Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Tallunglipu || Pemerintah Daerah Toraja Utara melalui Dinas Bapenda, Disperindag, Dinas Perindustrian, Dinas Satpol PP dan Damkar bersama Anggota DPRD Komisi II mengunjungi dan melakukan pertemuan dengan para pedagang kerbau di Pasar Hewan Bolu, Rabu (28/02/2018) pagi.

Pertemuan tersebut dalam rangka melihat langsung kondisi terkini yang ada di Pasar Hewan Bolu serta menyerap aspirasi para pedagang kerbau sehingga keberadaan Pasar Hewan tersebut dapat berkontribusi optimal pada perekonomian  masyarakat dan daerah serta sektor-sektor lainnya.

Kepala Dinas Badan Pendapatan Daerah, Magdalena S. Layukallo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pasar hewan merupakan salah satu objek wisata di Toraja Utara. Untuk itu penting untuk menjaga kebersihan.

"Kami hari ini datang untuk menyerap aspirasi pedagang kerbau disini karena kita akan menata pasar hewan menjadi lebih baik serta menjadikan pasar hewan lebih dapat menarik bagi wisatawan. Selanjutnya, saya menyarankan agar teman-teman pedagang kerbau membuat asosiasi agar mudah menyalurkan aspirasinya," ungkapnya.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan pendataan pemilik kerbau. Pendataan tersebut untuk memudahkan pendataan pendapatan daerah kita, demi kesejahteraan masyarakat Toraja Utara. Kami mohon kerja samanya sehingga transparansi data sesuai dengan fakta dilapangan. Kami juga mengingatkan kembali agar para pedagang kerbau menjalankan kewajibannya tertib membayar retribusi," tambahnya.

Ketua Komisi II, Semuel Dedi Rantepasang juga turut menuturkan bahwa Pasar Hewan menjadi salah satu destinasi wisata yang ada, oleh sebab itu perlu penataan pasar hewan agar wisatawan lebih tertarik lagi.

"Untuk itu, sebagai wakil rakyat, kami siap menampung aspirasi para pedagang kerbau yang hadir saat ini untuk dibahas lebih lanjut dan tetap akan kami perjuangkan. Selain itu, menghimbau kepada kita semua, agar kebersihan tetap menjadi hal utama yang patut dipelihara," imbuhnya.

"Retribusi tetap akan dibayarkan, tetapi bagaimana bagi kami yang sudah membayar untuk satu tahun, tetapi tetap ditagih untuk retribusi harian. Untuk permasalahan kebersihan merupakan tanggung jawab kita bersama, bukan hanya dibebankan kepada kami para pedagang kerbau," ungkap Pong Raya, salah satu pedagang kerbau.

"Selain itu, saat ini kami kekurangan lahan untuk penampungan limbah kotoran hewan. Kami mohon khusus agar diadakan sekali dalam seminggu. Permasalahan yang lainnya ialah bagaimana tindak lanjut pemerintah kepada para pedagang kerbau dari daerah lain," imbuhnya.

Hasil pertemuan tersebut akan dibahas lagi dalam pertemuan berikutnya didalam pertemuan antara perwakilan pedagang kerbau, Anggota DPRD Komisi II dan Dinas Terkait.

Author : Gabriel
Phota : Ady Nerium
Editor : LPID Diskominfo Toraja Utara

 

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 16

Kemarin 611

Minggu ini 1381

Bulan ini 9456

Total 631796