Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

sp2020 september rapidtest main

Rantepao || Usai melaksanakan tahapan Sensus Penduduk (SP2020) secara online dari bulan Februari hingga Mei 2020 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia kembali bersiap menggelar SP2020 tahap lanjutan di bulan September mendatang. Tahapan lanjutan ini menggunakan metode wawancara langsung door to door atau dari rumah ke rumah penduduk yang akan dilakukan oleh para Petugas Sensus di seluruh pelosok wilayah Indonesia.

Di Kabupeten Toraja Utara sendiri, BPS telah merekrut dan melatih 142 petugas sensus yang akan mengunjungi rumah - rumah keluarga di seluruh wilayah Toraja Utara. 142 Petugas Sensus terpilih tersebut direkrut dari warga lokal berdasarkan rekomendasi  para Kepala Lembang dan Lurah setempat. 

Sebelum di terjunkan ke lapangan, BPS juga mewajibkan 142 petugas sensus ini menjalani screening Rapid Test yang telah dilakukan pada Jumat (28/82020) kemarin di Kantor BPS Toraja Utara, Rantepao. Dalam pemeriksaan Rapid Test tersebut, BPS menggandeng tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara. 

Selain menfasilitasi screening Rapid Test , para petugas sensus ini oleh BPS Toraja Utara juga akan dibekali dengan sejumlah peralatan pendukung penerapan standar protokol kesehatan saat bertugas mendatangi rumah - rumah warga seperti Masker, Faceshield dan Hand Sanitizer.      

Petugas Sensus ini juga akan di dukung oleh sejumlah petugas koordinator pengawasan sensus yang terdiri dari 21 petugas Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka), 10 petugas Supervisi dan 2 petugas Task Force.   

Sesuai petunjuk penerapan protokol kesehatan, BPS Toraja Utara memastikan jika seluruh petugas sensus yang akan diterjunkan ke lapangan telah melalui proses screening dan pemeriksaan Covid-19 sesuai standar penerapan protokol kesehatan.    

Metode pencacahan door to door yang akan dilakukan oleh Petugas Sensus ditujukan untuk meng-cover/mencatat data penduduk yang belum berpartisipasi di tahap awal (online) SP2020 dan warga yang belum memiliki NIK. Petugas sensus juga tetap akan mengunjungi rumah warga yang telah berpartisipasi di tahapan online namun data yang terinput belum dalam status clean (tuntas) atau memerlukan konfirmasi lanjutan secara faktual oeh petugas.

Pencacahan dengan metode door to toor ini menjadi proses sensus yang sangat penting untuk memastikan tercatatnya semua warga penduduk yang terdapat di suatu wilayah sekaligus untuk mengatisipasi adanya data warga yang tercatat dua kali atau data ganda kependududukan baik secara de facto maupun de jure.  

Bupati Toraja Utara Terbitkan SE Dukung Suksesnya SP2020 Lanjutan.

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara sejak awal diluncurkannnya sensus penduduk 2020 ini telah memberikan komitmen dan dukungannya dalam bentuk kebijakan dan teknis. Dukungan tersebut sudah sewajarnya dilakukan mengingat kepentingan Pemkab Toraja Utara terhadap ketersediaan data kependudukan yang berkualitas saat ini merupakan salah satu kebutuhan prioritas khususnya dalam menunjang proses perencanaan pembangunan yang efektif dan tepat sasaran.

Agar tahap lanjutan SP2020 di bulan September nanti berjalan dengan baik, pertengahan Agustus lalu, Bupati Toraja Utara kembali menerbitkan Surat Edaran Nomor 780/VIII/2020 Tentang Dukungan Pelaksanaan SP September 2020 yang ditujukan kepada para kepala wilayah di tingkat Kecamatan hingga ke RT/RW/Dusun.

Ada tiga butir yang tertuang dalam SE Bupati Toraja Utara ini yang secara keseluruhan meminta agar seluruh kepala wilayah beserta jajarannnya dari Tingkat Kecamatan hingga RT/RW/Dusun memberikan dukungan penuh untuk memastikan pelaksanaan Sensus Penduduk berjalan lancar dengan target semua penduduk di wilayahnya masing-masing tercatat secara faktual dan aktual dalam di Sensus Penduduk 2020 ini.  

Teknisnya, para Kepala Wilayah ini secara berjenjang diminta melakukan monitoring, menfasilitasi sekaligus membantu petugas sensus di lapangan dalam melaksanakan proses verifikasi terhadap daftar dan data penduduk satuan lingkungan setempat (SLS) dalam wilayahnya.

Infografis: BPS Toraja Utara 
 
 
LPDI - Komunikasi Publik     

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 269

Kemarin 384

Minggu ini 269

Bulan ini 9412

Total 294709