Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Lembang (DPML) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Toraja Utara mengadakan Sosialisasi Pendataan Potensi Desa di Ruang Pola kantor Bupati Toraja Utara, Jumat (04/05/2018).

Podes merupakan salah satu kegiatan pengumpulan dan atau perekaman basis data wilayah administrasi yang cakupannya hingga ke tingkatan desa. Pentingnya kegiatan Podes yang dilaksanakan 3 kali dalam 10 tahun ini bagi pemerintah yaitu mengetahui sekaligus sebagai bahan evaluasi keberhasilan arah kebijakan serta program pemerintah khususnya kebijakan pembangunan dan pemberdayaan  pedesaan dengan mendata ketersediaan dan perkembangan potensi sarana dan prasarana sosial, ekonomi, budaya, dan unsur lain di desa/kelurahan.    

Penjabat Sekda Toraja Utara Rede Roni Bare yang membuka kegiatan Sosialisasi Podes tersebut menyampaikan, oleh karena pentingnya ketersediaan data real dan valid bagi Pemerintah dalam pelaksanaan dan analisis pembangunan maka diharapkan semua lini pemerintahan, dari tingkat Kecamatan hingga Lembang/Kelurahan dapat bekerjasama dengan pihak BPS memberikan data yang faktual dan akurat yang terkait dengan potensi wilayahnya sehingga kita dapat memiliki basis data yang akurat dan faktual.

"Pendataan Potensi Desa ini harus kita sukseskan bersama. Jadi saya menghimbau kepada Camat, Lurah dan Lembang agar memberikan data yang Valid kepada anggota BPS dalam pelaksanaannya nanti dan yang paling penting ialah data penduduk di daerah kita harus Valid, sehingga Camat, Lurah, dan Lembang harus bekerja sama dan langsung turun lapangan dalam pendataan penduduk," jelasnya.

Untuk itu, lanjut Rede Roni kegiatan Pendataan Podes ini dapat menjadi titik tolak perubahan paradigma pemerintah daerah pada semua tingkatan untuk dapat memiliki basis data yang akurat dan faktual dalam mendukung perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang efektif dan efisien bagi kesejahteraan masyarakat Toraja Utara.

"Data lahan pertanian pun sampai sekarang tidak akurat serta data aset-aset kita harus didata pula. Saya ingin agar kita menjadikan hal ini sebagaj kesempatan emas bagi kita dalam mengumpulkan data yang valid agar mempermudah kita dalam pembangunan di daerah kita," tambahnya.

Pendataan Podes Tahun 2018 ini akan dilaksanakan secara serempak disemua wilayah administrasi setingkat desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota yang dimulai pada 2 hingga 31 Mei 2018.

Pada kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Ka. BPS Toraja Utara Joni Matasik yang membawakan materi sosialisasi Podes, juga Ka. Bappeda Daniel Tandi. Asisten Perekonomian serta Pembangunan Simon Pongsisonda, Kadis DPML Rita Rasinan. Peserta sosialisasi ini terdiri dari para Camat, Lurah, Kepala Lembang, serta para Pendamping desa se-Toraja Utara.

Author/Photo : Gabriel
Editor : LPDI DiskominfoSP Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 207

Kemarin 392

Minggu ini 2497

Bulan ini 4763

Total 627103