Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

PMI syukuran2023

Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Toraja Utara menggelar acara syukuran dalam rangka memperingati Hari Palang Merah Indonesia ke-78 di Kompleks Kesiapsiagaan Bencana BPDB Toraja Utara Karassik Rantepao, pada Sabtu (16/09).

Kegiatan ini juga sekaligus menjadi ungkapan syukur atas dukungan yang diberikan Pemkab Toraja Utara berupa penempatan gedung PMI dan kendaraan operasional dari PMI sulawesi Selatan.    

"Saya Mengucap syukur kepada Tuhan dan berterimakasih serta mengapresiasi Pimpinan Daerah atas tersedianya Markas PMI di kompleks kesiapsiagaan Bencana di Karassik , kita juga bersyukur atas hibah kendaraan operasional dari PMI Sulsel sesuai dengan kondisi medan jalan di Kabupaten Toraja Utara yang bervariasi hingga ke ekstrim," kata Ketua PMI Toraja Utara Frederik Victor Palimbong, S.T.

"Markas PMI ini diharapkan dapat menjadi tempat berkoordinasi dengan intens dari semua pihak dalam segala situasi, apakah sedang ada situasi kebencanaan ataupun tidak. PMI dan pemangku kepentingan harus memiliki strategi bagaimana meminimalisir bencana dan antiaipatif terkait kondisi daerah Toraja Utara yang merupakan salah satu daerah rawan bencana," lanjutnya,

Diungkapkannya juga jika PMI Kabupaten Toraja Utara telah mengajukan proposal kepada Ketua PMI Pusat terkait dengan penyediaan sarana prasarana penunjang dan fasilitas pelatihan-pelatihan, yang diharapkan dapat mendorong terbangunnya kolaborasi dan keterlibatan yang lebih besar dari komunitas-komunitas yang peduli kemanusiaan.

Frederik berharap dengan adanya dukungan sarana prasarana ini dapat mengoptimalkan peran pelayanan PMI Toraja Utara bersama seluruh pemangku kepentingan dan dalam kesiapsiagaan bencana dan kemanusiaan.   

"Akhirnya saya berterima kasih kepada semua pihak yang memiliki kepedulian kepada kerja-kerja kemanusiaan dan terkhusus kepada Crisis Center Gereja Toraja yang terus mendampingi dan terlibat dalam kerja-kerja kemanusiaan ini , Ketangguhan kita baru terukur atau teruji pada saat ada kejadian tetapi sebelum itu terjadi kita harus selalu bersiap,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris Daerah Salvius Pasang S.P dalam sambutannya menyampaikan, PMI merupakan salah satu komponen pelayanan yang krusial dalam penanggulangan dan penanganan bencana yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga membutuhkan dukungan dari semua pemangku kepentingan agar peran dan kemanfaatan PMI dapat lebih luas dirasakan langsung masyarakat.    

"Toraja Utara adalah salah satu daerah yang rawan bencana dan salah satu lembaga yang selalu mengambil peran penting dalam kondisi ini adalah PMI, kami berkomitmen untuk tetap mendukung pembiayaan operasional PMI Toraja Utara sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku dan atas dasar kerja-kerja kemanusiaan," ujar Sekda Salvius Pasang.

Selain itu, Sekda Salvius mendorong agar PMI Toraja Utara secara berkelanjutan memperhatikan aspek sumber daya kepalangmerahan baik di lingkungan internal dan ekternal untuk meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan bencana dan penanganan kemanusiaan.  

"Saya juga mengingatkan pentingnya pelatihan-pelatihan bagi pihak-pihak terkait dengan tugas-tugas kepalangmerahan, karena PMI Toraja Utara tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan masyarakat toraja utara tetapi juga daerah-daerah di sekitar toraja utara," jelasnya.

Dalam Doa Syukur ini hadir Juga Kelaksa BPBD Toraja Utara, Pengurus PMI dan Pengurus Markas PMI Toraja Utara, Ketua Bawaslu, Lurah Karassik, Perwakilan Kapolres Toraja Utara dan Dandim 1414 Tana Toraja.

Perayaan Ulang tahun PMI ke-78 turut digelar Aksi Donor Darah yang berlangsung di Lapangan Bakti, Rantepao pada Hari Minggu tanggal 17 September 2023 bekerjasama Paramedis dari UTD, RSUD Lakipadada.

Diskominfo.SP-Toraja Utara – 2023

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 281

Kemarin 355

Minggu ini 636

Bulan ini 4500

Total 599458