Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Sempat tertunda selama 3 bulan akibat pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara sejak bulai Juni lalu mulai melanjutkan tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara tahun 2020 dengan mengaktifkan kembali kelompok penyelenggara ad hoc pilkada dan melaksanakan tahapan Pemuktahiran Data Pemilih (PDP) melalui Pencocokan dan penelitian data pemilih (Coklit) yang saat ini masih berlangsung hingga 15 Agustus mendatang.     

Seiring dengan berjalannnya fase Coklit yang dilakukan oleh petugas PDP, KPU Toraja Utara juga mulai mengeksternalisasikan ke publik tahapan pilkada lanjutan salah satunya melalui kegiatan Sosialisasi Tahapan Lanjutan Pilkada  yang digelar pada Senin, (27/7/2020) lalu di Kantor KPU Toraja Utara, Batulelleng Rante Pasele, Rantepao.  

Sosialisasi ini menyasar para stakeholder Pilkada Toraja Utara diantaranya perwakilan komponen Forkopimda, Anggota DPRD, Parpol, OPD terkait, dan Bawaslu serta Tokoh Masyarakat, Adat, dan Agama.

Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom dalam sosialisasi ini memaparkan tahapan lanjutan Pilkada tahun 2020 yang bergulir di tengah masa adaptasi kebiasaan baru. Tahapan lanjutan terbagi dalam dua fase, yakni Tahap Persiapan dan Tahap Penyelenggaraan. 

Secara alur proses, kegiatan dalam Tahapan Persiapan meliputi : Masa kerja badan Ad hoc Pemilihan; Pembentukan PPDB, dan Pendaftaran Pemantauan Pemilihan serta Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih.

Di tahap penyelengaraan, alur kegiatan meliputi: Pemenuhan Persyaratan Dukungan Bakal Paslon Perseorangan; Pendaftaran Paslon; Penetapan Paslon; Sengketa TUN; Pelaksanaan Kampanye; Laporan dan Audit Dana Kampanye; Pemungutan Suara, Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara; dan terakhir Penetapan Paslon (Bupati dan Wakil Bupati) Terpilih.

Bergulirnya kembali tahapan lanjutan Pilkada serentak dimulai sejak pemberlakuan regulasi PKPU hasil revisi ketiga, nomor 5 tahun 2020  tentang Perubahan Ketiga Atas PKPU Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2020.

Seluruh teknis pelaksanaan tahapan lanjutan Pilkada serentak Tahun 2020 ini termasuk pada fase pemungutan suara pada bulan Desember 2020 mendatang oleh KPU juga akan diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.    

Tim Reporter: Julina; Upa'; M Arafah.
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 66

Kemarin 410

Minggu ini 1383

Bulan ini 4910

Total 278569