di lingkungan pendidikan mereka masing-masing dalam memberikan pengaruh positif kepada lingkungannya untuk tidak mencoba - coba menggunakan narkoba.

Dalam sosialisasi tersebut dihadirkan sebagai narasumber Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Media Massa, Gun Gun Siswadi, Kepala BNNK Toraja, AKBP. Dewi Tonglo dan Penyuluh BNN Pusat, Ir. Pinondang Poltak Marganda, M.Si.

Editor : LPIPA Diskominfo Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 48

Kemarin 410

Minggu ini 1365

Bulan ini 4892

Total 278551