Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menggelar peringatan hari jadi Kabupaten Toraja Utara Ke-12 Tahun 2020 dengan tema "Peningkatan Produktivitas dan Inovasi Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru" bertempat di Hotel Misliana, Selasa, 21 Juli 2020.

Perhelatan HUT Kabupaten Toraja Utara tahun ini digelar secara sederhana sebagai bentuk keprihatinan bersama atas situasi pandemi Covid-19 dan juga beberapa peristiwa bencana alam yang terjadi di wilayah Sulsel khususnya di sepanjang bulan Juli ini seperti longsor di poros Palopo dan banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara. Meskipun demikian prosesi peringatan HUT Toraja Utara  pagi kemarin tetap berlangsung dengan penuh hikmat dan sukacita.

Sebagaimana susunan acara Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten Toraja Utara Ke-12 Tahun 2020 diawali dengan prosesi ibadah syukur yang dipimpin Pendeta Kristian dari Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja. dilanjutkan dengan Laporan Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si. Kemudian Sambutan Gubernur Sulawesi Selatan,  Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr melalui fasilitas video conference, lalu pemotongan Tumpeng dan diakhiri dengan ramah tamah.

Dalam Laporan yang dibawakan selama 10 menit, Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si mempresentasikan kinerja dan progres pembangunan yang telah dicapai beserta beberapa prestasi penting yang diraih Kabupaten Toraja Utara khususnya dalam kurun waktu kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Yosia Rinto Kadang.

Untuk penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19, Bupati melaporkan, Toraja Utara hingga saat ini tetap berstatus zona hijau (bukan menjadi wilayah transmisi lokal Covid-19). Bupati menyebut faktor bertahannya kondisi positif tersebut hingga saat ini karena: " atas partisipasi dan kesadaran yang luar biasa dari seluruh rakyat Toraja Utara" dalam mematuhi anjuran protokol kesehatan dari pemerintah.

Di sektor tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, Kabupaten Toraja Utara di tahun ini kembali mendapatkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia sebagai penghargaan ke-lima kalinya yang diperoleh secara berturut-turut,

Kabupaten Toraja Utara juga masuk dalam tiga besar kabupaten terbaik hasil pemekaran di Indonesia dari Kemendagri, kemudian Kabupaten Toraja Utara meraih penghargaan tertinggi Pengelolaan Keuangan dari Menteri Keuangan RI, dan di sektor pendidikan Kabupaten Toraja Utara memperoleh peningkatan mutu pendidikan dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Selatan dari  ranking 18 naik ke ranking 5 se-Sulsel. 

Sementara capaian di sektor infrastruktur, Bupati melaporkan sepanjang kepemimpinannya bersama Wabup Yosia Rinto Kadang telah berhasil menyelesaikan pembangunan/preservasi jalan sepanjang 399 km dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Toraja Utara 2016 - 2021 sepanjang 372 km atau dengan persentase capaian 107,25%. 

Untuk menunjang perputaran ekonomi masyarakat, Pemkab Toraja Utara juga telah memfasilitasi sarana perekonomian berbasis kerakyatan dengan terbangunnya 14 unit pasar rakyat yang tersebar di beberapa kecamatan. 

Masih terkait infrastruktur penunjang konektivitas, atas inisiasi bersama antara Pemerintah Provinsi Sulsel bersama Pemkab Toraja Utara, 4 ruas jalan Kabupaten di Toraja Utara telah ditingkatkan statusnya menjadi Jalan Provinsi, termasuk juga di dalamnya pembangunan Rest Area dan fasilitas Jalur Pedestrian (Trotoar) di Kota Rantepao yang mana pembiayaannya bersumber dari APBD Provinsi Sulsel. Fokus pembangunan pada ketiga fasilitas publik tersebut ditujukan untuk mendukung pengembangan Kabupaten Toraja Utara sebagai destinasi wisata unggulan di Sulawesi Selatan dan nasional.     

