Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

SOPAI  || Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang menyatakan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara bersama lembaga penegak hukum akan tetap melakukan monitoring dan pengawasan yang ketat terhadap proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap II oleh Pemerintah Lembang sebagai penanggung jawab pengguna dan penyaluran Dana Desa kepada warganya yang terdampak pandemi Covid-19.

Pengawasan ini merupakan bagian dari fungsi pendampingan pemerintah daerah terhadap pelaksanaan program bantuan sosial nasional yang ditujukan untuk memastikan mekanisme penyaluran BLT-DD yang mulai di cairkan awal Juni ini sudah dijalankan sesuai ketentuan dan menjangkau seluruh KPM sasaran program. 

“pengawasan ini kami lakukan untuk memastikan seluruh masyarakat Penerima BLT tepat sasaran dan tidak dikurangi satu rupiah pun," kata Wabup pada saat memantau penyaluran BLT-DD Tahap II di wilayah Kecamatan Sopai, masing - masing di Lembang Nonongan Selatan dan Lembang Salu Sopai,Senin, (15/6/2020) lalu.

Tidak hanya menyoal pengawasan, Wabup Rinto juga kembali mengingatkan kepada KPM jika kebijakan penggelontoran bansos melalui BLT-DD ini merupakan bagian program kemanusiaan yang oleh pemerintah semata ditujukan untuk meringankan beban ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan pokok keluarga di tengah pandemi covid-19 sehingga hal tersebut menjadi isyarat bagi semua KPM program agar menggunakan dana yang diterima untuk memenuhi kebutuhan utama keluarga sehari-hari.

Hal yang sama juga ditekankan pihak Pemerintah Kecamatan dan Bhabinkamtibmas Polsek Sopai di kedua lembang tersebut. Camat Sopai, Marthen Panggalo  mengatakan ada konsekuensi yang akan diterima oleh warga/KPM jika menggunakan dana yang diterimanya bukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Hal itu ia sampaikan berdasarkan informasi dan laporan dari masyarakat mengenai adanya warga KPM BLT-DD tahap I yang telah mempergunakan dana bantuannya untuk kegiatan negatif dan melanggar hukum.  

"saya ingatkan agar jangan BLT itu dipakai untuk bermain judi, itu isu yang saya dengar, kalau ada kedapatan saya tidak segan - segan coret," ucap Marthen Panggalo.

Penyaluran BLT-DD Tahap II di kedua Lembang tersebut dihadiri masing Kepala Lembang yaitu Kepala Lembang Nonongan Selatan, Ibrahim Lapu' dan Kepala Lembang Salu Sopai, Edy Patanduk dan. Selain itu Wakil Ketua DPRD Toraja Utara, Calvin Parapak Tondok, dan aparat TNI dari Koramil setempat juga turut memantau langsung jalannnya penyaluran BLT-DD Tahap II ini.

Reporter: Gabriel Steven
 
 
LPDI - Komunikasi Publik 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 54

Kemarin 405

Minggu ini 2651

Bulan ini 4299

Total 266251