Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 
Rantepao || Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, ST memimpin rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Toraja Utara, Tahun Anggaran 2018 yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bappeda Toraja Utara, Jumat, 20 April 2018.
 
Wabup dalam rakor tersebut mengungkapkan, salah satu masalah mendasar dalam menanggulangi kemiskinan di Toraja Utara adalah ketersediaan serta validitas data basis kemiskinan. Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi pemetaan serta sebaran bantuan maupun intervensi pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan yang tepat sasaran
 
"Baru 6 ( Enam) Kecamatan yang telah saya kunjungi, semua data pribadi di KTP rata-rata berstatus Wiraswasta, sehingga bantuan-bantuan sosial dari Pemerintah Pusat tidak bisa dicairkan", ungkap Wakil Bupati Torut, Yosia Rinto Kadang, ST.
 
Ia juga menambahkan, paradigma solusi pengentasan kemiskinan sudah semestinya difokuskan pada pemberdayaan masyarakat, meningkatkan kualitas untuk membangun ketahanan dan kemandirian masyarakat untuk mensejahterakan dirinya, yang salah satunya dapat melalui penggalakan proyek padat karya.
 
"Untuk memberantas Kemiskinan di Toraja Utara, seharusnya melakukan pendekatan langsung, khususnya dalam menjalankan program yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat, sehingga membantu pendapatan masyarakat", tambahnya.
 
Pemerintah daerah, dalam hal ini TKPK harus memperkuat instrumen pokok yang dibutuhkan yaitu Data Basis Terpadu yang akurat. Untuk itu dibutuhkan koordinasi yang baik semua pihak agar data basis yang dimiliki adalah data-data yang telah melalui proses verifikasi sehingga bantuan-bantuan yang disalurkan kepada masyarakat dalam upaya pengentasan kemiskinan dapat dipertanggungjawabkan dan tepat sasaran.
 
"Untuk Tim ini, Saya tegaskan agar sering-sering turun lapangan, agar mengetahui kondisi nyata masyarakat. Banyak yang saya temui data-data penerimaan bantuan sosial tidak tepat sasaran. Untuk itu, pendataan ulang harus dilakukan serta kerja sama dan koordinasi di Tim penanggulangan kemiskinan harus ditingkatkan", kuncinya.
 
Senada dengan Wakil Bupati Toraja Utara, Kepala Bappeda, Daniel Tandi mengungkapkan permasalahan ketersediaan data basis yang valid akan menjadi prioritas TKPK. Selain itu TKPK akan berupaya mensinergikan semua program pembangunan pemerintah untuk dapat lebih banyak melibatkan partisipasi masyarakat yang akan mengerakkan pertumbuhan ekonomi lokal.
 
"Sesuai dengan arahan Wakil Bupati Toraja Utara, di tahun ini kita konsentrasi dalam melaksanakan pendataan yang real, sehingga bantuan-bantuan sosial dapat tepat sasaran. Selain data yang harus disinkronkan dengan situasi di masyarakat, tim juga akan memberdayakan masyarakat didalm program-program nantinya, sehingga target kita ditahun 2019, Kemiskinan di Toraja Utara dapat berkurang 1%".
 
Selain dihadiri oleh semua OPD Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, dalam rakor ini juga dihadiri oleh perwakilan Badan Pusat Statistik Toraja Utara dan Bank Sulsel.
 
Author & Foto: Gabriel
Editor: LPDI DiskominfoSP
 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 190

Kemarin 392

Minggu ini 2480

Bulan ini 4746

Total 627086