Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

perindakop TKDNmei2024a

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Toraja Utara melaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk Industri Kecil Gelombang I Penguatan Kapasitas Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah Tahun Anggaran 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Toraja Prince Hotel, Selasa, (07/05) dengan diikuti 50 orang peserta pelaku industri kecil yang telah memiliki nomor induk berusaha di dalam sentra.

Kegiatan ini dihadiri Asisten I Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra Toraja Utara, Yermia T.M. Marewa, S.E., M.Si bersama Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM Kab. Toraja Utara, Amos Harma Pattola, S.P., M.M didampingi Sekretaris Disperindagkop UKM Kab. Toraja Utara, Suryati Bulo, S.T, Sekretaris Diskominfo-SP Kab. Toraja Utara Marthen Panggalo, S.E, Kepala Bidang Disperindagkop Kab. Toraja Utara Agus Bela, S.E serta para Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional di dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UKM hadir dalam pembukaan kegiatan.

Mewakili Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, S.E., M. Si, Asisten I Setda Toraja Utara, Yermia T. Marewa, S.E,. M.Si dalam sambutannya menjelaskan pentingnya pelaku UMKM memiliki sertifikat TKDN pada produknya. TKDN menjadi lisensi terhadap kompetensi produk guna meningkatkan daya saing sekaligus memperluas peluang jangkauan pasar UMKM.  

"Pelatihan ini sangat bagus dan bermanfaat untuk bapak/ibu ikuti karena apabila selesai dan dinyatakan lulus mengikuti pelatihan maka akan mendapatkan lisensi berupa sertifikat yang bisa menjadi modal dalam dunia usaha yang bapak/ibu tekuni saat ini," jelasnya.

"Peserta yang sudah mendapatkan pelatihan tentu akan berbeda sistem produk yang dihasilkan dan cara pemasaran produknya dengan orang yang tidak mengikuti pelatihan, sebab ada metode yang digunakan dalam pelatihan yang khusus diberikan bagi peserta pelatihan," lanjut Yermia.

perindakop TKDNmei2024b

Menambahkan hal itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Toraja Utara, Amos H. Patolla, S.P., M.M mengatakan, selain memperluas peluang produk UMKM untuk dibeli, lisensi TKDN ini juga menjadi akses bagi pelaku UMKM untuk menayangkan produknya di LKPP (e-katalog) sekaligus ikut serta dalam tender pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Saat ini kita akan melakukan sertifikasi TKDN bagi pelaku usaha di gelombang pertama ini dan perlu diketahui bahwa banyak manfaat bila mengikuti pelatihan ini seperti memperoleh lisensi/sertifikat yang dapat digunakan untuk berwirausaha baik secara online maupun offline, dan disisi lain melalui sertifikat ini juga dapat digunakan untuk mengikuti lelang pemerintah untuk pemasaran produk usaha," jelasnya. 

Kepala Dinas Perindagkop-UKM dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan dukungan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara terhadap pembangunan Sentra Tenun di Tongkonan Unnoni sebagai bentuk upaya membangkitkan optimisme pengrajin tenun di Toraja Utara untuk menghasilkan produk tenun Toraja yang berdaya saing. 

Sebelumnya panitia pelaksana kegiatan, Rerin Sapta, S.T selaku Penyuluh Perindustrian, Perdagangan Ahli Muda pada Disperindagkop & UKM Kabupaten Toraja Utara mengatakan bahwa kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini (7-8 Mei) pembiayaan kegiatan sepenuhnya bersumber dari DAK Kementerian Perindustrian RI Tahun Anggaran 2024 melalui program Penguatan Kapasitas Kelembagaan Sentra Industri Kecil Dan Industri Menengah.

"Adapun tujuan kegiatan tujuan yaitu memberikan fasilitas bagi industri kecil untuk memperoleh sertifikat tingkat komponen dalam negeri untuk industri kecil sehingga dapat memperkuat posisi industri kecil dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri dengan sasaran kegiatan untuk para pelaku industri kecil sehingga dapat memperoleh sertifikat tingkat komponen dalam negeri untuk industri kecil," paparnya.

Dalam kegiatan sosialisasi TKDN ini di hadirkan dua narasumber dari Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam dan Maritim Makassar.

Diskominfo-SP - 2024

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 16

Kemarin 611

Minggu ini 1381

Bulan ini 9456

Total 631796