Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Tallunglipu || Perhatian yang diberikan pemerintah terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia. Selain berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), UMKM juga mampu menjadi solusi terhadap permasalahan pengangguran dan kemiskinan. Data Kemenkop UKM menyebutkan dalam 5 tahun terakhir serapan tenaga kerja melalui sektor UMKM mencapai 97,22%. Kontribusi tersebut tentunya mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang semakin sehat.  
 
Kontribusi UMKM yang signifikan tersebut, tentunya perlu disikapi oleh para pengambil kebijakan, dalam hal ini Pemerintah daerah untuk memberikan porsi perhatian yang besar pada pertumbuhan UMKM di daerah. Beberapa hal yang dapat dilakukan pemerintah daerah untuk mendorong tumbuhnya UMKM yaitu mengeluarkan kebijakan yang mendukung pemberdayaan UMKM yang menciptakan iklim usaha yang sehat, kondusif dan kompetitif seperti perizinan, pembinaan dan pengembangan usaha mikro.    
 
Pemerintah Kabupaten Toraja Utara yang menyadari bahwa Kabupaten Toraja Utara memiliki potensi strategis bagi tumbuh kembangnya UMKM juga terus melakukan berbagai upaya khususnya dalam memberikan pembinaan bagi usaha kecil dan menengah sehingga dapat bertumbuh dan bersaing dalam dunia usaha. 
 
Untuk itu, Pemkab Toraja Utara melalui Disperinkop UMKM pada hari Rabu, (21/032018) melaksanakan Sosialisasi dan Pembinaan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) sebagai langkah mempercepat capaian pelaksanaan program IUMK baik kualitas maupun kuantitas dan untuk penguatan kapasitas pendamping IUMK di Kabupaten Toraja Utara.
 
 
Kansya Khristina Tandilino selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan tersebut, saat diwawancarai oleh tim peliput Diskominfo mennyampaikan bahwa sasaran utama kegiatan tersebut ialah para pelaku UMKM di Toraja Utara dan juga para pengambil kebijakan agar lebih memahami prosedur dan keuntungan dari IUMK bagi para pelaku UMKN sehingga dapat diperoleh kesamaan persepsi untuk memberdayakan UMKM sebagai basis ekonomi strategis di Kabupaten Toraja Utara.
 
"Kegiatan sosialisasi ini di tujukan pada para pelaku usaha mikro kecil khususnya bidang salon dan guru-guru olahraga lingkup Toraja Utara" ungkapnya.
 
"setelah sosialisasi hari ini, mulai besok akan dilaksanakan pelatihan kewirausahaan bagi para pelaku usaha mikro di bidang salon dan di hari berikutnya akan dilaksanakan hal yang sama bagi para guru olahraga" tambahnya.
 
IUMK pada dasarnya merupakan simplifikasi izin bagi para pelaku UMKM dalam bentuk 1 lembar yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah melalui pelimpahan wewenang kepada Camat/Lurah/Kepala Desa untuk menerbitkan IUMK. Dengan IUMK para pelaku usaha dapat memiliki kepastian hukum dalam menggerakkan dan mengembangkan UMKMnya dengan lebih mudah. Penetapan IUMK sendiri berpijak pada Peraturan Presiden No. 98 Tahun 2014 tentang Perizinan Usaha Mikro dan Kecil. 
 
Author: Martinus, Fotografer: Amos Rapang
Editor: LPDI DiskominfoSP Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 221

Kemarin 392

Minggu ini 2511

Bulan ini 4777

Total 627117