Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

RANTEPAO || Adanya perubahan skema penyaluran dan pengalokasian Dana Desa tahun 2020 ini menjadi pokok pembahasan di kegiatan rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Lembang  

Dalam rangka penyelenggaraan tertib administrasi penyusunan anggaran pendapatan belanja dan belanja lembang tahun anggaran 2020 (10/02/2020) pukul 13.00 wita diruang kerja Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang (DPML) Kabupaten Toraja Utara.

Hadir Kadis DPML Kab. Torut Ritha Rasinan didampingi Kepala Bagian Hukum Setda Netty Palin dan beberapa stakeholder terkait lainnya hadir dalam rapat itu utamanya di Dinas DPML.

Menurut Ritha Rasinan bahwa adapun topik rapat ialah berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Tentang Nomor : 205/PMK.07/2019 Tentang Pengelolaan Dana Desa dimaba dalam peraturan menteri ini pada pasal 2 ialah pengelolaan dana desa meliputi penganggaran, pengalokasian, penyaluran, penatausahaan, pertanggungjawaban, pelaporan, pedoman penggunaan dan pemantauan serta evaluasi", kata Kadis DPML Kab. Toraja Utara.

"Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan selaku BUN Pengelolaan TKDD menyusun Indikasi Kebutuhan Dana Desa sebagaimana dimaksud pada ayat 1 memperhatikan presentase dana desa yang ditetapkan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan, kinerja pelaksanaan dana desa dan kemampuan keuangan negara", tambahnya

Lanjut Kadis Ritha Rasinan "rincian dana desa setiap daerah kabupaten/kota dialokasikan secara merata dan berkeadilan berdasarkan alokasi dasar, alokasi afirmasi, alokasi kinerja dan alokasi formula".

Dijelaskan juga bahwa desa dengan kinerja terbaik sebagaimana dimaksud pada ayat 5 adalah desa yang dipilih sebanyak 10% dari jumlah desa yang memiliki hasil penilaian kinerja terbaik berdasarkan pengelolaan keuangan desa, pengelolaan dana desa, capaian keuangan desa, pengelolaan dana desa, capaian keluaran dana desa, capaian pembangunan desa dengan bobot :
20% untuk pengelolaan keuangan desa, 20% pengelolaan dana desa, 25% capaian keluaran dana desa dan 35% untuk capaian hasil pembangunan desa", jelas Ritha Rasinan.

Sebelum menutup rapat, Ritha Rasinan harap agar Kepala Lembang Sekabupaten Toraja Utara memperhatikan hal ini dan mentaati segala peraturan yang telah ditetapkan serta meningkatkan kinerjanya dan senantiasa melakukan koordinasi kepada Camat.

Reporter ; Basry
Photografer : Rafa Ara

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 108

Kemarin 1

Minggu ini 108

Bulan ini 2601

Total 206556