Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

Rantepao ||Untuk memeriahkan Peringatan Hari Kartini ke-139 sekaligus menunjukkan eksistensi peran Wanita dalam pembangunan, TP-PKK bersama gabungan organisasi wanita dan didukung oleh Dinas P3AP2KB Toraja Utara mengelar Pameran Busana Toraja di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara, Sabtu, (21/04/2018).

Kegiatan Pagelaran Busana yang juga dihadiri oleh Bupati Toraja Utara ini, diikuti oleh pengurus TP PKK Kabupaten dan Kecamatan, Gabungan Organisasi Wanita dan juga para kepala OPD wanita di lingkup Pemerintah Kabupaten Toraja Utara.

Ibu R.A. Kartini merupakan role model wanita Indonesia yang tangguh memperjuangkan hak - hak kesetaraan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat sehingga keberadaan perempuan dalam pembangunan makin strategis dan diperhitungkan yang setara dengan kaum laki-laki. Oleh karena itu, semangat yang telah ditunjukkan oleh R. A. Kartini senantiasa dapat menjadi motivasi bagi kaum wanita untuk menunjukkan dirinya sebagai citra keluhuran bangsa. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Toraja Utara, Ny. Linda Sumilat dalam sambutannya didepan peserta yang hadir.  

"Hari Kartini senantiasa kita peringati setiap tahun, namun hendaknya janganlah pada saat peringatan ini saja kita menampilkan hasil karya dan cipta kaum wanita. Namun lebih daripada itu, mudah-mudahan setiap masa, wanita Indonesia tetap berjuang dan tetap bercitra sebagai bangsa yang harum namanya," jelas Ketua TP PKK.

Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si yang juga selaku Dewan Pembina PKK Kabupaten Toraja Utara pada kesempatannya memberikan sambutan mengatakan, pemerintah membuka kesempatan dan peluang yang sebesar-besarnya kepada semua masyarakat dan kalangan, termasuk gender untuk mengambil peran aktif dalam pembangunan dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bersama. Salah satu bentuk partisipasi kaum wanita dalam pembangunan yaitu melalui pelestarian budaya lokal. Pentingnya pelestarian budaya tidak hanya berdampak pada terpeliharanya nilai-nilai itu budaya lokal yang dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya, namun juga dapat bernilai ekonomis yang dapat dikembangkan oleh masyarakat khususnya oleh kaum wanita.

 "Selain itu, kita harus fokus pada bagaimana memberdayakan wanita-wanita itu. Kita harus banyak meningkatkan atau mengarahkan kegiatan itu ke arah kegiatan ekonomi. Bagaimana ibu-ibu itu bisa mendorong kegiatan ekonomi rakyat kita dan sebelum menerapkan itu, kita harus diberdayakan dengan diberikan kemampuan dan ketrampilan," pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, seluruh yang hadir menggunakan pakaian tenun Toraja. Pagelaran Busana Toraja juga dilibatkan dalam kegiatan ini. Dimana yang hadir mengikuti lomba pagelaran busana, sementara yang menjadi juri dalam lomba busana Toraja tersebut adalah, Sekretaris TP PKK Toraja Utara Jeni Sakka, RunnerUp Putri Pariwisata Indonesia Sulsel 2017 Deby Astuti Langngan, Putri Karang Taruna 2017 serta Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Toraja - AMAN TORAYA Romba'Marannu Sombolinggi.

 

Kegiatan yang mengusung tema: "Dengan Semangat Kartini Kita Lestarikan Budaya Melalui Pemberdayaan Masyarakat", turut dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Toraja Utara Eva Stevani Rataba, Putri Pariwisata Sulawesi Selatan 2018 dan Putri Pariwisata Cilik Sulawesi Selatan 2018.

Author/Photo : Swita Turalaki 
Editor : LPDI DiskominfoSP Toraja Utara
 
 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 240

Kemarin 392

Minggu ini 2530

Bulan ini 4796

Total 627136