Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Tikala || Awal bulan Agustus ini, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Pendidikan bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 mengisyaratkan akan kembali memulai kegiatan pembelajaran tatap muka pada masa transisi kebiasaan baru ini yang sempat dihentikan kurang lebih 5 bulan akibat pandemi Covid-19.

Hal itu ditunjukkan dengan kunjungan Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara selaku Ketua Harian GTPP Toraja Utara, Drs. Rede Roni Bare, M.Pd bersama perwakilan Dewan Pendidikan dan Disdik Toraja Utara ke SMA Kristen Barana', Selasa kemarin (4/8/2020).

Kepada Tim Liputan Diskominfo, Sekda Rede Roni menyampaikan bahwa kunjungannya ke SMA yang masuk dalam kelompok sekolah boarding (asrama) tersebut untuk membahas sekaligus melihat langsung kesiapan pihak pengelola menfasilitasi penerapan standar protokol kesehatan dalam proses pembelajaran tatap muka nantinya.

"inti pembahasan kami, bagaimana anak - anak kita yang boarding school itu, bisa belajar dengan mengikuti protokol kesehatan. Kami harus yakin itu, maka kami datang kemari sehingga anak - anak peserta didik betul-betul aman," terangnya.

Monitoring kesiapan pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah ini tidak hanya menyasar ke peserta didik saja, pihak sekolah juga harus memiliki skema interaksi bagi para tenaga guru yang mengacu pada protokol kesehatan selama menjalankan proses mengajar di lingkungan sekolah.

"juga para guru, pegawai yang melayani mereka dalam berinteraksi tetap dalam kewaspadaan, menjaga disiplin protokol kesehatan sehingga semua bisa berjalan dengan baik," jelas Sekda.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran para siswa di Toraja Utara pada masa transisi adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini, dijalankan dengan menggunakan dua model, yakni, model pembelajaran dalam jaringan (daring/online) dan model luar jaringan (luring/offline).

Sekda menjelaskan penggunaan kedua metode ini diharapkan dapat tetap optimal mengakomodir terselenggaranya pembelajaran berkualitas dengan merujuk pada kemampuan dan kondisi para siswa umumnya.        

"kita berharap  kualitas pembelajaran tidak berkurang jika menggunakan sistem daring maupun luring. Jadi di Toraja Utara akan dikombinasikan sistem pembelajarannya: daring dan luring, langsung di sekolah masing-masing," ungkap Sekda.

Sesuai pengamatan langsung dan penjelasan dari pihak pengelola, Sekda menilai pengelola SMA Barana' sudah menunjukkan kesiapannya untuk memulai proses pembelajaran tatap muka berbasis standar protokol kesehatan. Hal itu dapat dilihat dengan telah tersedianya berbagai kelengkapan yang mengakomodir penerapan protokol kesehatan di lingkungan SMA Barana'.    

Rencananya, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara resmi akan memulai kembali proses pembelajaran tatap muka pada satuan pendidikan yang dilakukan secara bertahap pada tanggal 10 Agustus 2020 mendatang. Kebijakan tersebut ditempuh berdasarkan  hasil evaluasi perkembangan status Covid-19 Kabupaten Toraja Utara yang masuk dalam kategori zona hijau dan keputusan bersama di tingkat kabupaten. 

Secara kontekstual, Kabupaten Toraja Utara sudah cukup memenuhi kriteria untuk memulai proses pembelajaran tatap muka dengan mengacu pada ketentuan yang termuat dalam Keputusan Bersama Empat Menteri RI (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri, Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 

Dalam Keputusan Bersama empat Menteri tersebut dijelaskan bahwa satuan pendidikan yang berada di wilayah Zona Hijau dapat melakukan pembelajaran secara tatap muka di satuan pendidikannya (sekolah) setelah memperoleh izin dari otoritas setempat dan pemangku kebijakan sektor terkait, masing-masing: 1) Pemerintah daerah, 2) Dinas Pendidikan; dan 3). Kantor Kementerian Agama sesuai kewenangannya serta berdasarkan persetujuan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat. 

Tim Reporter: Martinus Silolongan; Amos Rapang.
 
 
LPDI - Komunikasi Publik 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 255

Kemarin 384

Minggu ini 255

Bulan ini 9398

Total 294695