Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || 120 CPNS Toraja Utara hasil seleksi formasi umum tahun 2018 mulai menjalani tahapan Diklat Pelatihan Dasar (Latsar) untuk Golongan III dengan menggunakan kurikulum diklat terbaru yang diselenggarakan berpedoman pada ketentuan Peraturan Lembaga Administrasi Negara (Perlan) Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pelatihan Dasar CPNS.

Kurikulum terintegrasi pada Latsar yang diselenggarakan oleh BKPP Toraja Utara bersama BKSDM Provinsi Sulawesi Selatan tersebut merupakan bagian dari implementasi UU ASN yang ditujukan untuk membangun profil PNS/ASN profesional dengan standar kompetensi dan kualifikasi yang ketat. 

Kepada para CPNS peserta Latsar ini, Bupati Toraja Utara Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si menyampaikan diklat Latsar merupakan kegiatan internalisasi yang akan mempersiapkan CPNS untuk menjadi ASN pelayan publik yang memiliki karakter profesional dan berintegritas.

"pelatihan ini untuk meletakkan dasar kokoh dalam diri, memiliki dedikasi dan loyalitas akan apa yang akan dilakukan kelak sebagai ASN," jelas Bupati di kegiatan pembukaan Pelatihan Dasar CPNS tersebut yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara, Senin (26/8).

Olehnya, Bupati Kalatiku yang saat itu hadir bersama Wabup Yosia Rinto Kadang, berpesan agar setiap peserta Latsar dapat fokus mengikuti seluruh kurikulum yang disajikan sehingga apa yang telah menjadi pilihan dan komitmen CPNS untuk mendedikasikan dirinya melayani negara dan masyarakat dapat terwujud.

"ini adalah pilihan pengabdian saudara - saudara, tenaga pendidik dan kesehatan adalah institusi yang sangat dinantikan rakyat. Siapkan diri dan ikuti pelatihan ini sampai selesai," 

Sementara Kepala Bidang Diklat Kepemimpinan Aparatur BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan Rakib, SS menyampaikan penekanannya pada aspek kompetensi dan kualifikasi CPNS yang akan dibangun dan diuji secara terintegrasi dan selektif dalam kurun waktu 2,5 bulan masa Latsar. 

"selamat datang di zona - zona tidak nyaman, karena banyak hal - hal dan latihan yang akan kita lakukan untuk meningkatkan kompetensi, tapi di situ kita akan bertumbuh," 

Lanjutnya, untuk membangun profil ASN profesional dan kompetitif  CPNS setidaknya wajib memiliki kompetensi dan keterampilan aplikatif agar nantinya mampu menjawab setiap tantangan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya di bidang masing - masing.

CPNS tanpa kompetensi keahlian akan berdampak kontraproduktif pada upaya pemerintah mewujudkan hadirnya ASN pelayan publik yang profesional di tengah - tengah masyarakat, sehingga CPNS harus mempersiapkan diri dengan menunjukkan performa terbaiknya selama mengikuti Latsar ini.

"ada tiga hal Buta Huruf yang menjadi pegangan kita, yaitu: 1. Buta huruf tidak mampu berbahasa dan berkomunikasi; 2. Buta huruf jika CPNS tidak mampu mengoperasikan komputer; dan ketiga Buta huruf jika tidak mampu mengembangkan kompetensi diri," jelas Rakib.

120 CPNS Toraja Utara ini terdiri dari 99 CPNS tenaga Guru dan 21 CPNS Tenaga Kesehatan yang akan terbagi dalam 3 angkatan. Mereka akan menjalani masa Latsar di Hotel Toraja Prince mulai dari tanggal 26 Agustus hingga 23 Oktober 2019. 

Bersama Bupati dan Wakil Bupati tampak hadir pada kesempatan itu Kepala BKPP Toraja Utara Yesaya Tangkeallo, Kepala Dinas Kominfo Fitra dan beberapa pejabat struktural di lingkup Pemkab Toraja Utara. 

 

Reporter: Julina Rande; Swita Turalaki

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 592

Kemarin 777

Minggu ini 2716

Bulan ini 10716

Total 165439