Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Ass3 perindagkopJuni2024a

Sebagai basis ekonomi masyarakat dan menjadi salah satu pilar pelaku ekonomi nasional, Koperasi diyakini tetap memiliki prospek besar untuk berkontribusi kepada perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Toraja Utara terus memberikan perhatian dan dukungan terhadap penguatan koperasi menjadi lembaga ekonomi kerakyatan terdepan yang kompetitif.

“ini merupakan salah satu gebrakan yang luar biasa dimana kita ketahui bahwa koperasi telah memberikan dampak sosial-ekonomi yang signifikan serta memberikan kontribusi yang besar dalam memberdayakan masyarakat," ucap Asisten Bidang Administrasi Umum Toraja Utara, Drs. Semuel Samperompon, M.M pada sesi pembukaan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Bagi Pengurus/Pengelola Koperasi di Hotel Toraja Prince, Senin (10/6/2024).

Lebih lanjut Semuel menyampaikan, penguatan kelembagaan usaha koperasi saat ini penting menjadi perhatian semua pihak di tengah tekanan ekonomi global yang berdampak hingga ke masyarakat di daerah. Menurutnya Koperasi bila dikelola dengan baik dengan berpijak pada asas gotong royong dan kekeluargaan tidak hanya akan memberi manfaat kesejahteraan bagi anggotanya melainkan juga akan menciptakan efek multiplier yang positif ke sektor-sektor pengembangan ekonomi daerah sekaligus menjadi penopang ekonomi masyarakat khususnya pada masyarakat di segmen menengah ke bawah.  

"Tak hanya itu, Koperasi juga telah menciptakan lapangan kerja, meningkatkan akses masyarakat terhadap sumber daya, dan meningkatkan ekonomi lokal, koperasi secara langsung mempengaruhi kesejahteraan masyarakat, dan hampir semua pengamat mengatakan pada tahun 1998 jika tanpa adanya koperasi kemungkinan besar ekonomi kita akan lumpuh sebab koperasi merupakan salah satu penopang ekonomi rakyat," tuturnya. 

Mewakili Pemerintah daerah, dirinya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Perindagkop UKM Toraja Utara sebagai pelaksana kegiatan. Ia pun berharap agar para pengelola koperasi yang menjadi peserta pelatihan dapat mengikuti dan memahami dengan baik seluruh materi yang disampaikan sehingga nantinya dapat diterapkan guna menjadikan koperasi di Toraja Utara sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat.

Berdasarkan laporan panitia pelaksana, Pelatihan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari (10 – 12 Juni) ini dibiayai melalui skema Dana Alokasi Khusus (DAK) Non-Fisik Kemenkop UKM RI T.A. 2024. Sementara peserta pelatihan yang berjumlah 32 orang adalah pengurus/pengelola Koperasi yang ada di Toraja Utara.    

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UKM Kabupaten Toraja Utara, Amos H. Patolla, S.P., M.M dan narasumber pelatihan dari Lembaga Pendidikan Perkoperasiaan (LAPENKOP) Wilayah Prov. Sulsel, Salman Sahmad, S.Pd., M.M.

Ass3 perindagkopJuni2024b

Ass3 perindagkopJuni2024c

Ass3 perindagkopJuni2024d

Diskominfo-SP - 2024

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 412

Kemarin 451

Minggu ini 1316

Bulan ini 6436

Total 628776