Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

bup lonsorbuntao13Mei24a

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang S.E., M.Si menyerahkan bantuan sosial di kelurahan Tallang Sura', Kecamatan Buntao kepada masyarakat korban bencana alam tanah longsor di Kelurahan Tallang Sura’, Kecamatan Buntao, Senin (13/5)

Bantuan berupa sembako diserahkan langsung secara simbolis masing-masing oleh Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang bersama Pimpinan PT. Bank Sulselbar Cabang Rantepao, Timotius Tandililing dengan disaksikan oleh Camat Buntao’, perangkat kelurahan Tallang Sura', TNI dan masyarakat di kelurahan Tallang Sura'.

Dalam kesempatannya, kepada masyarakat yang hadir di lokasi Bupati Toraja Utara menyampaikan keprihatinannya terhadap musibah bencana alam tanah longsor yang menimpa rumah sejumlah warga di wilayah kelurahan Tallang Sura’.  

"Oleh karena itu atas nama pemerintah dan masyarakat saya menyampaikan rasa simpati semoga keluarga yang mengalami musibah ini di berikan kekuatan," ungkapnya.

bup lonsorbuntao13Mei24e

Saat ini Pemerintah Toraja Utara melalui OPD terkait bersama TNI/Polri tetap bersinergi melakukan langkah-langkah recovery penanganan pasca bencana di lapangan berupa penanganan sosial bagi warga terdampak langsung. Sementara untuk pemulihan aksesibilitas jalan yang masih tertutup material longsor dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan kondusivitas situasi di lapangan.   

“Setelah situasi ini tenang baru kita bersihkan, kalau kita bersihkan sekarang menurut pertimbangan dari BPBD dan TNI/Polri yang ada di lapangan bahwa kita melihat situasi terlebih dahulu sebelum kita mengadakan pembersihan tanah longsor,” ucap Bupati.

“Kalau kita membersihkan sekarang kita menjaga akan terjadinya masalah yang baru, jadi saya berharap kepada masyarakat agar bersabar terlebih dahulu setelah semua kita pastikan bahwa ini tidak ada lagi longsor susulan maka kita akan membersikan," lanjutnya.

Bupati dalam kesempatan ini juga menghimbau kepada warga yang berdomisili di lokasi rawan longsor agar tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya longsor susulan khususnya saat situasi curah hujan tinggi.

“Kepada seluruh masyarakat agar kita harus waspada kalau hujan terus menerus saya harap mengungsi terlebih dahulu ke rumah keluarga yang aman dari longsor dan bencana," himbaunya.

bup lonsorbuntao13Mei24b

Dalam kesempatan ini PT. Bank Sulselbar turut memberikan bantuan sembako yang diserahkan Pimpinan Cabang Rantepao, Timotius Tandililing kepada perwakilan korban terdampak langsung bencana.

Selain itu organisasi kemanusiaan Tim Relawan Bahodopi Peduli Bencana Morowali turut menyerahkan bantuan sosial.

Usai menyerahkan bantuan, Bupati bersama Pimpinan Cabang Bank Sulselbar dan rombongan meninjau langsung salah satu titik longsor yang menimpa pemukiman warga.  

Tampak hadir pejabat eselon Pemkab Toraja Utara mendampingi Bupati menyerahkan bantuan, diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Toraja Utara, Yermia T.M Marewa, S.E., M.Si  dan Kepala BPBD Toraja Utara Alexander Limbong Tiku, S.H., M.H.

bup lonsorbuntao13Mei24d

bup lonsorbuntao13Mei24c

 

Diskominfo-SP - 2024

 

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 12

Kemarin 611

Minggu ini 1377

Bulan ini 9452

Total 631792