Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

Tallunglipu || Pasar Hewan Bolu yang terletak di Kecamatan Tallunglipu selama ini dikenal sebagai salah satu ikon Toraja Utara yang merupakan pusat perdagangan hewan, khususnya hewan kerbau. Selain sebagai tempat transaksi perdagangan hewan kerbau dan beberapa jenis ternak lainnya, dengan luas site sekitar 1 hektar Pasar Hewan Bolu juga telah menjadi salah satu objek wisata menarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang menawarkan proses bisnis perdagangan tradisional hewan kerbau yang telah dilakukan menurut budaya Toraja secara turun-temurun.

Sebagai aset penting daerah yang telah mampu memberikan kontribusi besar pada penggerakan perekonomian rakyat dan pendapatan asli daerah, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara terus berupaya melakukan berbagai pembenahan dan penataan serta peningkatan sarana dan prasarana di Pasar Hewan Bolu ini. Hal ini akan terus diupayakan oleh Pemda serta pihak terkait lainnya mengingat peran Pasar tradisional ini memiliki peran penting dalam kehidupan budaya, sosial dan ekonomi masyarakat Toraja dan mampu berkembang memberikan pengaruh positif pada sektor lainnya sehingga Pemda dalam hal secara serius dan bertahap untuk meningkatkan kualitas Pasar Hewan Bolu ini.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Dinas Pertanian Toraja Utara, Daud Pongsapan saat melihat langsung kegiatan pembersihan Pasar Hewan Bolu, Selasa (16/05) yang dilaksanakan bersama OPD terkait yaitu Dinas PU, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang, Disbudpar, Disperindakop, BPBD, Bapenda, Dinas Satpol-PP dan Damkar, Camat serta para Lurah di wilayah Kecamatan Tallunglipu.

Terkait kegiatan pembersihan Pasar Hewan Bolu tersebut, Daud Pongsapan mengatakan bahwa pembersihan selama 3 hari ini merupakan bagian penataan site pasar hewan Bolu sebagai salah satu objek wisata yang menjadi perhatian Pemda. Dengan pembersihan lingkungan area Pasar Hewan Bolu ini diharapkan dapat menghadirkan suasana yang lebih nyaman dan bersih bagi para pedagang dan pembeli serta para pengunjung/wisatawan yang datang.

"Kegiatan membersihkan pasar hewan ini berlangsung selama tiga (3) hari dari 16-18 Mei 2018. Kegiatan pembersihan ini merupakan kerja sama antara OPD-OD terkait, tanpa membebankan anggaran daerah. Kegiatan pembersihan pasar hewan ini dalam rangka persiapan kunjungan wisata IMF, dimana Pasar hewan ini masuk menjadi salah satu objek wisata yang akan dikunjungi".

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kapolsek Rantepao, Kompol Baharuddin R yang juga turut terlibat dalam kegiatan tersebut. Ia mengatakan Instansi Kepolisian mendukung penuh kegiatan ini sebagai bagain social responsibility institusi kepolisian. Ia berharap melakuki kegiatan lintas sektoral ini dapat menggerakkan kesadaran masyarakat, khsususnya para penerima manfaat pasar untuk ikut bertanggungjawab menciptakan lingkungan pasar yang rapi dan bersih.  

"Kami sangat mendukung kegiatan pembersihan pasar hewan ini. melalui kesempatan kali ini, saya mengharapkan agar kegiatan membersihkan pasar hewan ini berlangsung secara continue, bukan hanya hari ini saja. Selain itu, pentingnya kesadaran masyarakat, khususnya para pedagang ternak agar membersihkan lingkungannya terutama sisa-sisa makanan ternak". jelas Kapolsek Rantepao.

Sementara itu di tempat yang sama Danramil 02 Rantepao, Kap. Inf. Daniel mengungkapkan, Menciptakan lingkungan yang bersih bukan hanya menjadi tanggung jawab namun harus menjadi tanggung jawab bersama semua pihak. Untuk itu, Pemda dan masyarakat serta semua pihak terkait perlu membangkitkan kembali kegiatan-kegiatan berbasis partisipasi masyarakat untuk menciptakan lingkungan pasar yang bersih.

"kegiatan membersihkan Pasar Hewan ini kami dukung penuh, karena pasar hewan ini merupakan salah satu aset penting pemerintah daerah, khususnya sebagai salah satu objek wisata. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kepada pemda dan masyarakat pedagang disini dapat mengaktifkan kegiatan jum'at bersih, selain itu kesadaran para pedagang ternak dalam menjaga kebersihan harus ditingkatkan", ungkapnya.

Author & Photo : Gabriel Steven
Editor : LPDI Diskominfo.SP

 

   
 
 
 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 240

Kemarin 392

Minggu ini 2530

Bulan ini 4796

Total 627136