Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Tondon || Jelang verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Provinsi di Tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Bappeda dan Tim Kabupaten Sehat Toraja Utara melaksanakan Rapat Koordinasi  yang berlangsung di Gedung Perkantoran Dinas, Marante, Rabu (9/9/202) lalu.

Agenda yang dibahas rakor tersebut difokuskan pada penetapan lokus (lokasi fokus) verifikasi faktual berikut cakupan tatanan penilaian Kabupaten Sehat.

Sekretaris Daerah, Rede Roni Bare yang memimpin rakor ini dalam arahannya mengingatkan hal terpenting dalam penilaian Kabupaten Sehat yaitu penerapan tatanan penilaian di lokus yang ditetapkan.

Penerapan tatanan yang perlu segera dilakukan yaitu pembenahan dan penataan fisik sesuai dengan komponen penilaian Kabupaten Sehat.  

”hal yang perlu dibenahi sebagai Kabupaten Sehat saat ini meliputi, adanya Sekertariat yang rencananya pada eks rumah manager di Marante, lapangan Bakti jangan dijadikan lokasi parkir, mencek  lampu penerangan dan memindahkan gerobak yang ada di lapangan bakti,” jelas Sekda Rede Roni.

Olehnya, Sekda meminta kepada semua stakeholder Kabupaten Sehat termasuk OPD dan Pemerintah di tingkat Kecamatan dapat menunjukkan komitmen sekaligus bekerja secara efektif, proaktif dan saling bersinergi untuk menyukseskan verifikasi Toraja Utara sebagai Kabupaten Sehat.

“kita harus bersiap dengan sebaik- baiknya pada lokus atau kawasan sehat dan bertanggungjawab sesuai dengan tugas kita masing-masing," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Toraja Utara, Rio Ritha Pakan mengatakan aspek administrasi dalam hal dokumen kebijakan/aturan Pemerintah Daerah terkait upaya mewujudkan Kabupaten Sehat turut menjadi komponen verifikasi yang harus dipersiapkan. 

"bagaimana partisipasi kita  membangun masyarakat demi untuk kesejahteraan,dan perlu ada SK untuk setiap daerah lokus," terang Rio Ritha Pakan.

Pada rakor ini berhasil menyepakati dan menetapkan 9 Lokus dan 7 Tatanan Penilaian Kabupaten Sehat di Toraja Utara. Sembilan lokus verifikasi dan penilaian terpilih mencakup:

1. Sekolah Sehat, SMPN I Kesu';

2. Kawasan Permukiman Sehat;

3. Pasar Sehat: Pasar Lolai;

4. Perhubungan: pada jalan lingkar dalam pariwisata dari Ke'pe ke Lolai;

5. Pariwisata: Objek Wisata Mentiro Tiku;

6  Ketahanan Pangan: lokasi Pertanian Lada katokkon dan perkebunan Kopi di Kecamatan Kapalapitu;

7. Perindustrian: Anyaman Tikar di Pasar Pindan;

8.  Bidang Kesehatan tentang Open Defecation Free (ODF) atau sistem pembuangan tinja yang memenuhi syarat kesehatan pada Lembang dan kelurahan; dan

9.  Kehidupan Sosial Sehat.

Turut hadir  Asisten Bidang Administrasi Umum Setda, Dra. Simbong Ranggina, M.H, Ka. Bagian Organisasi sekaligus Plt. Asisten Bidang  Perekonomian dan Pembangunan, Dra. Kornelia Untung Seru, Ka. Dinkes sekaligus Sekretaris Pembina Forum Kabupaten Sehat, Elisabeth Zakaria, M.Kes, Staf khusus Bupati Aloysius Lande, Sekretaris Bappeda,  Irmawati Patandung,  para Kepala  dan perwakilan OPD terkait, dan para Camat.

Tim Reporter: Upa'; Julina Rande 
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 251

Kemarin 384

Minggu ini 251

Bulan ini 9394

Total 294691