Tidak dapat dipungkiri, kualitas pelayanan publik merupaka salah satu indikator pencapaian pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dengan memberikan layanan akan kebutuhan dan hak-hak masyarakat. Hal ini tentunya menuntut tanggung jawab pemerintah untuk terus bergerak melakukan peningkatan kualitas pelayanannya kepada masyarakat baik dalam hal penyediaan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. SDM yang profesional dan juga sistem layanan inovatif yang memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayan yang tentu nantinya akan berdampak pada peningkatan kepercayaan dan partisipasi masyarakat terhadap pemerintah dan program pembangunan.
Terkait dengan hal itu, Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si didampingi Kadis Kominfo, Drs. Fitra, M.Adm.Pemb meninjau pelayanan RSUD Pongtiku yang berlokasi di Lembang Mapaken, Kecamatan Tallunglipu, Kamis 14 Desember 2017.
Dalam kunjungan tersebut, Bupati memeriksa dan melihat langsung perlengkapan, peralatan dan ruang medis serta proses pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang diberikan oleh petugas rumah sakit.
Pada kesempatan itu, Bupati memberikan motivasi dan arahan kepada petugas medis, para medis dan pegawai RSUD Pongtiku agar tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat menggunakan fasilitas rumah sakit tersebut.
“Saya harapkan kepada seluruh pegawai Rumash Sakit disini agar tetap bersemangat dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, sehingga rumah sakit ini secara optimal dapat dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat di Toraja Utara,” jelas Bupati.
Lebih lanjut Bupati dalam keterangannya menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan tersebut.
“Saya mengajak kepada masyarakat Toraja Utara dapat memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan RSUD Pongtiku, karena sudah memiliki fasilitas peralatan medis yang memadai untuk melakukan pemeriksaan maupun diagnosa dan terapi,” imbuhnya.
Sementara itu, Direktur RSUD Pongtiku, dr. Remen Taula’bi mengatakan, sejak beroperasinya RSUD Pongtikum pihaknya selaku managemen RSUD tetap berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat, meskipun ada beberapa kendala yang terus diupayakan pembenahannya agar masyarakat dapat dengan maksimal memanfaatkan keberadaan RSUD Pongtiku untuk memperoleh layanan kesehatan dari pemerintah.
“Kami senantiaasa berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat Toraja Utara, juga melakukan perbaikan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan yang memuaskan,” kata Direktur RSUD Pongtiku.
Untuk meningkatkan pemanfaatan fasilitas dan layanan RSUD Pongtiku oleh masyarakat, ia meminta kepada Pemerintah untuk dapat meningkatkan akses jalan serta fasilitas penerangan menuju rumah sakit.
“Kami juga mohon kepada pemerintah daerah dalam penyediaan fasilitas sarana jalan dan pengadaan penerangan jalan yang memadai agar akses menuju ke RSUD Pongtiku lebih nyaman dan mudah dijangkau oleh masyarakat,” ungkapnya.
Editor: LPIPA Diskominfo