Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

visitasi_web.jpg

 

Toraja Utara - Terkait persiapan pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (monev) Keterbukaan Informasi tahun 2022 pada Badan Publik Kabupaten/Kota di awal Juli mendatang, Pagi tadi, Rabu (15/6) Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan (KI Sulsel) melakukan visitasi ke PPID Utama Kabupaten Toraja Utara di Kantor Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP), Marante.

Kepada Komisioner KI Sulsel, Fauziah Erwin selaku Ketua visitasi, Kepala Diskominfo.SP, Drs. Johny Parubak, M.Si memaparkan bahwa implementasi UU KIP Nomor 14 tahun 2008 di pemerintah Kabupaten Toraja Utara telah berjalan sejak empat tahun lalu dengan terbitnya Perbup 28 Tahun 2018 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi.

Namun dengan berbagai kendala yang ada, pelayanan informasi publik di Kabupaten Toraja Utara beleum dapat terlaksana secara efektif dan menyeluruh.

”Menyangkut PPID ini setelah kami ditempatkan di sini, kami menge-check setiap program layanan publik pada OPD kami satu persatu, dan PPID ini telah berjalan sejak 2018 yang terbatas pada dinas tertentu, jelas Jhony Parubak.

Olehnya, Drs. Johny Parubak, M.Si menyambut baik visitasi yang dilakukan KI Sulsel ini sebagai momentum peningkatan pengelolaan pelayanan keterbukaan informasi di Kabupaten Toraja Utara khususnya dalam menghadapi monev pemeringkatan informasi badan publik tahun ini.

”Saya sangat mengapresiasi kunjungan KI ini, di mana provinsi dapat datang langsung memberikan dukungan pendampingan sekaligus pencerahan kepada kami mengenai tata laksana PPID” lanjutnya.

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, visitasi KI ini merupakan fase awal dalam bentuk sosialisasi kepada pemangku kebijakan di daerak tentang pelaksanaan kegiatan MonEv Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik untuk wilayah Provinsi Sulawesi tahun 2022.

”Kehadiran  kami di sini (Toraja Utara) terkait dengan PPID juga, yang tidak lama lagi pada tanggal 1 Juli kami akan memulai kegiatan rutin monitoring dan evalusasi Keterbukaan Informasi Publik,” terang Komisioner KI Sulsel, Fauziah Erwin.

Selain itu Fauziah menambahkan, turunnya peringkat keterbukaan informasi Kabupaten Toraja Utara pada tahun 2021 lalu juga menjadi alasan visitasi KI Sulsel turun langsung untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi sekaligus memberikan dorongan dan pendampingan ke PPID Toraja Utara.

”kita turun ke Toraja Utara, kita identifikasi apa kesulitan di sana supaya kita dapat melakukan pendampingan. Kami ingin membantu agar index keterbukaannya (informasi) dapat naik,” lanjutnya.

Berdasarkan hasil visitasi ini, KI Sulsel merekomendasikan agar PPID Utama Kabupaten Toraja Utara memperkuat aspek administrasi kelembagaan PPID dan segera membangun jaringan informasi PPID di setiap badan publik perangkat daerah.

Kegiatan Monev Keterbukaan Informasi ini merupakan tahapan awal dari puncak Pengaugerahan Keterbukaan Informasi Publik pada 24 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Selatan.

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 57

Kemarin 191

Minggu ini 1648

Bulan ini 820

Total 477611