Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Pada tahun 2018 ini, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan pertemuan ekonomi terbesar Annual Meeting International Monetery Fund - World Band dimana Nusa Dua Bali ditunjuk sebagai pusat penyelengaraan pertemuan yang akan rencananya akan berlangsung pada bulan Oktober tahun ini dan diperkirakan akan dihadiri 15.000 peserta.

Annual Meeting International Monetery Fund - World Band merupakan kegiatan tahunan internasional  yang mempertemukan para Gubernur dan delegasi anggota Bank Sentral serta para Menteri Keuangan dan Pembangunan dari 189 Negara anggota IMF-WB, para akademisi, NGO dan Pers yang membahas terkait berbagai masalah, prospek, dan stabilitas ekonomi keuangan global dan juga yang terkait dengan masalah-masalah sosial budaya seperti pengentasan kemiskinan, ketersediaan lapangan, pengungsi dan perubahan iklim global.

Untuk mempersiapkan penyambutan dan pelaksanaan kegiatan tersebut, sekaligus untuk menunjukkan kemampuan dan kemajuan Perekonomian serta Pembangunan di Indonesia, Kemenko Maritim RI bersama beberapa Kementerian terkait diantaranya Kementerian Keuangan dan Kementerian Pariwisata melakukan supervisi ke beberapa destinasi wisata yang akan dipersiapkan untuk dikunjungi oleh para peserta Annual Meeting IMF-WB, dan Toraja Utara menjadi salah satu lokasi wisata terpilih bersama Bali, Lombok, Pulau Komodo, Bayuwangi, Yogyakarta dan Danau Toba dan Toraja.

Terkait hal tersebut, menindaklanjuti kunjungan Kemenko Maritim dan Kementerian Pariwisata ke Toraja Utara beberapa waktu lalu, Pemda Toraja Utara melaksanakan rapat terbatas di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara yang diikuti Kodim 1414 dan forum SKPD, Kamis (22/02/2018) siang, dengan agenda membahas persiapan penyambutan peserta Annual Meeting International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB) pada Oktober 2018 mendatang. 

Di depan para Pimpinan SKPD se-Toraja Utara, Kodim 1414 Tana Toraja beserta undangan, Kalatiku Paembonan mengungkapkan bahwa menurut hasil presentasi Kementerian Pariwisata dan Kemenko Maritim dari segi kebersihan Toraja Utara belum siap.

"Jangan kaget dulu. Kecuali untuk objek wisata Londa, Ke'te' Kesu, Kalimbuang Bori', Palawa' dan Sa’dan, itu adalah beberapa tempat yang nantinya siap dkunjungi dari segi kebersihan. Diluar itu berdasarkan pengamatan foto, luar biasa tidak siap terutama dari segi kebersihan toilet," ungkapnya.

Kalatiku Paembonan juga mengatakan kepada pimpinan-pimpinan SKPD, tokoh masyarakat , pemilik objek wisata bahwa kita harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut hal baik ini.

"Contohnya di Ke'te Kesu, nantinya harus ada yang Tokoh Adat dan juga penari Toraja yang menyambut mereka, sedangkan untuk di Kalimbuang Bori', kita masukkan kerbau pilihan. Tentu saja kita harus menciptakan 
suasana yang nantinya bisa menjadi kenangan bagi mereka," ujarnya.

"Untuk masalah kesiapan, tentu sudah jauh sekali persiapannya dan sudah kita informasikan agar pelaku pariwisata dan pendukung pariwisata seperti hotel dan restoran untuk sungguh-sungguh menyiapkan diri. Terlebih lagi kita sudah sangat siap untuk menjadi daerah yang aman untuk dikunjungi," imbuhnya.

Bupati Toraja Utara menegaskan bahwa Pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama berupaya menghadirkan kenyamanan, bersih, ramah dan indah di Kabupaten Toraja Utara  sehingga kemudian memberikan efek positif yang akan membangun kesadaran bersama bahwa pengembangan kepariwisataan di Toraja Utara adalah salah satu pilihan terbaik untuk melestarikan warisan budaya sebagai salah satu aset penting yang harus dijaga kelestariannya.

Author : Oscar Sibala
Photo : Amos Rapang
Editor : LPDI Diskominfo Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 406

Kemarin 451

Minggu ini 1310

Bulan ini 6430

Total 628770