Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Bup PPNINurseDay2024l

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, S.E., M.Si membuka secara resmi Perayaan Hari Perawat Internasional yang tahun ini dipusatkan di Kabupaten Toraja Utara dan berlangsung di Lapangan Bakti, Rantepao, Jumat (7/6).

Perayaan International Nurse Day ini diselenggarakan oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sulawesi Selatan Regional V yang meliputi Kabupaten Toraja Utara, Kab. Luwu Timur, Kab. Luwu Utara, Kab. Luwu, Kab. Tana Toraja, dan Kota Palopo.

Mengawali sambutannya, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, S.E., M.Si menyampaikan ucapaan terima kasih sekaligus apresiasi kepada PPNI Regional V atas dipilihnya Kabupaten Toraja Utara sebagai lokasi puncak Perayaaan Hari Perawat Internasional tahun 2024. Kegiatan seperti ini menurut Bupati selain kesempatan untuk bersilaturahmi antar sesama profesi, juga dapat menjadi tempat bertukar pikiran dan gagasan inovatif untuk mengembangkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

"Kepada seluruh Perawat yang ada di Regional V Sulsel, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara mengucapkan selamat merayakan Internasional Nurse Day Tahun 2024 tentu melalui kesempatan ini kiprah perawat semakin menjadi garda terdepan untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat."

"Melalui kesempatan ini juga kepada bapak/ibu yang memberikan pelayanan kesehatan agar selalu memberikan pelayanan dengan hati dan tanpa harus adanya pilih kasih bagi pasien yang bapak/ibu tangani dan melalui kesempatan ini adalah momentum saling berbagi ilmu dan mempererat tali silaturahmi antara sesama perawat yang ada di Regional V," imbuh Yohanis Bassang.

Sebagai profesi dengan peran vital dalam sistem kesehatan, Bupati meminta para nakes khususnya perawat di semua fasilitas kesehatan agar meningkatkan standar kualitas keperawatan kepada masyarakat dengan menunjukkan etos kerja yang lebih responsif, komunikatif dan empati dalam memberikan pelayanan kesehatan.     

"Kepada seluruh tenaga kesehatan juga diharapkan senantiasa memberikan pelayanan kesehatan dengan sentuhan hati, humanisme, kecepatan dan ketepatan dalam menangani pasien ini harapan kita dan kepada seluruh perawat yang mengabdikan diri dalam dunia kesehatan kita berdoa insya Allah bapak/ibu senantiasa di tolong untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat," lanjutnya.

Sementara itu Ketua DPD PPNI Kab. Toraja Utara yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kab. Toraja Utara, Elisabeth, S.Kp, MARS mengatakan perayaan Hari Perawat International ditujukan untuk membangun persepsi vitalitas peran profesi perawat sebagai tulang punggung sistem kesehatan yang memberi manfaat tidak hanya kepada sumber daya manusia melainkan juga pada kemajuan ekonomi dan sosial.

"Tema Hari Perawat Sedunia tahun 2024 yaitu "Our Nurses, Our Future, The Economic Power of Care" (Perawat Kita, Masa Depan Kita, Kekuatan Ekonomi dari Kepedulian) menekankan pada aspek peran penting perawat dalam meningkatkan ekonomi global serta memastikan bahwa layanan kesehatan yang berkualitas dapat diakses oleh semua orang," ucapnya.

"Profesi perawat yang tergabung dalam wadah organisasi Persatuan Perawat untuk Nasional Indonesia memiliki tanggung jawab meningkatkan dan memelihara kompetensi perawat agar memberikan kontribusi positif dalam mendukung pembangunan kesehatan sehingga visi PPNI yaitu "disayangi anggota, dicintai pemerintah dan disegani profesi lain" dapat terwujud, terima kasih juga kami sampaikan kepada Bapak Bupati Toraja Utara selaku Pemerintah Daerah dan jajarannya atas dukungan yang telah memberikan fasilitas sehingga kegiatan ini dapat terlaksana selama beberapa hari ke depan. Terima kasih juga kepada seluruh donatur yang turut membantu atas terlaksananya kegiatan hari ini," imbuh Elisabeth.

Sebelumnya, mengawali kegiatan, Surianti Todingbua, S.Kep., Ns selaku Ketua Panitia Pelaksana melaporkan jika kegiatan Perayaan hari Perawat Internasional tahun ini diikuti oleh lebih 1000 peserta perawat yang berasal dari enam (6) Kabupaten/Kota. Tidak hanya perayaan seremonial, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan sejumlah lomba interaktif untuk menjalin keakraban sesama profesi perawat yang ada di wilayah Regional V PPNI Sulsel. 

"kegiatan perayaan International Nurses Day Regional V tahun 2024 merupakan hari perawat sedunia yang setiap tahunnya di isi dengan berbagai lomba ilmiah dan pertandingan olahraga/seni guna meningkatkan kompetensi dan membina silaturahmi perawat di PPNI Sulawesi Selatan regional V".

"Internasional Nurses Day Regional V Tahun 2024 mengusung tema "Our Nurses, Our Future, The Economic Power of Care". diikuti 1.080 nakes profesi perawat, masing-masing  dari Lutim (150 peserta), Luwu Utara (80 peserta), Luwu (200 peserta), Palopo (150 peserta), Toraja Utara (350 peserta), Tana Toraja (150 peserta) dan yang menjadi juri lomba Defile oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, S.E., M. Si,"  tambah Surianti Todingbua.

Usai sambutan-sambutan dilanjutkan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba defile sebagai berikut: Juara 1 : PPNI TORAJA UTARA, Juara 2 : PPNI LUWU TIMUR, Juara 3 : PPNI TANA TORAJA, Juara 4 : PPNI LUWU, Juara 5 : PPNI PALOPO dan Juara 6 : PPNI LUWU UTARA.

Turut mengikuti kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo-SP Kab. Toraja Utara, Andarias Sampe, S.E., M.M, Kadis Tenaga Kerja & Transmigrasi, Deddy Elward Rombe Raru, S.E, Kepala Dinas Sosial Kab. Toraja Utara, Elias Madi, S.Sos., M.M, Kepala Bappelitbangda Yohanis Rerung Sau, S.P., M.Si, Direktur PDAM Kab. Toraja Utara, Moses Padsing Limbongan, S.S, Ketua DPW PPNI Prov. Sulawesi Selatan bersama Sekretaris DPW PPNI Prov. Sulawesi selatan, Ketua DPD PPNI Kab. Luwu Timur, Kab. Luwu Utara, Kab. Luwu, Kota Palopo, Kab. Tana Toraja, Kab. Toraja Utara, Ketua Ketua Organisasi Profesi IDI, IBI, IAI, PAFI, PERSAGI, PDGI, Direktur RS. Elim, Direktur ITRI dan seluruh perawat regional V dari Luwu Timur, Luwu Utara, Luwu, Palopo, Tana Toraja dan Toraja Utara.

Berikut kumpulan dokumentasi foto Perayaan Hari Perawat Internasional Tahun 2024 PPNI Regional V Sulsel

Bup PPNINurseDay2024m

Bup PPNINurseDay2024i

Bup PPNINurseDay2024k

Bup PPNINurseDay2024c

Bup PPNINurseDay2024d

Bup PPNINurseDay2024a

 Bup PPNINurseDay2024b

Bup PPNINurseDay2024e 

Diskominfo-SP - 2024 

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 398

Kemarin 451

Minggu ini 1302

Bulan ini 6422

Total 628762