Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Kunker

Tondon || Secara umum sektor infrastruktur, sarana prasarana fasilitas publik, dan sektor pertanian masih menjadi catatan penting yang disampaikan masyarakat di Kecamatan Tondon kepada Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang pada lanjutan rangkaian kunjungan kerja Wabup di Kecamatan Tondon, Senin, (21/5).
 
Pada kunjungan kerja ke Kecamatan Tondon tersebut, Selain memantau langsung pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah dan kondisi terakhir pembangunan, Wabup juga mengadakan pertemuan dengan para pemangku kebijakan di Kecamatan dan Lembang serta para tokoh masyarakat yang ada untuk menampung setiap masukan serta aspirasi masyarakat kecamatan Tondon.
 
 
Dari kunjungan tersebut didapati bahwa masyarakat di 5 lembang yang ada secara umum masih sangat membutuhkan peningkatan pembangunan infrastruktur yang terkait sarana prasaranan publik yang belum terealisasi serta masalah dukungan pemerintah di sektor pertanian.
 
Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Lembang Tondon Matallo kepada Wabup. Ia menyampaikan kondisi infrastrukur jalan yang sudah sangat membutuhkan perbaikan telah berkali-kali diusulkan namun hingga saat ini dari pemda belum ada realisasi perbaikan jalan di wilayahnya. Selain itu ia juga mengungkapkan kurangnya bantuan pemerintah disektor pertanian di wilayah mereka. 
 
"dibidang Infrastruktur yang menjadi prioritas kami dibutuhkan perbaikan jalan yang tidak bisa dibiayai oleh anggaran desa, dikarenakan biaya anggarannya besar, proposal usulan ini sudah lama kami usulkan, tetapi yang kami dapatkan hanya janji-janji. Selain itu, lembang kami tidak pernah mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian, walaupun dilembang kami mempunyai kelompok tani," ungkapnya.
 
Demikian juga yang dihadapi oleh masyarakat di Lembang Tondon Siba'ta, Perwakilan dari Lembang tersebut mempertanyakan tindak lanjut pemda terhadap penyuluhan dan pembinaan yang telah dilakukan terkait program membangkitkan kembali produksi sektor pertanian Toraja Utara.
 
"kami mengharapkan adanya tindak lanjut dari Pemda didalam penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat didalam menggiatkan kembali etos kerja masyatakat, khususnya dibidang pertanian. Selain itu, kami sangat membutuhkan hand tracktor. terakhir yaitu, bantuan pembenahan Lapangan Sepak Bola Kollo".
 
Kunker
Sementara itu, Nek Bulo, salah satu tokoh masyarakat menyampaikan kepada Wabup perlunya Pemda mengkaji kembali kebijakan penyaluran alokasi dana stimulan ke kecamatan-kecamatan. Menurutnya penyaluran dana stimulan yang tepat dan berkeadilan akan memberikan dampak pada pembangunan di kecamatan tersebut. Selain itu ia menambahkan sebaran guru-guru harus memperhatikan skala kebutuhan dan efektifitasnya sehingga semua wilayah dapat memperoleh pelayanan pendidikan yang memadai.
 
"Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Wakil Bupati Toraja Utara yang baru kali ini adanya pertemuan dengan masyarakat dengan suasana penuh kekeluargaan. melalui kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan bahwa perlunya keadilan pembagian dana stimulan dikecamatan-kecamatan, serta mutasi-mutasi tenaga guru wajib diperhatikan, jika perlu sesuai dengan tempat tinggalnya, sehingga memudahkan tenaga guru dalam melaksanakan tugasnya," jelasnya.
 
Dalam kunjungan kerjanya ke Kecamatan Tondon, Wabup turut didampingi oleh Camat Tondon, Amos H. Pattola, Kepala Lembang se-Kec. Tondon, dan juga Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Andarias Sandabunga, serta Kepala Dinas Perikanan, Medan Sandabunga.
 
Author & Photo : Gabriel Steven
Editor : LPDI Diskominfo.SP Toraja Utara 

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 205

Kemarin 392

Minggu ini 2495

Bulan ini 4761

Total 627101