Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Adanya dinamika pergeseran status zonasi penularan Covid-19 di Kabupaten Toraja Utara dari zona hijau ke zona merah menjadi alert sekaligus awarness bagi semua elemen pemerintah bersama masyarakat untuk lebih meningkatkan sinergitas  dan koordinasi dalam penanganan pandemi Covid-19 yang lebih efektif dengan penekanan pada aspek antisipasi yang proaktif.   

"Kabupaten Toraja Utara yang diberi julukan zona hijau tidak menjadi lagi menjadi zona hijau, dengan mewabahnya penyebaran virus Corona Disease 19, kini merambah di daerah kita, sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik antara jajaran Pemerintah, TNI, POLRI dan masyarakat untuk meningkatkan esensi kewaspadaan kita terhadap penanganan penyebaran wabah covid 19 di daerah kita," kata Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan saat bertindak selaku Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Polres Toraja Utara di halaman Mako Polres Toraja Utara, Rantepao, Senin (21/12/2020) yang lalu. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan Operasi Lilin jelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang melibatkan unsur gabungan Polri, TNI dan Pemerintah Daerah kali ini memiliki tantangan berbeda dengan masih merebaknya pandemi Covid-19 yang pada bulan Desember ini cenderung mengalami signifikasi peningkatan penularan Covid-19. 

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Covid-19 Kabupaten Toraja Utara per tanggal 20 Agustus 2020 telah tercatat sebanyak 121 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Toraja Utara atau dalam sepekan ada 17 temuan kasus positif dengan kasus kematian sebanyak 8 orang dan sembuh 94 orang. 

Oleh karena itu sebagaimana tema operasi lilin 2020 yang mengusung tema:  "Kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021 ditengah pandemi Covid-19" Bupati Kalatiku Paembonan berharap operasi lilin yang menekankan pada sinergitas dan kerjasama seluruh komponen instansi pemerintah yang terlibat baik di level pemangku kepentingan dan personil di lapangan dapat efektif memberikan rasa aman dan tenang bagi seluruh masyarakat Toraja Utara dari segala bentuk gangguan kamtibmas maupun ancaman penularan Covid-19 saat memperingati Natal dan Tahun Baru 2021.

“dengan hadirnya operasi ini digelar untuk memastikan kepada rakyat bahwa jajaran Polri, TNI dan Satpol PP serta jajaran Pemkab Toraja Utara siap melaksanakan operasi lilin yang digelar di bulan Desember ini,” terang Bupati Toraja Utara.

Dalam kesempatan ini pula Bupati Kalatiku Paembonan kembali menyampaikan ungkapan duka citanya atas nama pribadi dan  pemerintah kabupaten Toraja Utara atas berpulangnya Bupati Toraja Utara periode 2011 - 2016 Alm. Drs. Frederik Batti Sorring, S.Sos. M.M sekaligus mengajak seluruh peserta Apel Gelar Pasukan mengheningkan cipta untuk menghormati dan mengenang dedikasi dan karya yang telah diberikan kepada daerah dan masyarakat selama memimpin kabupaten Toraja Utara.

Adapun pelaksanaan Operasi Lilin Tahun 2020 ini digelar mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2020 dengan melibatkan unsur personil gabungan lintas instansi pemerintah yang terdiri dari Sat. Lantas, Sat. Sabhara, Sat. Reskrim, Sat. Intel Narkoba dan Sat. Intelkam serta Bhabinkamtibmas Polres Toraja Utara, personil Kodim 1414 Tana Toraja, personil Sat.Pol.PP dan Damkar Toraja Utara, Dishub Toraja Utara serta dukungan Nakes Dinkes Toraja Utara.       

Tampak hadir Kapolres Toraja Utara, AKBP Yudha Wirajati Kusuma, S.I.K., M.H bersama jajaran Polres dan Kapolsek se Toraja Utara, perwakilan unsur Forkopimda,  Plt. Kepala Dinas Sat.Pol-PP dan Damkar Toraja Utara, beberapa pejabat Struktural Pemkab Toraja Utara, serta stakeholder lainnya.

Tim Reporter: Basry - M. Arafa - Upa' 
 
 
LPDI - Komunikasi Publik (2020)

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 7

Kemarin 857

Minggu ini 2801

Bulan ini 3142

Total 426047