Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Tondon || Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada seluruh rakyat Toraja Utara beserta semua pihak yang telah mendukung berjalannnya pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Toraja Utara.

Ungkapan terima kasih tersebut ia sampaikan dalam arahannnya selaku Inspektur Upacara (Irup) HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 di halaman Kompleks Perkantoran Dinas, Marante, Tondon, Senin (17/8/2020).

Bupati mengatakan, indikator keberhasilan pembangunan dapat ditunjukkan dengan terwujudnya partisipasi dan dukungan masyarakat terhadap seluruh program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Indikator tersebut menjadi penegasan bahwa dukungan masyarakat Toraja Utara dalam kurun waktu sejak terbentuknya Kabupaten termuda di Sulsel ini telah menjadi penentu tercapainya progress positif di beberapa sektor pembangunan.

"terima kasih kepada seluruh rakyat Toraja Utara yang telah menyatakan partisipasinya dalam kegiatan pembangunan, penertiban pembongkaran bangunan bantaran sungai yang tidak memiliki izin bangunan," ucap Bupati.

"pembangunan jalan provinsi di mana rakyat turut berinisiatif, dan apa yang dilakukan pemerintah semua berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat," lanjutnya.

Penanganan Covid-19 di Toraja Utara juga dapat menjadi contoh kongkrit peran nyata masyarakat melalui wujud kesadaran yang menerapkan protokol kesehatan untuk mendukung upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah daerah. Sejak pemerintah menetapkan pandemi Covid-19 sebagai bencana nasional non-alam lima bulan lalu, Pemkab Toraja Utara melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPP) bersama pemangku kebijakan di sektor lainnnya dinilai berhasil meminimalisir dan menghambat laju penyebaran virus SARS2-CoV-19 masuk ke Toraja Utara.   

"kita telah berhasil untuk menangkal penyakit besar virus Corona dan mendapat penilaian zona hijau dari pemerintah pusat, itu yang merupakan hasil kerjasama yang baik," imbuhnya.

Peran aktif institusi TNI - Polri bersama Satuan Polisi Pamong Praja dalam penanganan Covid-19 di Toraja Utara juga diapresiasi oleh Bupati Kalatiku Paembonan. Keberadaan TNI - Polri di lapangan  bersama GTPP memiliki andil penting dalam menggerakkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

"terima kasih kepada jajaran Polri, TNI dan Satpol PP yang telah menunjukkan keterpaduan bersama dalam mengatasi masalah keamanan, ketertiban terutama dalam menangkal masyarakat yang masuk di daerah kita untuk menangkal virus Corona. Kekompakan benar - benar terjadi di daerah ini sebagai sebuah persyaratan bagi adanya yang disebut merdeka itu." ungkap Bupati Kalatiku Paembonan. 

Lebih lanjut, Bupati Kalatiku Paembonan secara khusus menyampaikan penghargaan serta terima kasihnya kepada para pendidik di Toraja Utara. Bupati menilai, meskipun di tengah ancaman pandemi Covid-19 para pendidik tetap menunjukkan upaya dan dedikasinya melalui berbagai cara agar siswa tetap dapat menerima pelayanan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan kurikulum yang disesuaikan dengan ketentuan protokol kesehatan.

"apresiasi kepada guru yang telah membimbing anak sekolah di tengah masa pandemi. Kebijakan untuk melonggarkan kegiatan Pendidikan tetapi tetap dituntun protokol kesehatan, bulan ini SMP dan SMA, bulan depan untuk SD,"     

Upacara HUT RI Ke-75 tahun 2020 di Toraja Utara dilaksanakan menggunakan tata upacara Militer dengan Komandan Upacara, Danramil 05 Sanggalangi, Kapten Infantri Syarifuddin dan Perwira Upacara, Kapten Infanteri Safri Dasi yang juga menjabat sebagai Danramil 03 Rinding Allo. Sebagai pembaca doa syukur HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun ini dibawakan oleh Ketua FKUB Toraja Utara, Pdt. Musa Salusu, M.Th. 

Sementara, tiga siswa-i sebagai Pasukan Pengibar Bendera Sang Merah Putih masing-masing Vincensiany Sau Pairunan, Jonathan W. Bumbungan, dan Ferdinan Kevin Tangke. 

Bersama Bupati, Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang beserta jajaran Forkopimda Toraja Utara hadir mengikuti berlangsungnya upacara HUT RI Ke-75 ini. Tampak juga undangan yang hadir, para Anggota Veteran Pejuang Kemerdekaan RI, Forum Kerukunan Umat Beragama Toraja Utara (FKUB), para Anggota DPRD Toraja Utara, para Kepala OPD, unsur satuan TNI dan Polri, para Camat. Lurah dan Kepala Lembang.     

Upacara HUT RI tahun ini juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan tanda jasa kehormatan Satya Lencana Karya Satya 30 tahun dan 20 tahun serta 10 tahun oleh Bupati Toraja Utara kepada ASN Pemkab Toraja Utara yang telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas kepada pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Selain itu, juga dilakukan penyerahan SK PNS kepada CPNS formasi tahun 2018 dan tenaga PTT Kemenkes tahun 2019 yang akan bertugas di wilayah administrasi Kabupaten Toraja Utara.

Tim Reporter: Julina Rande; Sendri Sudi; M. Arafah.
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 366

Kemarin 447

Minggu ini 813

Bulan ini 9187

Total 348097