Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

bup wamena2

Rantepao || Pasca insiden kerusuhan di Wamena, Pemerintah Kabupaten Toraja bersama DPRD, Organisasi Kemasyarakatan dan Agama serta komponen masyarakat Toraja Utara telah menyiapkan dan mengkoordinasikan langkah - langkah penanganan pengungsi warga Wamena asal Toraja yang saat ini sebagian besar telah berada di Tongkonan Kotaraja, Jayapura. 

Finalisasi langkah penanganan pengungsi asal Toraja tersebut dibahas dalam rapat terbatas antara Pemkab Toraja Utara dan DPRD yang langsung dipimpin oleh Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan pada hari Rabu, (2/9) kemarin, di Ruang Kerja Bupati, Rantepao.

Bupati Kalatiku Paembonan sendiri, dini hari esok, (4/9) dijadwalkan sudah tiba di Kota Jayapura guna memberikan dukungan moril kepada para pengungsi sekaligus melihat langsung kondisi dan penanganan pengungsi asal Toraja yang dikoordinir oleh Ikatan Keluarga Toraja (IKT) di Papua bersama pemda setempat.

Dalam rapat tersebut, Bupati Kalatiku mengatakan pasca insiden kerusuhan, Pemkab Toraja Utara telah aktif mengkoordinasikan upaya penanganan pengungsi ini dengan semua pihak terkait baik yang ada di Toraja Utara, Makassar dan Jayapura. Hal ini dilakukan untuk memastikan langkah prioritas yaitu dukungan fasilitasi yang diinisiasi oleh Pemkab mulai dari proses pemulangan pengungsi dari Jayapura ke Makassar, hingga ke Toraja Utara dapat berjalan dengan lancar.

"setelah saudara-saudara kita tiba di Bandara Sultan Hasanudin Makassar, saya telah berkoordinasi dengan pondok Haleluyah dan Balla Tamalanrea di Makassar sebagai tempat transit serta menyediakan konsumsi. Saya juga telah berkoordinasi dengan pihak Bus Primadona untuk mengantar mereka sampai ke Toraja," jelasnya.

Selain dukungan fasilitas pemulangan pengungsi, Pemkab Toraja Utara melalui Dinas Sosial telah berkoordinasi dengan Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja juga akan mempersiapkan dukungan fasilitas pendanaan, penampungan sementara dan logistik saat pengungsi tiba di Rantepao nantinya. 

Sementara Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang didampingi Kepala Dinsos dr. Henny Sarungallo, SE dan Kepala BPBD Alexander Tappang hari ini, Kamis, (3/9) melakukan koordinasi dengan pihak Kombongan Toraja (PMTI) Makassar dan BPS Wilayah IV untuk memastikan kesiapan dukungan pihak terkait yang ada di Kota Makassar dalam menerima kedatangan pengungsi nantinya. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Sekretaris Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Papua Yulius sebagai pihak yang menangani kebutuhan pengungsi asal Toraja di Jayapura, hingga berita ini disiarkan terdapat 454 jiwa dari total 1754 jiwa pengungsi asal Toraja yang berhasil terdata dan tertampung di Tongkonan Kotabaru Jayapura, yang di dalamnya terdapat bayi, anak, dewasa dan lansia. 

Yulius menambahkan, sebanyak 145 jiwa pengungsi telah berhasil dipulangkan melalui jalur laut yang saat ini masih dalam proses perjalanan menuju Makassar menggunakan Kapal Pelni. Sementara kemarin, tujuh pengungsi telah tiba di Bandar Udara Hasanuddin menggunakan pesawat Hercules, sedangkan untuk hari ini, Yulius mengungkapkan akan dipulangkan sebanyak 25 pengungsi juga dengan menggunakan pesawat Hercules dan 20 penggungsi lainnya menggunakan pesawat komersil atas inisiatif sendiri.    

Reporter: Swita Turalaki

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 151

Kemarin 246

Minggu ini 1565

Bulan ini 5027

Total 151758