Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Bertempat di ruang Pola Kantor Bupati Marante, Jumat, (15/6/2024), diselenggarakan kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten yang dihadiri oleh Forkopimda dan jajaran Pemerintah Daerah Toraja Utara mulai dari Kepala Dinas, Camat, Lembang, Ketua PKK, para kepala bidang Dinas terkait dan sejumlah stakeholder mitra kerja Pemda dalam upaya penurunan stunting.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Toraja Utara, Salvius Pasang, S.P., M.P, selaku Wakil Ketua Tim Percepatan Pencegahan dan Penurunan Stunting Kabupaten Toraja Utara.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa dengan capaian angka stunting sampai tahun 2023 yakni 28,7 Persen, yang semula menjadi capaian yang baik, di tahun 2024 sudah harus didorong lebih kuat lagi mengingat target nasional yakni 14 persen, itu berarti Toraja Utara harus bekerja keras menurunkan 14,7 persen lagi agar bisa mencapai target nasional.

Sekda Toraja Utara mengingatkan bahwa pertemuan hari ini harus bisa menyamakan persepsi, "mari kita berupaya sesuai Tupoksi masing-masing" Kata Salvius Pasang, "Penanganan stunting apabila berhasil, bisa menjadi capaian prestasi yang mendorong kabupaten lain datang ke Toraja Utara untuk study banding dan berwisata, jadi mari kita melihat penanganan stunting ini sebagai tantangan sekaligus peluang, jangan dijadikan beban" ungkapnya.

Setelah sambutan pembukaan ini berturut-turut Wakapolres Toraja Utara, Kompol Marthen Tangallo dan Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol ARM Bani Kelana Sepan, menyampaikan bahwa unsur TNI Polri siap berkoordinasi dan bersinergi membantu penanganan stunting sampai ke desa-desa sebagai tanggung jawab untuk menghasilkan generasi unggul menuju Indonesia emas dan untuk Toraja maju. Kehadiran militer bukan untuk menakut-nakuti tapi sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan akan masalah generasi bangsa yang terancam akan adanya kasus stunting ini.

Selanjutnya Kepala DP3AP2KB, dr. Lina Rombe, tampil membawakan materi progres penanganan stunting di Toraja Utara disusul Kepala Bappelitbangda Kab. Toraja Utara, Yohanis Rerung Sau', S.P., M.Si, memaparkan perencanaan dan target Penanganan Stunting di Toraja Utara di tahun 2024 dan upaya untuk mendorong capaian di akhir tahun nanti.

Acara berikutnya adalah penyataan komitmen bersama untuk pencegahan dan penurunan stunting yang ditandai dengan penandatanganan pernyataan dalam spanduk komitmen bersama oleh semua anggota Tim Penanganan Stunting Kabupaten Toraja Utara termasuk oleh perwakilan awak media massa yang ada di Toraja Utara.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan diskusi dan perumusan aksi 3 sebagai tindak lanjut dari rembuk stunting ini.

Semoga dengan rekomendasi dan pernyataan komitmen sebagai hasil rembuk stunting ini membawa dampak positif bagi upaya pencegahan dan penurunan stunting di Toraja Utara.

sekda rembukstun Juni2024a

sekda rembukstun Juni2024j

sekda rembukstun Juni2024e

sekda rembukstun Juni2024f

sekda rembukstun Juni2024i

sekda rembukstun Juni2024h

sekda rembukstun Juni2024g

sekda rembukstun Juni2024b

 

sekda rembukstun Juni2024l

 

Ayo cegah stunting
#generasisehattorajautara
#cegahstuntingtorajautara
#pemkabtorajautara
#diskominfo

 

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 16

Kemarin 611

Minggu ini 1381

Bulan ini 9456

Total 631796