Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Firal torut

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di era digital saat ini menciptakan ruang terbuka bagi semua orang untuk memperoleh dan memproduksi informasi serta berkomunikasi secara luas dengan mempersempit kendala kesenjangan ruang dan waktu. Perkembangan TIK yang hampir telah digunakan oleh semua lapisan masyarakat saat ini juga telah menciptakan tantangan tersendiri yang mau tidak mau harus diimbangi dengan kearifan dan kecerdasan dalam penguasan TIK untuk tujuan-tujuan positif.   
 
Semakin banyaknya pengguna internet di satu sisi akan membawa banyak kemudahan dan efisiensi serta membuka peluang untuk mengaktualisasi gagasan secara kreatif, saling mendukung, pemasaran yang lebih luas, serta informasi dan pengetahuan yang semakin mudah dan murah didapatkan. Namun di sisi lain masyarakat  juga menghadapi  tantangan  besar akibat dampak negatif yang dapat ditimbulkan antara lain pornografi, radikalisme, hoax, ujaran kebencian, dll. 
 
Kabupaten Toraja Utara merupakan daerah pariwisata dan penghasil kopi serta kerajinan yang sudah lama dikenal baik di dalam dan luar negeri. Namun demikian sampai saat ini potensi besar yang dimiliki tersebut masih memerlukan pengelolaan dan pengembangan secara terus menerus dengan mengoptimalkan pemanfaatan berbagai sumber daya yang ada termasuk pemanfaatan kemajuan TIK untuk mendorong laju pertumbuhan pembangunan khususnya di sektor ekonomi, SDM, sosial dan budaya yang akan memberikan dampak langsung pada kesejahteraan.  
 
Kontribusi sektor pariwisata, perkebunan & UMKM masih sangat potensial dan harus terus dikembangkan bagi peningkatan perekonomian masyarakat Toraja Utara dengan membuka alternatif dan strategi berbasis promotif yang lebih efektif, efisien dan massif sesuai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Selain masalah kesejahteraan,  kerawanan sosial dalam hal pergaulan remaja di Toraja perlu mendapatkan perhatian secara aktif dari semua pihak dengan cara yang tepat. 
 
Berkenaan dengan itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Toraja Utara, “Kelompok Tumbuh Bersama” (KTB) Toraja, Komunitas “Kebaya, Kopi dan Buku” (KKB), Lembaga Pengembangan Ekonomi Rakyat (LPER), dan sejumlah komunitas lainnya menyelenggarakan Festival Literasi Digital di Toraja Utara 2018 bertema #CerdasDiEraDigital.  Festival ini terdiri dari beberapa kelas Lokakarya/Training of Trainers (TOT), pembentukan Relawan TIK Toraja Utara, Bazar, Lomba  dan Gelar Wicara/Talk Show yang bertujuan memberi gambar besar bagaimana menjadi anggota masyarakat yang cerdas sebagai pelaku maupun pengguna teknologi digital.
 
Adapun tujuan dari Festival Literasi Digital ini dilaksanakan adalah, untuk:
Memberikan kontribusi dalam pembentukan karakter masyarakat yang cerdas dan bijak bersosial media.
 
Mendorong pemuda dan masyarakat Toraja untuk berpikir kreatif, positif dan berani  menciptakan lapangan kerja dengan memanfaatkan  kemajuan TIK.
 
Mendorong Pemda untuk memanfaatkan TIK untuk pengembangan kapasitas masyarakat baik dalam hal pembinaan mental, advokasi masalah sosial  maupun peningkatan perekonomian.
 
Membentuk Relawan TIK Toraja Utara  sebagai pegiat literasi digital yang merupakan bagian dari masyarakat setempat. Sehingga literasi digital di Toraja Utara dapat menjadi tren sosial yang positif dan bergerak secara berkesinambungan.
 
Membantu perkebunan, UMKM dan pariwisata Toraja supaya mampu memanfaatkan TIK untuk mengoptimalkan komunikasi, pengelolaan, distribusi dan pemasaran daring yang dapat diakses secara luas oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Toraja
 
Festival akan berlangsung pada hari Jumat dan Sabtu, 27-28 Juli 2018.  Hari pertama akan diadakan di dua lokasi yaitu di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara & Gedung Serbaguna Jemaat Rantepao dengan acara berupa lima jenis Lokakarya berjudul: UMKM Go Online dan Teknik Dasar Foto produk UMKM, Kiat Infografis Keren, Teknik Membuat Vlog , Membuat Web Mudah untuk Pemasaran dan Lokakarya Relawan TIK. Output langsung dari Lokakarya adalah terbentuknya 25 orang Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) yang akan bermitra dengan Pemerintah Daerah Toraja Utara dalam melakukan literasi digital secara berkesinambungan di Toraja Utara dan sekitarnya. Relawan RTIK ini akan dilantik pada saat pembukaan Lokakarya oleh Bupati Toraja Utara Bapak DR. Kalatiku Paembonan, M.Si. 
 
Sementara untuk hari kedua, Sabtu, 28 Juli 2018 akan berlangsung di Gedung Pemuda Van de Loostreect, Rantepao yang rencanya akan diikuti sebanyak 500 peserta. Acara akan dibuka dengan keynote speech Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Ibu Dra. Farida Dwi Cahyarini dengan tema: “Cerdas di Era Digital”. Sedang untuk gelar wicara akan digelar 2 sesi yakni sesi pertama menghadirkan: DR. Henriette Lebang (Ketua Umum Persekutuan Gereja Gereja di Indonesia), DR. Dedy Permadi (Ketua Umum Siberkreasi), Rekson Silaban (Komisaris BPJSTK), dan Gubernur terpilih Sulsel Prof. DR. Nurdin Abdullah* (dalam konfirmasi) dengan moderator : Edward Tanari. Pada sesi I kita akan diskusi antara lain tentang sedang sesi berjudul “Fact Checker” akan dibawakan oleh  Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) dengan moderator  Fitra Rusdy. Di sesi kedua peserta akan dibekali pengetahuan mengenali karakteristik berita hoax. Acara juga akan dimeriahkan dengan bazar, lomba foto pariwisata/produk UMKM dan  lomba konten positif saat kegiatan berlangsung. 
 
Festival Literasi Digital ini terbuka untuk umum, para orangtua, Perguruan Tinggi, Sekolah, Lembaga Keagamaan, UMKM, Pemuda, dan Babinsa. Hari pertama akan dihadiri oleh 120 orang peserta Lokakarya dan hari kedua 500 orang peserta Gelar Wicara yang bisa mendaftar secara online di: atau mengisi formulir manual yang dapat di peroleh melalui Diskominfo SP Toraja Utara.
 
#FestivalLiterasiDigitalTorajaUtara #FIRALTorajaUtara2018
#CerdasDIEraDigital #LiterasiDigital #TorajaUtara
 
 
KETUA PANITIA, 
 
 
 
Ir. EDWARD TANARI, M.Si
 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 215

Kemarin 392

Minggu ini 2505

Bulan ini 4771

Total 627111