Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

TONDON || Dalam rapat Penegasan Batas Daerah Kabupaten Toraja Utara di Ruang Pola Perkantoran Pemda, Bukit Marante, Kamis (20/5/2021), Wakil Bupati Frederik Victor Palimbong menyampaikan, penegasan batas wilayah administratif Kabupaten Toraja Utara dengan kabupaten tetangga menjadi target prioritas yang akan segera diselesaikan mengingat penetapan batas wilayah menjadi dasar yuridis bagi Pemerintah Kabupaten Toraja Utara khususnya dalam penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) serta secara luas pada kewenangan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan pembangunan kepada masyarakat di daerah perbatasan.  

"segmen - segmen perbatasan dengan kabupaten tetangga harus segera kita selesaikan. Oleh sebab itu, Tim Percepatan Penegasan Batas Daerah (PBD) dalam waktu dekat harus memasukkan data-data atau bukti-bukti yang menunjukkan batas wilayah," ungkap Frederik Victor Palimbong, Wakil Bupati Toraja Utara. 

Sebagaimana ketentuan turunan aturan pelaksana yang termuat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 141 Tahun 2017 Tentang Penegasan Batas Wilayah disebutkan Penegasan batas wilayah dilakukan dengan dua cara yaitu Kartometrik (penelusuran, penghitungan posisi titik, jarak dan luas batas wilayah menggunakan peta dasar) dan cara Survei Lapangan dengan peninjauan langsung ke lapangan untuk menentukan titik-titik koordinat batas wilayah.

Output kegiatan tersebut berupa dokumen Buku Ukur, Formulir dan Berita Acara yang disiapkan oleh Tim PDB Kabupaten, yang diantaranya yaitu Berita Acara Pelacakan Batas (Kartometrik dan Survei Lapangan), Berita Acara Pengukuran dan Penentuan Posisi Batas (Kartometrik dan Survei Lapangan), dan Berita Acara Pembuatan Peta Batas.      

Penegasan Batas Daerah Definitif Kejar Target Waktu Sesuai PP 43 Tahun 2021

Wakil Bupati Frederik Victor Palimbong menekankan agar Tim PDB menunjukkan political will Pemerintah Kabupaten Toraja Utara memperjuangkan batas wilayah dengan bekerja efektif sehingga semua data dan dokumen Penegasan Batas Wilayah seluruhnya dapat dirampungkan di awal bulan Juli tahun ini. 

"Kita harus bekerja semaksimal mungkin memperjuangkan batas wilayah kita, Tim mempunyai batas waktu sampai bulan Juli nantinya untuk merampungkan data-data yang dibutuhkan untuk pertemuan dengan Kemendagri yang difasilitasi oleh Provinsi," tambah Frederik Victor Palimbong," tegas Wabup.

Percepatan penegasan Batas Wilayah oleh Tim PBD yang ditekankan oleh Wabup tersebut untuk mengejar tenggak waktu kesepakatan Penegasan Batas Daerah sesuai ketentuan yang tertuang melaui Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2021 Tentang Penyelesaian Ketidaksesuaian Tata Ruang, Kawasan Hutan, Izin, dan/atau Hak Atas Tanah yang disahkan pada bulan Februari lalu.

Dalam PP tersebut yang mana pada Pasal 5 dijelaskan jika pemerintah daerah tidak mencapai kesepakatan terhadap batas wilayah definitif yang dibahas bersama Menteri Dalam Negeri dalam kurun waktu lima bulan setelah terbitnya PP 43 2021 maka Menteri Dalam Negeri memiliki kewenangan untuk memutuskan dan menetapkan Penegasan Batas wilayah Daerah dalam jangka waktu satu bulan. 

Sementara,  Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Toraja Utara,  Herman Pabesak yang turut hadir dalam rapat ini, menyampaikan DPRD akan memberikan dukungan penuh atas komitmen dan langkah - langkah yang ditempuh Pemerintah Kabupaten Toraja Utara agar masalah batas daerah dengan kabupaten/kota lain dapat segera dituntaskan.

"saya mengapresiasi langkah pemda dalam percepatan penegasan batas daerah, jika nantinya ini selesai,  akan menjadi sejarah dalam pemerintahan Yohanis Bassang - Frederik Victor Palimbong. Oleh sebab itu, selain merampungkan data-data batas wilayah,  harus ditunjang dengan anggaran yang baik. Kami dari Komisi I akan siap mendukung program ini," ungkap Herman Pabesak.

Dilihat dari letak geografis, Kabupaten Toraja Utara berbatasan langsung dengan wilayah dua Kabupaten dan satu Kota di Provinsi Sulsel serta dengan satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat.  

Rapat ini dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan Samuel Sampe Rompon, Staf Ahli, Kepala Bapenda, Kepala Dinas Perkimtan, dan para Camat.

 

Reporter: Gabriel Steven
 
 
LPDI - Diskominfo.SP  ©2021

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 51

Kemarin 261

Minggu ini 51

Bulan ini 4814

Total 400065