Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao||Pengurus Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Toraja Utara resmi dilantik pada hari Sabtu kemarin, 17 Maret 2018. Pengurus FAJI Toraja Utara dilantik langsung oleh Wakil Sekretaris Umum Provinsi Sulsel, Ahmadi, S.Pd, M.Pd,.

Pada sambutan di kegiatan tersebut, Wakil Sekretaris Umum FAJI Provinsi Sulsel, Ahmadi, S.Pd, M.Pd selain mengapresisi inisiatif pembentukan FAJI di Toraja Utara ia juga menjelaskan tipikal sungai di Toraja sangat cocok untuk berkembangnya olahraga Arung Jeram.

"FAJI di Sulsel berdiri sejak tahun 2006. Saya mewakili pengurus FAJI Provinsi memberikan apresiasi yang tinggi kepada FAJI Kab. Torut, yang berinisiatif membentuk FAJI di Sulsel. Untuk pembentukan FAJI di Kabupaten, menjadi 6 Pengurus FAJI. Kawasan Arung Jeram di Toraja Utara sangat memadai, dengan adanya Sungai Saddang, Olahraga Arung jeram di sini dapat berkembang dengan baik".

"Selain itu, kami akan memperjuangkan di PRA PORDA nanti, Toraja Utara akan menjadi tuan rumah penyelenggara Olahraga Arung Jeram",tambahnya.

Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si yang juga berkesempatan hadir di kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi atas terbentuknya FAJI Kab. Toraja Utara sebagai catatan sejarah baru di Kab. Toraja Utara yang diharapkan juga dapat turut berperan dalam pengembangan kepariwisataan dan pelestariaan lingkungan di Toraja Utara.

"Kehadiran Federasi Arung Jeram Indonesia Kab. Toraja Utara membuka sejarah baru, untuk pertama kalinya FAJI terbentuk di Toraja Utara. Olahraga Arung Jeram ini dapat menjadi salah satu item unggulan untuk Sport Tourism yaitu Objek Wisata Olahraga". Ungkap Bupati.

"Jika kedepannya olah raga Arung Jeram berkembang dan dilaksanakan secara rutin, maka akan memotivasi kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai. Selain itu, diharapkan dengan adanya FAJI, Keindahan Sungai Saddang dapat terjaga dengan baik. Yang perlu dilakukan sekarang adalah bagaimana mengontrol pengorganisasian, perlu agenda tetap khusus menjaga kebersihan lingkungan kita di sekitar sungai sa’dan dan sungai maiting ", kuncinya.

Sementara itu, Ketua FAJI Kab. Toraja Utara yang baru dilantik, Yosia Rinto Kadang, ST menyampaikan keberadaan FAJI tidak hanya berperan sebagai organisasi yang bergelut di bidang olahraga namun juga akan turut memberikan andil pada pelestarian lingkungan di daerah aliran sungai yang ada di Toraja Utara.

"Saya menegaskan bahwa FAJI Toraja Utara bukan hanya sekedar ajang Olahraga, tetapi kita dituntut untuk menjaga kondisi alam kita, kebersihan Sungai Saddang akan kita tingkatkan dan jaga bersama, sehingga kedepannya di Toraja Utara dapat melahirkan atlet-atlet Arung Jeram yang berprestasi".

Adapun susunan Pengurus FAJI Kabupaten Toraja Utara yang dilantik untuk periode 2017-2021 sebagai berikut:

PELINDUNG :
- Bupati Toraja Utara
- KONI Kabupaten Toraja Utara
- Ka. Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toraja Utara
- Ka. Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara

PENASEHAT :
- Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara
- M.S Rantepasang
- Ka. BPBD Toraja Utara
- Ka. Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Kab. Toraja Utara
- Ka. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Toraja Utara

PENGAWAS :
- Yermia T.M. Marewa, SE., M.Si
- Michael Tonapa

PENGURUS :
- Ketua Umum : Yosia Rinto Kadang, ST
- Ketua Harian : Agustinus Lamba’
- Wakil Ketua : Drs. Fitra, M. Adm. pemb
- Sekretaris : Arrang, SE
- Wakil Sekretaris : Pardi
- Bendahara : David Pangala Toding
- Wakil Bendahara : Arlin Sarung Allo

Author/Photo : Gabriel
Editor : LPDI Diskominfo SP Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 196

Kemarin 392

Minggu ini 2486

Bulan ini 4752

Total 627092