Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

presentasippid3

MAKASSAR || Kepala Bidang Informatika Dinas Kominfo.SP Toraja Utara Ade Kres Godole, S.S yang juga selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Toraja Utara pada siang tadi, Selasa (26/11/2019) mempresentasikan penyelenggaraan keterbukaan informasi melalui kinerja pengelolaan dan inovasi PPID Toraja Utara dihadapan Tim Penilai Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sulsel.

Kegiatan yang berlangsung di Command Center Room, Kantor Gubernur Sulsel tersebut merupakan rangkaian tahapan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Badan Publik di Provinsi Sulsel Tahun 2019 yang akan mengukur tingkat kepatuhan Badan Publik terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi sebagaimana ketentuan UU KIP No 14 Tahun 2008.

Monev Keterbukaan Informasi dilakukan terhadap hasil Self Assessment Questionnaire (SAQ) yang telah diisi oleh Badan Publik (PPID Toraja Utara) dan diterima kembali oleh Komisi Informasi Provinsi Sulsel.

Ade dalam keterangannya yang diterima melalui WhatsApp menyampaikan, ada beberapa masukan yang diberikan oleh Komisi Informasi atas kinerja PPID Kabupaten Toraja Utara, salah satunya yaitu mendorong komitmen Pimpinan Daerah bersama stakeholder pemerintah daerah untuk serius mendorong terselenggaranya Keterbukaan Informasi Publik sebagai komponen utama dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik.

Komisi Informasi mengingatkan, Keterbukaan Informasi dapat menjadi ukuran bagaimana kesungguhan pemerintahan daerah mengimplementasikan asas pemerintahan yang baik dalam menjalankan pemerintahannnya. Hal ini penting menjadi fokus pemerintahah daerah mengingat percepatan pembangunan sangat membutuhkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat aktif dalam setiap kebijakan dan program pembangunan yang dapat diakomodir melalui penyelenggaraan Keterbukaan Informasi oleh semua Badan Publik di daerah

Lebih dari itu, bila Keterbukaan Informasi diselenggarakan dengan baik, itu dapat menjadi image branding yang dapat diunggulkan oleh pemerintah daerah yang menjunjung transparansi sebagai pilar demokrasi sebagaimana ciri pemerintahan moderen.

Ade lebih lanjut menambahkan, tantangan PPID Toraja Utara saat ini yaitu mendorong setiap OPD dan BUMD di lingkup Pemkab Toraja Utara untuk segera membentuk PPID Pembantu di unit organisasinya masing - masing agar pelayanan keterbukaan informasi dapat berjalan dengan baik. 

Selain itu, menurut Kabid Informatika, ketersediaan SDM serta dukungan anggaran dalam pengelolaan pelayanan informasi publik kedepannnya juga memerlukan kebijakan yang kongkrit agar layanan informasi publik dapat terselenggara dengan optimal. 

Nantinya, hasil akhir dari Monev Keterbukaan Informasi ini akan menjadi referensi Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik kategori Kabupaten/Kota se-Sulsel.

Tahapan Presentasi Badan Publik ini diikuti oleh 23 Badan Publik struktural lingkup Pemerintah Kabupaten/Kota di Sulsel dan 52 Badan Publik.struktural lingkup Pemprov Sulsel.

#PPID
#KeterbukaanInformasi
#KIP
#transparency
#torajautara
#KomisiInformasi
.
Sumber Foto: KI Prov, Sulsel; Diskominfo.SP Prov. Sulsel

LPDI - Komunikasi Publik

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 108

Kemarin 1

Minggu ini 108

Bulan ini 2601

Total 206556