Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

BUNTAO || Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, S.T. memantau penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa di Lembang Misa' Ba'bana 

Dalam kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor Lembang Misa' Ba'bana, Selasa (12/05/2020) Yosia Rinto Kadang menyampaikan BLT yang diterima masyarakat agar dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga selama status bencana kesehatan nasional pandemi Covid-19 masih diberlakukan.

"penerima bantuan dari Dana Desa ini sebesar 600 ribu diharapkan dapat menggunakan dengan sebaik-baiknya, karena kita tidak tahu wabah ini akan berakhir sampai kapan," ungkap Rinto.

Sebagai mana diketahui, Sejak April lalu Pemerintah telah mengintruksikan penggelontoran dana desa bagi masyarakat desa terdampak langsung secara sosial ekonomi akibat pandemi Covid19 dengan payung hukum mengacu pada Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Relokasi anggaran dana desa bagi masyarakat di desa yang terdampak Covid-19 tersebut dapat berbentuk bantuan sosial tunai dan atau pengadaan program padat karya yang disesuaikan dengan besaran alokasi anggaraan dana desa yang di terima tiap-tiap desa.

Meskipun hingga saat ini Toraja Utara masih dalam status nihil positif Covid-19, Wabup Yosia RInto meminta kewaspadaan warga  tidak surut dengan tetap menjalankan himbauan pemerintah secara disiplin.

Selain itu, ia mendorong masyarakat di Lembang Misa' Ba'bana agar tetap menjaga rasa kebersamaan untuk saling mendukung dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, khususnya dalam mengantisipasi terbentuknya stigma negatif terhadap orang atau profesi yang memiliki resiko tinggi terhadap paparan Covid-19 sebagai mana yang terjadi di daerah lain.       

"sampai detik ini, daerah kita masih Nol Positif Corona atau belum ada warga yang terdeteksi positif terpapar virus Corona. Dengan data ini, saya harapkan kita jangan terlena dan lengah, kita harus tetap waspada dan tetap mematuhi himbauan-himbauan pemerintah. Jika hal yang tidak diinginkan, ada keluarga kita yang terpapar virus Corona, kita wajib memberikan semangat dan jangan dikucilkan," tambahnya.

TOTAL 209 KK PENERIMA BLT ADD LEMBANG MISA' BA'BANA 

Kepala Lembang Misa' Ba'bana Jendri Atto Danduru, S.E. di kegiatan tersebut menjelaskan para penerima BLT merupakan keluarga yang masuk dalam kategori pra sejahtera dan yang terdampak langsung secara ekonomi. Para penerima juga telah diverifikasi langsung yang kemudian ditetapkan melalui rapat bersama antara Pemdes, BPL, Pendamping Desa dan Tokoh Masyarakat

"Sebanyak 154 KK yang menerima BLT ini sudah sesuai dengan hasil rapat bersama BPL, Pendamping Desa, dan tokoh masyarakat. Sehingga masyarakat yang menerima Bantuan Langsung Tunai ini sudah layak dan dipastikan tidak ada yang double," jelas Atto Danduru, Kepala Lembang Misa'Ba'bana.

209 KK penerima bantuan ini terbagi dalam 3 metode penyaluran, yakni langsung melalui Pemdes, PT. Pos Indonesia, dan Bank. 

"total warga penerima bantuan dari Pemerintah Pusat sebanyak 209 KK yang terdiri dari 154 KK penerima BLT, 50 KK dari PT. Pos, dan 5 KK melalui Bank. Untuk warga penerima Rastra, akan disalurkan pada tanggal 19 Mei mendatang," pungkasnya.

Tampak dalam kegiatan tersebut Camat Buntao, Yohanis, Kapolsek Sanggalangi, Iptu Ketut Aliyasa, Bhabinsa Danramil 1414-05 Sanggalangi, Daud Tangdilintin, unsur BPL, Pendamping Desa dan tokoh masyarakat.

#LAWANCOVID-19 #PhysicalDistancing #Dirumahaja
#sulsel #torajautara
 

Reporter: Steven

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 247

Kemarin 273

Minggu ini 520

Bulan ini 520

Total 252153