Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Buntu Pepasan - Pusat Kesehatan Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan Puskesmas sebagai salah satu fasilitas layanan publik merupakan ujung tombak sekaligus tolak ukur pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan. Untuk itu, dengan mengacu pada UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan serta Perpres Nomor 72 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional, Pemerintah pusat dan daerah wajib menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu, bertanggung jawab dan tidak diskrimintif.

Terkait dengan penyelenggaran pelayanan kesehatan berbasis managemen mutu tersebut, Rabu, 21/06/2017, Pemerintah Kab. Toraja Utara yang diwakili oleh Asisten I Setda Bid. Pemerintahan, Drs. Rede Roni Bere, M.Pd, dan Kepala Dinas Kesehatan, dr. Marsiano bersama Tim Surveyor akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kemenkes melakukan kunjungan ke Puskesmas Ta'ba yang terletak di Kecamatan Buntu Pepasan.

Kunjungan Tim surveyor dari Kementerian Kesehatan RI tersebut bertujuan untuk melaksanakan pemantauan program-program kerja serta fasilitas yang ada di Puskesmas Ta'ba sebagai langkah awal serta acuan untuk mendapatkan akreditasi.

Drs. Rede Roni dalam penjelasannya mengatakan bahwa akreditasi ini merupakan kegiatan yang penting dan harus dilaksanakan oleh semua layanan publik termasuk Puskesmas, khususnya yang ada di Toraja Utara, sehingga setiap personil yang bertugas di Puskesmas dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan sepenuh hati kepada masyarakat sesuai standar pelayanan yang sudah ditetapkan.

Terkait berbagai kendala yang dihadapi Puskesmas Ta'ba, Rede Roni menyampaikan bahwa ia telah menampung permasalahan yang didapati oleh Tim Survey FKTP dan Pemerintahan daerah akan berupaya secara maksimal menindak lanjuti kendala tersebut.

"Terima kasih saya ucapkan kepada tim surveyor dari pusat yang telah bersedia hadir melakukan peninjauan di Puskesmas Ta'ba' ini. Kami telah mendengar kendala yang ada di puskesmas ini, mengenai kelengkapan dokumen lokasi seperti surat tanah, penambahan tenaga kerja, laboratorium dan lain sebagainya. Kedepannya Pemda bersama dengan Dinas Kesehatan Toraja Utara berjanji akan menindak lanjuti kendala yang dihadapi" jelasnya.

Ketua Tim Surveyor, dr. Kurnia Putra, saat diwawancarai reporter Diskominfo menjelaskan maksud kunjungan Tim untuk melihat dan memantau secara langsung program - program yang dilaksanakan Puskesmas Ta'ba selama ini dan juga kondisi sarana dan prasarana fasilitas pendukung kesehatan. Hasil survey ini kemudian menjadi rekomendasi bagi Pemerintah daerah, dinas kesehatan dan Puskesmas untuk mempersiapkan dan memenuhi kriteria-kriteria akreditasi.

"Kedatangan kami ini adalah untuk memantau program-program yang dilaksanakan di Puskesmas Ta'ba serta fasilitas yang ada. Dan saya juga sudah menyampaikan kepada Bapak Asisten 1 bersama Kepala Dinas Kesehatan apa saja yang kekurangan-kekurangan serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh puskesmas kedepannya. Termasuk didalamnya adalah dokumen inti yaitu status tanah dan bangunan, jadi saya harap ini dapat di realisasikan demi menunjang mutu dan kualitas pelayanan di Puskesmas Ta'ba' ini" ucapnya.

Sementara itu, menanggapi hasil pemantauan Tim survey FKTP, Kepala Puskesmas Ta'ba, Daniel T. Salinding, mengungkapkan bahwa apa yang didapati oleh Tim survey saat ini adalag kondisi riil yang ada di Puskesmas Ta'ba dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, untuk itu ia berharap agar Pemerintah daerah juga dapat memberikan dukungan dalam menyelesaikan kendala tersebut.

"kami berharap semoga dalam penilaian ini kita segera mendapatkan akreditasi sesuai dengan keadaan di puskesmas ini. Adapun kendala dalam hal kurangnya fasilitas dan masalah-masalah lainnya kami mohon supaya Pemda dapat memberikan bantuan dan dukungan dalam mengatasi kendala tersebut". ungkapnya.

Tiga orang Tim Surveyor yang melakukan kunjungan pemantauan di Puskesmas Ta'ba terdiri dari Surveyor Admin, dr. Kurnia Putra, Surveyor UKM, dr. Treesje Tori, dan Surveyor UKP, dr. I Made Suardiasa, MPH.

Pada kunjungan tim surveyor tersebut tampak seluruh staf pegawai Puskesmas Ta'ba termasuk yang bertugas di Pustu maupun Poskesdes hadir menerima dan mendengar arahan dari Tim Surveyor FKTP.

Laporan hasil dari pemantauan ini nantinya akan diserahkan ke Komisi Akreditasi FKTP dan selanjutnya Komisi yang akan menentukan kelulusan dari Puskesmas yang telah disurvey. Hasil penilaian akan diumumkan sekitar tiga bulan kedepan setelah berkas hasil laporan survey dikirimkan.

Reporter              : Martinus Silolongan
Foto                       : Reginald Pongsitanan
Editor                    : LPIPA Diskominfo Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 188

Kemarin 392

Minggu ini 2478

Bulan ini 4744

Total 627084