Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Tondon || Sebagai sebuah kabupaten yang terbentuk dari hasil pemekaran, dalam proses pembentukannya tentu tidak lepas dari peran dan jasa para tokoh dari berbagai komponen masyarakat yang telah dengan gigih memperjuangkan tekad untuk menjadikan Toraja Utara sebagai daerah otonom yang dapat membangun sendiri wilayahnya demi kesejahteraan rakyat yang lebih baik.

Olehnya, menjelang Hari Jadi ke-12 Kabupaten Toraja Utara yang akan diperingati besok, Selasa, 21 Juli 2020, pada Senin (20/7/2020) pagi kemarin. Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melaksanakan Ziarah sekalgus Upacara Penghormatan di enam lokasi Makam para Tokoh Pejuang Pemekaran/Pembentukan Kabupaten Toraja Utara.

Di lokasi Makam Alm. Kol. Pnb. M. B. Bangalino, Bupati Toraja Utara Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si langsung bertindak selaku Pembina Upacara dengan peserta terdiri dari beberapa Kepala OPD beserta pejabat administrator lingkup Pemkab Toraja Utara. Tampak juga hadir Kajari Tana Toraja, Jefri P. Makapedua bersama keluarga mengikuti jalannya Upacara Penghormatan ini.

Bupati Kalatiku Paembonan di kesempatan tersebut menyampaikan, pemerintah bersama masyarakat Toraja Utara berterima kasih dan memberikan penghormatan yang tinggi atas tekad pemakaran yang telah diinisiasi dan perjuangkan oleh almarhum bersama tokoh-tokoh pejuang pemekaran lainnya sehingga kini Toraja Utara dapat menjadi daerah otonom yang mandiri.

"hari ini kita datang menyatakan penghormatan dan penghargaan kepada Bapak Alm. M. B Bangalino yang menginisiasi kesejahteraan rakyat dengan mewujudkan pemekaran di Kabupaten Toraja Utara," ucap Kalatiku Paembonan.

Bupati melanjutkan, variabel utama dari tujuan pemekaran yakni mengatasi kendala pelayanan publik dan pembangunan agar menjadi lebih efektif, efisien, dan merata serta berkeadilan.

Dengan terbentuknya Kabupaten Toraja Utara hasil dari perjuangan para tokoh pemekaran, persoalan-persoalan tersebut oleh Pemerintah bersama masyarakat Toraja Utara telah dapat diuraikan dan diselesaikan, seperti batas-batas wilayah, sarana prasarana penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan infrastruktur,

"teryakinkan pembangunan yang telah ada tidak mungkin dapat tercapai apabila tidak terjadi pemekaran, batas batas dengan kabupaten tetangga telah diselesaikan dua titik. Kita juga telah mendapatkan empat ruas jalan provinsi semua itu terwujud sebab adanya pemekaran. Pemekaran sungguh berarti dan bermanfaat bagi kabupaten Toraja Utara," terang Bupati.

"mendekatkan pemekaran adalah esensi mendekatkan pelayanan, pemekaran ada artinya bagi rakyat. Tahap demi tahap telah dilalui. Ketika almarhum (M. B Bangalino) menelpon saya saat itu di Jakarta untuk bertemu Dirjen dan selayaknya Kabupaten Toraja harus di mekarkan menjadi 2 kabupaten (tana toraja- toraja utara) kata Dirjen kepada saya bersama almarhum," kenang Bupati.

Prosesi yang dilakukan di ziarah ini yaitu, Penghormatan kepada arwah para pejuang Pemekaran, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga di makam oleh Bupati dan penghormatan penutup. 

Ziarah dan Upacara Penghormatan yang sama juga dilaksanakan di lima lokasi Makam tokoh Pejuang Pemekaran Toraja Utara, masing - masing di makam Alm. P. S. Pangalo (Tondon), makam Alm. Samuel Palita (Tallunglipu), makam Alm. Jack Patandianan (Pangli), dan makam Alm. C. L. Palimbong (Tallunglipu) serta makam Alm. Luther Pongre'kun (Tallunglipu).

Pelaksanaan ziarah dan upacara penghormatan di makam para Tokoh Pejuang Pemekaran Kabupaten Toraja Utara pagi kemarin ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.  

Reporter : Basry; M. Arafah
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 73

Kemarin 494

Minggu ini 1776

Bulan ini 2524

Total 276183