Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

DENPINA || Di hari kedua pelaksanaan "Bupati Mobile" Kecamatan Dende Piongan Napo, yang berlokasi di Tongkonan Pao, Rabu (19/5/2021) kemarin, Wakil Bupati Toraja Utara Frederik V. Palimbong mengatakan saat ini pemerintah daerah sangat membutuhkan kerjasama dukungan dari berbagai pihak termasuk pelaku usaha dalam mengoptimalkan pertumbuhan pelayanan pembangunan kepada masyarakat di semua sektor. 

Faktor keterbatasan anggaran di daerah dan juga penguasaan teknologi menjadi kendala yang hingga saat ini dihadapi oleh pemerintah daerah dalam pengelolaan potensi daerah yang dimiliki sehingga menjadi tantangan bagi pemerintah Toraja Utara bersama masyarakat untuk menciptakan iklim investasi yang ramah untuk menarik minat investor mengembangkan potensi sumber daya lokal daerah. 

Hal tersebut disampaikan oleh Wabup Frederik V. Palimbong terkait rencana proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) di Lembang Ma'dong, Kecamatan Denpina oleh investor PT. Nagata Dinamika. 

"di kecamatan Denpina yang akan menjadi prioritas utama adalah pembangunan proyek Hidro Mikro-PLTA, maka diharapkan perlu adanya temu bicara antara pihak pemerintah dengan investor, memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan, tenaga kerja lokal dan lewat CSR ( Corporate Social Responsibility), meningkatkan produk unggulan Kecamatan Denpina yaitu tikar dan produk kreatif lainnya,dengan dukungan dari Dinas Perindustrian dan UMKM dalam hal regulasi dan akses pembiayaan," ungkap Wabup.

Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro di Denpina ditujukan untuk menjawab kebutuhan listrik masyarakat di wilayah yang notabene sulit terjangkau pasokan listrik dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam setempat yang kemudian diharapkan memicu efek multiplier pada sektor perekonomian masyararakat.

Beberapa jenis pelayanan publik yang diterima masyarakat Denpina dalam rangkaian kegiatan "Bupati Mobile" yaitu pelayanan BPJS, Dinas Kesehatan Kartu KIS, pelayanan data back lock dan data peningkatan kualitas perumahan pada Dinas Perkimtan, Dinas Sosial melayani data penerima bantuan sosial, Dinas Pendidikan, data anak anak sekolah yang telah dan belum menerima bantuan pendidikan. Dinas kependudukan dan pencatatan Sipil melayani pembuatan KTP, Kartu Keluarga dan pelayanan pencatatan Sipil, Dinas Pertanian, pelayanan untuk pendataan kelompok tani oleh bagian penyuluhan pertanian. dan layanan Dinas perindustrian, koperasi dan UMKM.    

Tampak hadir mendampingi Wakil Bupati, Staf Ahli Bupati Yonathan M, Camat Denpina Samuel Limbong Tandirerung, para Kepala OPD terkait, Kepala Lembang dan Lurah, Tokoh organisasi dan masyarakat.

 
Reporter: Upa' - Julina Rande
 
 
LPDI - Diskominfo.SP  ©2021

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 27

Kemarin 261

Minggu ini 27

Bulan ini 4790

Total 400041