Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

BANGKELEKILA || Sabtu, 27 Juni 2020 lalu, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Sosial menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) reguler program sembako kepada 129 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Lembang Tampan Bonga, Kecamatan Bangkelekila'.

Penyaluran Bansos Program Sembako yang berlangsung di Kantor Lembang Tampan Bonga tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara, Rede Roni Bare bersama Ka. DInas Sosial, Mira BangalIno dan Juga Camat Bangkelekila, Ronyanto Popang, Kapolsek Bangkelekila, Simon Sangka serta Kepala Lembang Tampan Bonga, Immanuel Arung, Badan Permusyawaratan Lembang dan masyarakat KPM program bansos.     

Sekda dalam kesempatan tersebut menyampaikan berbagai bentuk jaring pengaman sosial seperti bansos sembako yang merupakan perluasan manfat program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kemensos RI ditujukan untuk menjaga kapasitas beli masyarakat ekonomi lemah dalam memenuhi kebutuhan pangan sumber gizi keluarganya sekaligus sebagai upaya menjaga produktifitas masyarakat di masa pandemi Covid-19.  

"pembagian sembako ini sebagai wujud bahwa pemerintah sangat memperdulikan masyarakatnya supaya berkelangsungan hidupnya, dapat berproduksi dan belajar hidup hemat," jelas Rede Roni yang juga selaku Ketua TIKOR Penyaluran Rastra Kabupaten Toraja Utara. 

Selain untuk menunjang pemenuhan kebutuhan pangan keluarga berpenghasilan rendah, Sekda mengajak masyarakat memandang bansos yang diterima sebagai motivasi untuk berusaha membangun kemandirian ekonomi keluarga dengan lebih produktif memanfaatkan sumber daya yang ada menjadi bernilai ekonomi.

Sementara Mira Bangalino, Kadis Sosial menjelaskan, mekanisme penyaluran Bansos berlangsung secara elektronik non-tunai di bank-bank milik pemerintah sebagai bank penyalur bansos dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dimiliki KPM sebagai alat pembayar bahan pangan di agen yang telah ditentukan. 

Untuk memastikan penyaluran Bansos tersebut tepat sasaran, pihaknya meminta adanya koordinasi yang baik di lapangan dari semua pihak yang terkait penyaluran bansos antara Lembang, TKPK Kecamatan dengan Kabupaten, mengingat adanya beberapa keluhan dari masyarakat sehubungan penyaluran bansos.

"kepada pendamping Rastra di kecamatan ini, apabila ada masalah yang ditemui di lapangan agar segera berkoordinasi dengan lembang, camat dan ke dinas sosial, serta saat ini kami hadir untuk memantau penerima sembako berdasarkan data yang ada," imbaunya.     

Sejak bulan April 2020 lalu, nilai indeks atau besaran manfaat yang diterima KPM program besutan Kemensos RI ini telah ditingkatkan dari sebelumnya Rp. 150 ribu menjadi Rp. 200 ribu yang secara reguler diterima setiap bulannya melalui rekening KPM di bank - bank pemerintah (Himbara). Jenis bahan pangan yang disediakan juga lebih bervariatif dengan kualitas bahan pangan dan kandungan gizi yang baik. 

Peliput : Julina; Amos Rapang; Upa

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 50

Kemarin 405

Minggu ini 2647

Bulan ini 4295

Total 266247