Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Siaran Pers

No. 02/SP/DISKOMINFO-SP/9/2020

Tanggal 17 September 2020

Tentang

Penghargaan BPS RI Kepada Pemerintah Dan Bupati Kabupaten Toraja Utara

Atas Prestasi serta Dukungan Dalam SP Online 2020

 

Dukungan dan Kontribusi Pemerintah Kabupaten Toraja Utara disepanjang pelaksanaan program Sensus Penduduk secara online 2020 (SP Online) yang berlangsung dari bulan Februari sampai dengan Mei 2020 lalu memperoleh apresiasi dan dua penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai lembaga penyelenggara Sensus penduduk 10 tahunan ini, masing - masing dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Dr. Suhariyanto dan Kepala BPS Provinsi Sulawesi Selatan, Yos Rusdiansyah. 

Penghargaan ini secara resmi yang diserahkan kepada Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si oleh Kepala BPS Kabupaten Toraja Utara, Joni Matasik, S.E, di Lobi Utama Kompleks Perkantoran Pemkab Toraja Utara pada hari Rabu, (16/9/2020) kemarin.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengungkapkan pemerintah Kabupaten Toraja Utara memiliki kepentingan yang besar terhadap ketersediaan data kependudukan yang akurat, real dan valid untuk memenuhi kebutuhan perencanaan pembangunan yang sistematis, terukur dan tepat sasaran di masa mendatang.

Kepentingan inilah kemudian yang menjadi dasar kebijakan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara untuk memberikan dukungan penuh kepada BPS agar pelaksanaan Sensus Penduduk baik secara online maupun offline di Toraja Utara berlangsung dengan sukses meskipun dalam pelaksanaannya harus menghadapi tantangan pandemi Covid-19. 

"walaupun di tengah pandemi Covid-19, karena melihat (keluaran) Sensus Penduduk adalah hal yang menjadi dasar pembangunan di Kabupaten Toraja Utara sehingga kami sangat serius dan bersemangat dalam melakukan Sensus Penduduk, baik secara online maupun perkunjungan ke rumah-rumah yang sementara berlangsung," ungkap Bupati.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPS Toraja Utara, persentase respon rate Kepala Keluarga di Kabupaten Toraja Utara mencapai 21,84% terhadap target SP Online atas total keluarga yang ditetapkan sebesar 13,14% dan hasil ini juga turut berkontribusi sebesar 4,44% terhadap total responden SP Online 2020 di provinsi Sulsel.

Atas suksesnya pelaksanaan SP Online 2020 Bupati Kalatiku Paembonan mengucapkan terima kasih dan penghargaannya kepada pihak BPS Kabupaten Toraja Utara sebagai lembaga pemerintah pelaksana Sensus Penduduk bersama seluruh masyarakat Toraja Utara yang telah bekerja dan berpartisipasi disepanjang pelaksanaan SP online 2020 dan SP offline yang saat ini sedang berlangsung.

Demikian juga Bupati menyampaikan apresiasinya atas peran Dinas Kominfo.SP sebagai perwakilan Pemkab Toraja Utara yang telah berperan langsung membangun jaringan kerjasama dan koordinasi dengan BPS Toraja Utara sekaligus mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.

Hadir bersama Bupati Toraja Utara dan Kepala BPS dalam penyerahan piagam Penghargaan ini, Kepala Dinas Kominfo.SP Toraja Utara, Yakub Pongsendana, Sekdis Kominfo.SP Anugrah Y. Rundupadang, dan Kepala Bidang Statistik, Rusmiaty serta jajaran BPS Toraja Utara.

Bidang Komunikasi Publik
Diskominfo.SP Kab. Toraja Utara

 

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 274

Kemarin 431

Minggu ini 1909

Bulan ini 10875

Total 323882