Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

kabupatenseha2t.jpg

TORAJA UTARA - Dalam rangka verifikasi Kabupaten Sehat Toraja Utara tingkat Provinsi OPD terkait yang tergabung dalam Forum Kabupaten Sehat (Forkabtus) dihimbau mempersiapkan laporan pelaksaan disertai dokumen yang diperlukan dalam menyambut tim verifikasi.

Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi (Rakor) Forkabtus di ruang rapat Kantor Bappeda Kompleks Perkantoran Bukit Marante Toraja Utara, senin 12 April 2021 dalam rangka menunggu kedatangan tim verifikasi kabupaten/kota sehat provinsi dan pusat.

Didampingi Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Ryo Ritha Pakan, Kepala Bappeda memaparkan ada sebanyak sembilan (9) lokus meliputi, "Sekolah sehat SMPN 1 Kesu', Lokus Kantor adalah Kantor Bupati Marante, Lokus Pasar Sehat adalah Pasar Rantebua,
Lokus Pariwisata Sehat adalah Mentirotiku Kec. Sesean Suloara', Lokus Perindustrian adalah Sentra Batik Toraja Lembang Rindingbatu Kec. Kesu', Lokus Sehat Mandiri adalah Kelurahan Buntu Barana' Kec. Tikala, Lokus Sosial Sehat adalah Panti Asuhan Tagari Kec. Tallunglipu, Lokus Ketahanan Pangan yaitu kelompok wanita tani (KWT) Sejahtera Lembang Angin-Angin Kec. Kesu' dan Lokus Lalu Lintas yang sehat adalah jalan lingkar", papar Kepala Bappeda Aris Mantong.

Sekretaris Forum Kabupaten Sehat, Ryo Ritha Pakan mengatakan "setiap dinas yang berpartisipasi memberikan harap memberikan laporan sesuai lokus berdasarkan data untuk antisipasi apabila diberi pertanyaan oleh verifikator nantinya. Selain itu yang akan membuat di tingkat kecamatan ialah Forum Komunikasi Kecamatan (Forkom) dan Kelompok Kerja (Pokja) didampingi Camat bukan pihak kecamatan yang membuat laporan tetapi menjadi pendamping saja", ucap Ryo Ritha Pakan

Lanjutnya "diharap laporan yang seharusnya sudah rampung tahun ini akan dirampungkan segera mungkin dan di awal bulan april 2021 diharap kita akan segera diverifikasi oleh Tim Verifikasi dari Provinsi, meskipun terlambat akibat situasi dan kondisi akibat pandemi covid 19 tapi kita akan totalitas merampungkan dokumen yang ada sebelum verifikasi dilaksanakan", tambah Sekretaris Forkabtus Toraja Utara.

Pantauan media kegiatan itu dihadiri sejumlah kepala OPD, Camat dan stakeholder terkait lingkup Pemkab Toraja Utara.

Reporter : Basry

 

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 41

Kemarin 245

Minggu ini 1092

Bulan ini 3866

Total 390220