Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Toraja Utara beberapa waktu lalu memberangkatkan 12 Tenaga Kerja asal Toraja Utara ke Batam, Riau untuk menjalani kontrak kerja di PT. Rubycon Indonesia (Batam).
 
Pemberangkatan para Tenaga Kerja lokal itu ditandai dengan acara pelepasan secara resmi oleh Pjs. Bupati Toraja Utara Amson Padolo di Kantor Disnakertrans, Rantepao pada hari Selasa (6/10/2020) yang lalu.
 
Didamping Kepala Disnakertrans Toraja Utara Inrias Duma, Pjs Bupati megungkapkan rasa syukur dan apresiasinya atas terserapnya angkatan kerja asal Toraja Utara untuk bekerja di salah satu perusahaan bertaraf internasional tersebut.
 
Selain mengindikasikan kepercayaan dunia industri terhadap kualitas tenaga kerja asal Toraja, juga turut membuktikan bahwa tenaga kerja lokal kita diperhitungkan dan kompetitif di bursa kerja.
 
"ini merupakan suatu kebanggaan kita semua di mana masyarakat kita mampu bersaing dengan orang-orang di luar sana dalam mencari pekerjaan." jelasnya.
 
Sejak dimulainya revolusi industri hingga memasuki industri 4.0 saat ini, tuntutan pasar kerja masih tetap terfokus pada ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga untuk dapat bersaing di pasar kerja, mau tidak mau Tenaga Kerja Toraja harus memiliki keterampilan dan keahlian yang mumpuni sesuai kebutuhan dan tuntutan dunia kerja.
 
"kita masyarakat Toraja Utara harus menunjukkan kemampuan kita di dunia pekerjaan bahwa kita juga mampu bersaing," lanjut Pjs Bupati.
 
Kepada para tenaga kerja yang akan diberangkatkan, Pjs Bupati Amson Padolo berpesan agar selalu meningkatkan performa kerja mereka dengan tetap produktif dan menjaga etos kerja. Hal itu akan menjadi modal utama mereka untuk tetap dibutuhkan oleh perusahaan.
 
Para tenaga kerja ini secara tidak langsung juga berperan sebagai duta tenaga kerja Toraja Utara, sehingga untuk memastikan kesinambungan kepercayaan lingkungan kerja terhadap tenaga kerja asal Toraja Utara maka etika dalam bersikap dan berperilaku yang baik khususnya interaksi di lingkungan kerja juga harus selalu ditunjukkan.
 
"pesan saya agar dalam pekerjaan nantinya kita tetap menjaga etika sopan santun serta keimanan kepada Tuhan hingga menjadi sukses dan menjadi kebanggaan keluarga maupun kebanggaan Toraja Utara," imbuh Amson Padolo.
 
Sementara pihak Disnakertrans Toraja Utara menjelaskan bahwa ke 12 Tenaga Kerja yang akan diberangkatkan tersebut sebelumnya telah melalui proses recruitment dan seleksi ketat sesuai dengan kebutuhan perusahaan pengguna. Para tenaga kerja tersebut efektif akan menjalani masa kerja selama dua tahun sesuai kontrak kerja dengan perusahaan.
 
Lebih lanjut juga dijelaskan pihak Disnakertrans akan turut mengantar dan mendampingi 12 Tenaga Kerja tersebut hingga tiba di perusahaan tempat mereka bekerja, PT. Rubycon Indonesia (Batam).
 
Sebagai informasi, PT. Rubycon Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufacture khusus memproduksi kapasitor elektronik. Perusahaan yang berada dalam di kawasan industri Batamindo ini telah beroperasi sejak tahun 1994 dan menjadi produsen kapasitor terbesar ketiga di dunia.
.
Reporter: Martinus Silolongan
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 251

Kemarin 363

Minggu ini 614

Bulan ini 10692

Total 306961