Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

kunjunganwalimanado.jpg

Toraja Utara - Plh Bupati Kabupaten Toraja Utara Drs. Rede Roni Bare, M.Pd Bersama jajaran pemerintah kabupaten Toraja Utara, menerima kunjungan Wali Kota Manado Dr. lr. G. S. Vicky Lumentut, SH., M.Si, DEA, Bersama rombongan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA), Serta turut mendampingi Wali Kota Manado Inspektur Inspektorat Kota Manado Atto R. M. Bulo, SH, MM. yang merupakan putra asli toraja. Pertemuan tersebut berlangsung di ruang pola (bukit marante) kantor Bupati Toraja Utara, Selasa (13/04/2021).

Dalam rangka meningkatkan peran pemerintah kiat merawat kerukunan umat beragama dalam situasi penanganan Covid-19 dan toleransi,kedatangan Pemerintah kota Manado dalam hal ini wali kota sebagai tindak lanjut program kerja pemerintah kota manado bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Manado tahun 2021.

Pada sambutan Plh Bupati Toraja Utara Drs. Rede Roni Bare., M.Pd menyambut rombongan wali kota Manado, menyampaikan Selamat datang sekaligus ucapan terima kasihnya kepada rombongan yang telah datang ke Kabupaten Toraja Utara yang dijuluki Negeri di Atas Awan Bumi Pongtiku . Plh Bupati Toraja utara turut menyampaikan serta memaparkan hal-hal yang menjadi daya tarik dari Kabupaten Toraja Utara.

" Toraja Utara menjadi daerah otonomi baru sejak 21 Juli 2008,dan tahun ini menuju tahun ke 11. Kabupaten kami terdiri dari 21 kecamatan, 101 desa/lembang dan 40 kelurahan, dengan total penduduk kurang lebih 250.200 jiwa, dengan aneka ragam suku dan agama. Dan yang menjadi salah satu produksi unggulan kami adalah kopi yang di kenal dengan kopi Toraja, tetapi juga kami memiliki hasil produksi lainnya yaitu padi/beras hitam dan merah yang memiliki kadar gula yang rendah ". ucap Plh Bupati Toraja Utara


" Kami juga memiliki alam yang masih asri. Survei dari Kementerian Lingkungan Hidup tahun 2019, angka harapan hidup itu berada pada posisi no 1. Alasannya karena udara yang kami miliki masih bersih,yang di ciptakan oleh lingkungan yang asri. Di Toraja kami tidak hanya membanggakan pariwisata saja, tapi juga alam kami yang asri serta bersih "
Tutupnya.

Sementara itu, Dr. lr. G. S. Vicky Lumentut, SH., M.Si, DEA , selaku Wali Kota Manado menyampaikan dalam sambutannya,
" Terima kasih atas sambutan yang begitu istimewa untuk kami. Kami datang dengan 55 orang yang terdiri dari TP PKK, FKUB, BKSAUA, serta Anggota Pers. Kehadiran kami di sini bukan secara kebetulan semua itu karena ijin Tuhan. Ini adalah perjalanan pertama saya datang ke Toraja. Tanah manado itu adalah milik bersama, di manado kita hidup berdampingan. Tidak ada lagi yang namanya masyarakat atau orang luar saat tinggal di manado. Karena saat orang itu tinggal di manado, maka dia sudah menjadi orang manado. Dari berbagai suku dan agama maka kita menjadi satu di manado "

Di lanjutkannya," Lebih dari 15.000 jiwa total penduduk dari Toraja yang ada di manado yang tersebar di 87 kelurahan dan 11 kecamatan, dan di sana mereka membentuk komunitas yang di namakan Kerukunan Keluarga Toraja (KKT). Dan di berikan ruang yang sama tanpa perbedaan sama sekali,dan selain dari segi agama, kami mendekatkan juga melalui budaya. Kami membangun taman budaya dimana di dalamnya di bangun rumah adat toraja yang di kenal dengan Tongkonan. Baru-baru ini di resmikan bersamaan dengan perayaan Paskah KKT di Sulawesi Utara. Dan ini menjadi tongkonan pertama di sulawesi utara. Secara pribadi, saya merasa menjadi bagian dari KKT dan puji syukur,mereka menerima saya menjadi anggota kehormatan mereka.Semoga akan ada lagi pertemuan-pertemuan berikutnya, karena kami ingin membangun 2 hal baik dengan masyarakat Toraja, yaitu : merawat kerukunan yang telah terjalin, serta menjalin kerja sama dalam hal pariwisata. Karena manado adalah jasa pariwisata yang mengandalkan Taman Laut Bunaken sebagai agro wisatanya. Mari kita saling mempromosikan, karena kita, Manado dan Toraja telah menjadi Saudara "Tutupnya .

Terlihat hadir dalam acara ini, wakil bupati Terpilih Toraja Utara Frederick Dedi Palimbong, ST., Ketua TP PKK Toraja Utara, Forkopimda Toraja Utara, kepala OPD Kabupaten Toraja Utara, pengurus dan anggota FKUB Toraja Utara, camat lingkup Toraja Utara, serta pers yang ada.

Sebelum mengadakan kunjungan kerja di kantor bupati Toraja Utara, rombongan pemkot Manado telah melakukan tour le tempat wisata yang ada di Toraja Utara yaitu Lolai, dan setelah KunKer ini, rombongan akan melanjutkan tour ke objek wisata ke'te kesu juga ke acara rambu solo' di makale. Penyerahan Cendramata dari Pemkot Manado untuk Pemkab Toraja Utara serta sebaliknya,di rangkaikan dalam acara atau kunjungan kerja ini.

 

Reporter : Swita Turalaki Amos, Martinus, Julina.

LPDI - Komunikasi Publik
Diskominfo-SP

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 47

Kemarin 245

Minggu ini 1098

Bulan ini 3872

Total 390226