Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Kesu' || Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toraja Utara sukses menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 yang dilaksanakan di Misiliana, Rabu (16/12/2020).

Rapat Pleno tersebut dibuka oleh Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom. Dalam sambutannya Bonnie menuturkan keberhasilan pelaksanaan Pilkada di Toraja Utara di 9 Desember lalu tidak terlepas dari kesigapan seluruh petugas melaksanakan protokol kesehatan di setiap TPS sehingga tidak ditemukan adanya laporan penularan Covid-19 di Pilkada 2020 ini.

"Dalam pelaksanaan rapat ini, kami telah berupaya menghasilkan pilkada yang berintegritas baik dalam proses maupun hasil. Tahapan pilkada tahun ini kami bersyukur telah melewati tantangan dimana proses pilkada harus berjalan dengan baik dengan mematuhi protokol kesehatan. Kami bersyukur pula seluruh tenaga penyelenggara tidak satupun terdampak virus Corona dan dalam hari pencoblosan, tenaga penyelenggara sangat memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan Covid 19," ungkap Bonnie Freedom.

Keputusan pemerintah untuk tetap melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020 di tengah masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan yang baru bagi pihak KPU selaku penyelenggara yang mana KPU di daerah - daerah  dituntut untuk memformulasikan mekanisme penyelenggaraan Pilkada yang efektif menangkal resiko penyebaran Covid-19 dalam proses pemungutan suara di TPS tanpa mengurangi tingkat partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya. 

Indikator keberhasilan pelaksanaan Pilkada di Toraja Utara tidak hanya terpenuhi pada aspek keberhasilan mencegah terbentuknya klaster Covid-19 Pilkada, namun juga pada aspek tingkat antusiasme atau partisipasi penggunaan hak pilih yang pada Pilkada kali ini berhasil capai lebih 2% dari target partisipasi 80%.

"Kami sangat bersyukur dan mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan hak suaranya dalam pilkada tahun ini, sehingga target awal 80% pemilih, ternyata tembus hampir 82% jumlah pemilih," ungkap Bonnie Freedom.

Dalam rapat pleno ini, PPK Kecamatan membacakan hasil laporan suara, data pemilih, dan sisa kertas suara. Berdasarkan hasil rakpitulasi hasil penghitungan perolehan suara tersebut diperoleh hasil sebagai berikut: 

-  Pasangan Calon Nomor Urut 1:  23.923 suara;
-  Pasangan Calon Nomor Urut 2:  60.614 suara, dan
-  Pasangan Calon Nomor Urut 3:  52.706 suara. 

Sementara untuk hasil rekapitulasi Suara Sah sebanyak 137.243 suara, Suara Tidak Sah sebanyak 838 suara dengan total keseluruhan pemilih berjumlah 13.8081. 

Penetapan Hasil Penghitungan Suara pada Pilkada 2020 di Kabupaten Toraja dalam rapat pleno ini kemudian akan dijadikan dasar penentuan dan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara terpilih setelah memperoleh persetujuan dari Bawaslu Kabupaten Toraja Utara sebagai pihak pengawas penyelenggaran Pilkada 2020.   

Tampak hadir dalam Rapat Pleno terbuka ini, unsur Forkopimda, Muslimin, Perwakilan KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Bawaslu Toraja Utara, PPK, Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Dinas Dukcapil Toraja Utara, Tim Saksi dari maisng-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati.

Tim Reporter: Gabriel Steven - Basry - Muh. Arafa
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 9

Kemarin 857

Minggu ini 2803

Bulan ini 3144

Total 426049