Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Masih dalam suasana HUT Kemerdekaan RI Ke-74, beberapa organisasi yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Alam Indonesia bersama Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Cab. Toraja Utara menggelar Upacara Peringatan HUT RI di aliran Sungai Sa'dan yang melintasi Kota Rantepao, tepatnya di Ba'lele Kec. Rantepao, pada hari Sabtu (17/08) lalu yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial (baksos) bersih-bersih sungai Sa'dan.

Kegiatan peduli lingkungan yang digagas anak - anak muda pencinta alam ini turut disaksikan Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan bersama Wakil Bupati Yosia Rinto Kadang yang juga selaku Ketua FAJI Toraja Utara, dan juga turut beberapa pejabat dilingkup Pemkab Toraja Utara seperti Kadisbudpar Harli T., dan Kasatpol.PP Dan Damkar Andarias Sesa. 

Menyaksikan gagasan dan giat kreatif anak-anak muda tersebut, Bupati Kalatiku Paembonan mengatakan jika kegiatan seperti ini menandakan adanya semangat patriotisme generasi muda Toraja yang ditunjukkan melalui momentum Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan sekaligus memberikan sumbangsih kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungannya yang diharapkan dapat mendorong komponen masyarakat lainnya untuk turut terpanggil menjaga kebersihan lingkungan di Kota Rantepao sebagai wajah Kabupaten Toraja Utara.      

"Sejumlah generasi muda berkumpul di tempat ini untuk membela daerahnya dengan suatu langkah untuk membersihkan kali. Sungguh mulia peran serta generasi muda di Kabupaten Toraja Utara. Sungai seperti ini sangat tidak cocok kumuh apabila Toraja Utara ini merupakan salah satu kunjungan wisata (kawasan strategis pariwisata nasional). Kota Rantepao Kabupaten Toraja Utara harus bersih sehingga mutlak dikatakan sebagai daerah strategis pariwisata nasional," jelasnya.

Untuk itu, Bupati Kalatiku menyampaikan bahwa Pemkab Toraja Utara mendukung semua aktifitas positif kelompok masyarakat yang disumbangkan untuk menciptakan dan menjaga kebersihan lingkungan seperti yang ditunjukkan oleh komunitas pencinta alam ini.  

"Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mendukung penuh kegiatan sosial seperti ini, mari kita bersihkan sungai, mari kita bersihkan kabupaten Toraja Utara", kunci Bupati Kalatiku Paembonan.

Permasalahan lingkungan, khususnya kebersihan Kota Rantepao  sudah sejak lama menjadi tantangan dan perhatian serius pemerintah yang akan terus diupayakan penanganan dan pengelolaannya secara berkelanjutan agar dapat menciptakan wajah Kota Rantepao yang bersih dan tertata dengan baik sebagaimana harapan masyarakat. Langkah - langkah kongkrit juga telah diupayakan oleh Pemkab Toraja Utara melalui kebijakan, regulasi, sosialisasi dan manajemen pengelolaan lingkungan kota yang beberapa diantara telah laksanakan dengan penyediaan beberapa fasilitas utama dan penunjang infastruktur kebersihan seperti penguatan manajemen armada kebersihan dan penyediaan Tempat Pengelolaan Sampah. 

Reporter: Basry

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 210

Kemarin 277

Minggu ini 487

Bulan ini 3588

Total 144007