Selain hal di atas, Bupati juga menyampaikan suksesnya pelaksanaan penertiban bangunan tanpa izin dan melanggar aturan yang berdiri bantaran sungai Sa'dan sepanjang 2 kilometer. Penertiban tersebut dilakukan untuk mengembalikan fungsi ekologis bantaran sungai sebagai pelindung ekosistem sungai Sa'dan sekaligus sebagai upaya penataan Kota Rantepao yang lebih teratur dan rapi.

APRESIASI DAN KADO DARI GUBERNUR NURDIN ABDULLAH UNTUK 12 TAHUN TORAJA UTARA

Meskipun tidak dapat secara langsung hadir di Toraja Utara namun Gubernur Nurdin Abdullah tetap antusias mengikuti jalannya prosesi Peringatan Hari Jadi Kabupaten Toraja Utara melalui video conference platform Zoom yang turut difasilitasi oleh Diskominfo,SP Toraja Utara. 

Dalam sambutannnya, dengan lugas Gubernur menyampaikan penyesalannya tidak dapat berada di Toraja Utara untuk menghadiri perhelatan Hari Jadi Kabupaten termuda di Sulsel ini. Gubernur menjelaskan, penghalang ketidakhadirannya sehubungan dengan informasi yang diterima dari Istana Negara akan kedatangan Presiden Joko Widodo di Makassar yang berkunjung untuk meninjau kondisi dan korban banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara.  

"sehingga saya sungguh sangat menyesal tidak bisa hadir, namun tentu tidak akan mengurangi hikmah dari perayaan ini," ungkap Gubernur Nurdin Abdullah 

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan apresiasinya atas pemilihan tema HUT Toraja Utara ke-12 yang menurutnya merupakan bentuk aktualisasi pemerintah bersama masyarakat Toraja Utara dalam upaya pemulihan ekonomi dan sosial melalui koridor kebiasan baru.

Demikian juga apresiasi dan penghargaan ia sampaikan terhadap kinerja pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik lainnya yang telah dicapai oleh pemerintah bersama masyarakat Toraja Utara sebagaimana yang dilaporkan oleh Bupati Toraja Utara.

"sesuai dengan kondisi saat ini, saya tentu mengapresiasi Tema Hari Jadi Kabupaten Toraja Utara tahun 2020 ini, yakni: Peningkatan Produktivitas dan Inovasi Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru," kata Gubernur.

"tadi saya mendengar progres-progres yang sudah dicapai oleh Bapak Bupati, ini tentu sesuatu yang membanggakan bagi kita semua. Bapak Bupati telah menorehkan berbagai program - program termasuk bagaimana sinergitas yang dibangun antara Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan," sambungnya

Moment spesial bagi masyarakat Toraja Utara serta undangan yang hadir saat Gubernur Nurdin Abdullah dengan gamblang menyampaikan Kado Ulang Tahun dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan  berupa Bantuan Keuangan Daerah yang akan ditujukan untuk menstimulus laju pembangunan sektor infrastruktur pelayanan publik di Kabupaten Toraja Utara.

"ijinkan saya melalui virtual ini menyerahkan kado ulang tahun Kabupaten Toraja Utara yang ke-12 ini dengan memberikan bantuan keuangan daerah sebesar 128 milyar rupiah. Alhamdulillah, mudah-mudahan apa yang menjadi keinginan masyarakat Toraja Utara mudah-mudahan bisa terwujud tahun ini," ujar Gubernur Nurdin Abdullah yang disambut riuh tepuk tangan undangan yang hadir..

Peringatan Hari jadi Kabupaten Toraja Utara Ke-12 Tahun 2020 ini di hadiri oleh Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, unsur Forkopimda, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara, Sekda Kabupaten Toraja Utara, Roni Rede Bare, FKUB Toraja Utara, Tokoh bersama keluarga Pejuang Pemekaran, para Kepala OPD, Tokoh adat, Pemuda dan Tokoh Wanita.

Reporter: Martinus Silolongan; Amos Rapang.

 

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 75

Kemarin 494

Minggu ini 1778

Bulan ini 2526

Total 276185